Cara Masak Sop Ayam Kuah Bening dengan Rasa yang Tetap Gurih

0 72

Sop ayam adalah hidangan yang sangat kaya akan sayuran. Tidak hanya itu,  sop ayam juga kaya akan rasa, warna, dan gizi. Sayur yang satu ini akan sangat pas jika dihidangkan sebagai menu makan siang atau makan malam. Selain rasanya yang gurih dan segar, cara masak sop ayam pun sangat sederhana. Dengan bumbu dan bahan yang sederhana serta mudah didapat. Oleh karena itu sop ayam menjadi hidangan yang mudah dan enak bagi Mom sekeluarga.

cara masak sop ayam

Hanya, bila cara masak sop ayam tidak benar sering ada aroma kurang sedap dan masih ada rasa amis. Biasanya  hal ini terjadi karena Mom langsung memasukkan daging ayam ke dalam rebusan air yang sudah diberi bumbu. Bila ini yang dilakukan,  inilah cara masak sop ayam yang hasilnya kurang enak.  Sebab, rasa amis dari daging ayam cukup kuat. Rahasia cara masak sop ayam agar tidak amis, Mom harus membuat  kaldu dari daging ayam dahulu, yang akan Mom gunakan secara terpisah. Setelah itu, dari kaldu tersebut barulah  dibuat menjadi sop ayam.

Cara masak sop ayam biasanya menggunakan bumbu bawang putih, jahe, dan daun bawang. Bumbbu-bumbu ini dijadikan rempah pendamping untuk kaldu ayam. Aroma kaldu pun menjadi lebih tajam. Kaldu digunakan dalam masakan untuk menambah dan memperkuat rasa. Supaya kaldu berwarna jernih, cara masak sop ayam ini rempah yang digunakan dibungkus dahulu kain tipis sebelum dicelupkan ke dalam air. Rebus bumbu dalam kondisi panci tertutup untuk menghindari uap yang berlebih. Sebab, akan membuat rasa dan aroma kaldu berkurang. Pada cara masak sop ayam  yang benar, proses mendidihkan kaldu ayamnya menggunakan api kecil selama satu hingga tiga jam untuk mengekstrak  sari dari tulang dan daging. Selama perebusan, sesekali dilakukan teknik skimming, yaitu menyerok lemak dan rempah yang mengambang di permukaan, supaya warna kaldu tidak keruh.

Meski kaldu alami terbukti lebih enak, bukan berarti kita pantang menggunakan kaldu instan. Kaldu instan punya rasa gurih yang khas. Asal, sesuaikan takaran pemakaian. Jangan berlebihan karena akan menyamarkan rasa asli masakan.

Agar cara masak sop ayam  menghasilkan sop ayam yang sedap, pastikan Mom membuat secara terpisah kaldu yang bening dan enak dari ayam yang akan Mom gunakan, dengan cara berikut:

  • Waktu yang dipergunakan untuk memasak kaldu antara 1-3 jam, di masak dengan sistem slow cooking, dengan api kecil. Jika api besar sari kaldu di tulang tidak akan bisa keluar karena tulangnya sudah matang duluan. Selain itu sumsum dan sisa darah akan terlepas dari tulang akibatnya, kuah jadi keruh dan amis,
  • Bila muncul busa pada rebusan kaldu, angkat busanya, lalu buang.
  • Jangan mencampur kaldu yang sudah jadi dengan air yang tidak mendidih. Risikonya, kaldu akan mudah basi dan rasanya akan berubah.
  • Cara praktis membuang lemak di kaldu adalah dengan menaruh kaldu yang sudah jadi ke dalam lemari pendingin karena nanti lapisan lemak akan membeku dan mengumpul di atas, Pisahkan dan buang, hanya ambil kaldu yang bening yang tersisa di bagian bawahnya.

Tips tambahan untuk cara masak sop ayam  yang enak,  buatlah kaldu ayam dalam jumlah yang cukup banyak lalu bekukan dalam lemari pendingin. Mom tinggal menggunakannya saat akan membuat sop ayam di lain waktu. Jadi, tidak perlu repot membuat kaldu setiap kali akan membuat sop ayam.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply