Cara Masak Sayur Asem Enak Ala Betawi, Sunda, dan Jawa

0 54

Sayur asem tergolong sebagai masakan rumahan yang punya banyak peminat. Rasanya yang asam segar paling tepat bila dipadukan dengan dipadukan dengan gorengan apa pun serta sambal.  Sungguh menu sederhana yang paling menggugah dan meningkatkan selera makan.  Berbagai cara masak sayur asem bisa Mom lakukan karena sayur asem punya banyak variasi dari berbagai daerah.  Kali ini Mom bisa mencoba membuat sayur asem ala Betawi, Sunda, dan Jawa dengan ciri khas masing-masing.

Sayur Asem Betawi

Di antara banyaknya jenis sayur asem, sayur asem Betawi adalah salah satu sajian yang banyak diminati. Cara masak sayur asem Betawi mempunyai ciri khas pada kandungan rasa asam yang bersumber dari asam Jawa muda dan asam kandis. Saat proses memasak, kedua jenis asam itu dimasukkan bersamaan. Setelah setengah matang,  asam Jawa muda diangkat lalu ditumbuk. Setelah ditumbuk, asam Jawa muda kembali dimasukkan ke dalam air kuah yang mendidih. Penumbukan tersebut bertujuan mengeluarkan rasa asam yang lebih kuat.

Di samping itu, cara masak sayur asem Betawi tak akan lengkap tanpa kehadiran oncom sebagai bumbunya. Oncom jangan dihancurkan, cukup dipotong lalu dimasukkan ke air bersama bumbu-bumbu lainnya. Ciri khas lain pada sayur asem Betawi adalah penggunaan jengkol bewe. Jengkol bewe adalah jengkol yang ditanam selama sepekan sebelum dimasak menjadi sayur asem.  Sayur asem betawi biasanya juga menggunakan sayur-sayuran keras seperti nangka muda, kacang tanah, jagung manis, dan jengkol bewe. Masukkan satu persatu sesuai mana yang lebih keras. Saat sayuran keras sudah akan matang, barulah dimasukkan sayuran empuk seperti terong, kacang panjang, paria dan daun melinjo.

Sayur Asem Sunda

Sayur asem ala Sunda biasanya menggunakan bumbu lengkap dan berbagai jenis sayuran lunak, tidak banyak menggunakan sayuran keras namun biasanya selalu menggunakan melinjo dan jagung manis.  Kekhasan cara masak sayur asem dari tanah pasundan ini adalah menggunakan kaldu dari daging sapi untuk memperkaya rasa.Oleh karena itu, sayur asem Sunda biasanya menambahkan juga daging tetelan pada isinya.  Tidak perlu banyak karena hanya sebagai penambah rasa saja.  Untuk rasa asam biasanya digunakan asam jawa tanpa biji yang sudah jadi serta sama jawa muda. Sayur asem Sunda juga biasanya menggunakan gula jawa secukupnya hanya untuk memancing rasa asam lebih kuat. Cicipi agar paduan rasanya tercampur dengan tepat.  Tahapan lain cara memasak sayur asem Sunda sama dengan cara membuat sayur asem Betawi.

Sayur Asem Jawa

Kekhasan dari cara masak sayur asem Jawa Tengah ini adalah pada  bumbu yang digunakan.  Bila pada sayur asem ala Betawi dan Sunda,  bumbu-bumbu dihaluskan,  maka pada sayur asem jawa hanya diiris-iris saja. Sayur asem khas Jawa Tengah ini bisa dikatakan lebih mudah, cepat, dan praktis dalam pembuatannya. Karena bumbu tidak dihaluskan maka bumbu tidak bisa ditumis,  maka air secukupnya harus direbus terlebih dahulu hingga mendidih. Setelah itu, baru masukkan bumbu iris ke dalamnya dan biarkan hingga aroma dari bumbu menguap.

Penggunaan sayur-sayuran keras maupun lunak mada sayur asem Jawa Tengah ini miri-mirip dengan sayur asem Betawi atau Sunda.  Hanya saja yang harus ada pada sayur asem Jawa Tengah adalah labu siam dan melinjo. Kalau sayur asem Jakarta, daun melinjonya saja yang digunakan. Sementara itu, buah melinjo wajib digunakan dalam sayur asem Jawa Tengah. Buah melinjo ini dikupas terlebih dahulu, kemudian dimasukkan dalam kuah rebusan tepat setelah labu siam karena teksturnya yang keras seperti kacang.

 

Cara masak sayur asem  mana yang menarik untuk Mom? Semua pasti akan menggugah selera makan Mom dan keluarga.  Jangan lupa tambahkan ikan asin jambal goreng, ayam goreng kremes atau daging empal, serta sambal tomat pedas, sebagai pelengkap makan siang Mom.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply