Cara Masak Mie Instan Agar Tetap Aman dan Sehat

0 11

Mom hobi makan mie instan? Cara masak mie instan memengaruhi keamanan dan kesehatan. Jangan sampai hobi makan mie instan membuat kesehatan Mom menurun. Karenanya, Mom harus memerhatikan cara memasaknya.

Ada beberapa cara masak mie instan yang dapat Mom lakukan agar mie instan menjadi santapan yang lezat sekaligus bergizi. Selain itu, mie instan juga menjadi lebih aman dikonsumsi.

 

Inilah cara masak mie instan agar tetap aman dan sehat:

Pastikan Mie Tidak Kedaluwarsa

Sebelum memasak mie, perhatikan kemasannya. Periksa tanggal kedaluwarsa mie instan. Pilih mie dengan tanggal kedaluwarsa yang masih lama. Biasanya mie instan memiliki masa kedaluwarsa enam bulan. Mie instan yang sudah hampir kedaluwarsa, bumbunya menggumpal dan sangat mungkin berbahaya bagi kesehatan.

Pastikan Mie Matang Sempurna

Mie instan yang dikonsumsi dalam keadaan mentah dengan hanya meremas dan mencampurkan bumbunya, dapat memicu berbagai penyakit. Salah satunya adalah gangguan pencernaan. Untuk menghindarinya, pastikan mie sudah matang sempurna, sesuai petunjuk penyajian yang ada pada kemasan. Sesuaikan jumlah air untuk merebusnya, juga lamanya waktu saat merebus. Dengan demikian mie sudah matang sempurna dan pas. Tidak mentah, tidak juga terlalu matang.

Buang Air Rebusan Pertama

Cara masak mie instan yang benar adalah membuang air rebusan pertamanya. Mie instan mengandung lapisan lilin. Ketika mie instan direbus, lapisan lilin larut dalam air rebusan tersebut. Itu sebabnya air rebusan pertama mie instan berwarna kekuningan seperti warna mie. Membuang air rebusan pertama akan mengurangi lapisan lilin yang masuk ke dalam tubuh.

Mengurangi Bumbu

Komposisi pada bumbu mie instan adalah garam dan MSG. Kandungan kedua jenis zat inilah yang dianggap dapat mengganggu kesehatan. Sebab, garam dan MSG memiliki ambang batas aman tertentu yang dapat ditolerir oleh tubuh. Mengurangi bumbu mie instan adalah pilihan bijak. Mom bisa juga hanya menggunakan separuh bumbunya. Cara lain, Mom dapat membuat bumbu sendiri dengan menggunakan bumbu-bumbu segar dari dapur Mom. Dengan membuat bumbu sendiri, mie instan akan lebih lezat sekaligus sehat.

Tidak Mencampur Bumbu Pada Mie yang Sedang Dimasak

Cara masak mie instan yang sehat selanjutnya adalah tidak mencampur bumbu pada mie yang sedang dimasak. Mengapa? Perlu Mom ketahui bahwa bumbu mie instan memiliki kandungan zat yang berbahaya bagi tubuh. Zat ini akan semakin membahayakan apabila dicampur dengan air bersuhu tinggi. Karenanya, tidak mencampur bumbu pada mie yang sedang dimasak adalah pilihan bijak yang dapat menghindari Mom dari penyakit. Pada kemasan mie instan juga sudah ada cara pembuatannya.

Cara Masak Mie yang Juga Penting: Tambahkan Bahan Makanan Bergizi

Mie instan memang lezat apalagi disantap saat udara dingin. Namun, kandungan mie instan belum lengkap seperti yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan makanan ini baru berupa karbohidrat. Mom bisa menambahkan bahan-bahan makanan bergizi agar makanan ini mengandung vitamin, mineral, dan gizi lain. Tambahkan sayuran seperti sawi, tomat, wortel, atau sumber protein seperti telur dan daging.

 

Cara masak mie instan sebenarnya mudah, tapi Mom harus mengetahui triknya agar kesehatan Mom tetap terjaga. Pada dasarnya, menyantap mie instan boleh saja, asalkan tidak terlalu sering dan tidak mencampurnya dengan karbohidrat lain karena dapat memicu kadar gula darah menjadi semakin tinggi.

 

 

 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply