Cara Masak Tahu Agar Tidak Terasa Asam

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
86

Tahu adalah makanan yang sudah sangat akrab bagi lidah orang Indonesia.  Hampir di semua daerah, ada masakan olahan tahu denga berbagai pilihan rasa.  Sayangnya, bila tidak mengetahui cara masak tahu yang tepat maka akan terasa asam di lidah. Hal ini bisa merusak cita rasa masakan.  Rahasianya sederhana saja yaitu ada pada cara membersihkan tahu yang benar.  Bila tahu sudah dibersihkan dengan benar, tidak terasa asam.

Di pasar ada beberapa jenis tahu. Ada tahu yang tidak berkulit seperti tahu bandung yang agak kecil dan tidak padat dan tahu cina yang besar dan lembut. Ada pula tahu yang berkulit seperti tahu cokelat dan tahu pong. Tahu pong yang dijual di pasar biasanya belum digoreng. Untuk menghilangkan rasa asam dari tahu apa pun, harus dicuci bersih dengan cara yang benar. Tahu bandung, tahu cina, atau tahu pong yang masih mentah bisa dicuci di bawah keran air yang mengalir. Air yang mengalir akan membantu tahu jadi lebih bersih. Namun, jangan sampai aliran air terlalu deras agar tahu tidak hancur. Sebab, tahu yang tidak berkulit ini teksturnya lembut. Saat airnya mengalir, gosok tahu perlahan-lahan agar benar-benar bersih.  Bila tahu sudah dicuci dengan bersih,  maka apa pun cara masak tahu yang Mom pilih,  rasanya pasti segar dan nikmat.

Bila tahu akan disimpan untuk waktu agak lama, rebus tahu sebentar di air mendidih agar proses fermentasi tahu berhenti, sehingga tahu tidak asam. Rasa asam terjadi karena bakteri di dalam tahu masih bekerja. Proses perebusan akan membuat bakteri-bakteri tersebut berhenti bekerja. Setelah direbus, tahu siap disimpan.

Tahu yang berkulit  lebih mudah menyimpan air. Apalagi biasa dijual di kemasan yang berisi air dan terendam penuh. Jadi, untuk menghilangkan rasa asamnya, peraslah tahu terlebih dahulu secara perlahan. Lalu, rebus tahu di air panas. Biarkanlah tahu beberapa saat, lalu tiriskan dan peras kembali agar tahu bersih dan tidak mengandung banyak air.

Cara masak tahu yang paling mudah pastinya dengan menggorengnya lalu disantap dengan cocolan sambal  kecap.  Tahu goreng yang enak tentu harus berkulit di luar tapi empuk di dalam. Kalau keriput, berarti ada yang salah dengan cara menggorengnya. Supaya tahu goreng tidak keriput, tahu harus dimasukkan ke dalam minyak yang sudah panas sekali. Begitu warnanya berubah kecokelatan, segera balik. Biarkan bagian sisi lainnya juga berwarna kecokelatan dan segera angkat.Tahu tidak boleh digoreng terlalu lama. Air di dalam tahu mudah menguap dan membuatnya jadi keriput setelah digoreng.Tahu juga sebenarnya sudah matang sehingga tidak ada alasan untuk menggorengnya terlalu lama.

Nah, bila sudah tahu cara masak tahu yang tepat, pasti olahan  tahu apa pun yang Mom sajikan, akan terasa enak dan tidak asam.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply