Cara Masak Udang Agar Tidak Menimbulkan Alergi

0 27

Makanan laut adalah makanan yang menyehatkan dan sangat dianjurkan dan diantara makanan laut yang paling banyak penggemarnya adalah udang.  Hal ini karena udang bisa diolah menjaddi banyak pilihan masakan dan selain itu udang juga sangat kaya akan protein.  Meskipun banyak digemari,  namun tidak sedikit orang yang menghindari untuk mengkonsumsi udang.  Hal ini karena bagi sebagian orang, udang sering menjadi pemicu munculnya alergi. Biasanya mereka akan merasa gatal-gatal pada sekujur tubuh.  Untuk menghindari hal tersebut, maka Mom harus tahu cara masak udang yang benar agar tidak menimbulkan alergi.

Sebenarnya,  reaksi alergi yang muncul setelah memakan udang,  bukan disebabkan oleh udangnya melainkan disebabkan karena tidak bersih ketika membersihkannya dan cara mengolahnya yang kurang tepat. Nah, berikut ini adalah  tips sederhana cara masak udang agar tidak menimbulkan atau memicu alergi, yang dapat Mom coba dalam membersihkan dan mengolah udang dengan optimal agar tidak menimbulkan alergi, sebelum memasaknya menjadi menu yang lezat.

  • Agar udang yang dimasak tidak menyebabkan gatal – gatal maka sebaiknya pilihlah udang yang segar. Udang segar mempunyai aroma yang khas dan mempunyai warna yang tidak pucat. Mom juga memperhatikan bagian kepala udang sebaiknya hindarilah untuk memilih udang yang kepalanya telah hampir putus. Pilihlah juga udang yang tidak lembek ya.
  • Selanjutnya Mom harus membersihkan udang dan mengupas kulitnya. Jangan lupa untuk membersihkan kotoran udang yang berupa garis hitam memanjang di bangian lengkungan punggung udang. Mom bisa membelah punggung udang yang sudah dikuliti sepanjang badannya, kemudian keluarkan kotoran udang yang menyerupai tali berwarna hitam.  Ini adalah rahasia utama cara masak udang agar tidak menimbulkan alergi.  Bila Mom benar-benar membersihkannya dengan bersih maka masakan udang Mom aman untuk dikonsumsi.
  • Kemudian cuci kembali udang hingga bersih dibawah air mengalir. Jangan biarkan air mengalir terlalu deras aggar tidak mematahkan udang.
  • Selanjutnya rebus udang dan jangan lupa untuk menambahkan arang pada rebusan tersebut.arang ini memiliki fungsi untuk menyerap racun yang ada pada udang. Arang ini bisa menyerap kotoran yang mungkin masih tersisa dan juga dapat menghilangkan bau yang tidak sedap.
  • Setelah direbus beberapa saat, lakukan sebentar saja tidak usah hingga matang sepenuhnya apa lagi hingga kematangan,  karena akan kehilangan cita rasa dari udang itu sendiri.  Jika sudah cukup, angkat dan tiriskan.

Jika cara tersebut sudah dilakukan maka udang pun sudah siap untuk diolah sesuai selera,  tanpa menyebabkan alergi.Nah, itulah tips cara masak udang agar menu masakan udang yang Mom siapkan lezat dan aman untuk dikonsumsi siapa saja.  Semua tahapan diatas,  harus Mom lakukan dengan cepat, terutama saat merebus udah jangan dilakukan terlalu lama karena akan menghilangkan rasa manis dari udang itu sendiri.

Selamat mencoba ya.

 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply