Cara Masak Jengkol Balado

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
5

Siapa yang tidak kenal jengkol?  Jengkol adalah salah satu menu khas Indonesia karena teksturnya yang mirip dengan kentang dan bisa diolah dengan berbagai cara,  namun yang paling favorit aalah semur jengkol atau diolah dengan cara masak jengkol balado. Apakah Mom termasuk penggemar menu olahan yang satu ini?

Teksturnya yang empuk mirip dengan kentang serta ditambah sensasi rasa manis dan pahit yang melebur menjadi satu, tak heran bila banyak orang yang menggilai hasil olahan dari jengkol. Namun, rasa lezat dari jengkol justru akan menghilang dan membuatnya didominasi oleh rasa pahit yang tajam bila tidak diolah dengan cara yang tepat.

Selain diolah menjadi berbagai menu olahan yang banyak penggemarnya,  salah satunya diolah dengan cara masak jengkol balado sebenarnya jengkol mempunyai manfaat yang cukup bagus lho Mom untuk kesehatan yang tidak banyak iketahui orang.  Ini dia sederetan manfaat untuk kesehatan tubuh :

  1. Pembentukan jaringan tubuh. Jengkol mengandung protein yang tinggi, sehingga dapat membantu membentuk jaringan dalam tubuh.Bahkan, kandungan proteinnya dinilai lebih banyak jika dibandingkan dengan kacang hijau dan kedelai.
  2. Mencegah anemia. Selain protein, jengkol kaya akan zat besi yang efektif mencegah kekurangan sel darah merah dalam tubuh.Akibatnya, pasokan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh semua sel dalam tubuh juga akan menurun sehingga jika tak terpenuhi dapat menyebabkan penyakit anemia.
  3. Mencegah osteoporosis. Selain zat besi dan protein, jengkol juga mengandung kalsium dan fosfor yang dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis).Dengan begitu, mengonsumsi jengkol dengan porsi yang cukup akan membuat tulang menjadi lebih kuat.
  4. Membantu menangkal radikal bebas. Jengkol mengandung vitamin A dan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Wah,  bagus juga ya Mom ternyata manfaat jengkol bagi kesehatan.

Meskipun memiliki manfaat yang baik bagi tubuhdan mempunyairasa yang lezat, apalagi bila diolah dengan cara masak jengkol balado, sebagian orang justru menjauhi makanan yang satu ini. Alasannya adalah karena jengkol memiliki bau yang sangat pekat dan cukup mengganggu.Terlebih jika jengkol diolah dengan cara yang salah.  Selain akan memiliki bau yang pekat juga akan menyebabkan jengkol tak empuk.Tapi Mom tidak perlu khawatir karena berikut ini tips mengolah jengkol agar empuk, tak terlalu berbau, dan bumbu meresap sempurna.

  1. Pilih jengkol yang tua. Syarat pertama untuk memasak jengkol yang enak adalah pilih jengkol yang tua.Kalau tua, jengkol pasti legit dan mudah empuk saat dimasak.
  2. Rebus jengkol agak lama. Setelah dicuci bersih, jengkol harus direbus selama kurang lebih setengah jam.Perebusan membuat jengkol empuk dan mengurangi aroma jengkol.Apabila setelah direndam jengkol masih mengeluarkan bau tidak sedap, Mom bisa melanjutkan proses penghilangan bau dengan cara merebus jengkol. Rebuslah jengkol bersama dengan daun jeruk purut atau daun jambu biji hingga empuk. Cara ini dijamin dapat menghilangkan bau jengkol yang sangat pekat, juga mengurangi kandungan racun dalam jengkol. Ingat, tidak perlu lama-lama dalam merebusnya, cukup sebentar saja, karena jika terlalu lama dapat menyebabkan jengkol jadi mudah hancur.
  3. Geprek jengkol. Setelah direbus, kupas kulit jengkol dan geprek satu persatu. Nah, jengkol yang tua akan semakin legit setelah digeprek dan siap untuk diolah dengan cara masak jengkol balado yang menggugah selera.
  4. Gunakan bumbu dan rempah cukup banyak. Setelah digeprek, jengkol bisa diolah menjadi masakan yang diinginkan.Dengan memperbanyak bumbu dan rempah, maka masakan jengkol yang dihasilkan akan semakin lezat .

Nah setelah tahu cara tepat mengolah jengkol agar empuk dan tiddak berbau,  yuk Mom silakan dicoba resep cara masak jengkol balado berikut ini :

Bahan-bahan yang disiapkan :

  • 1 kg jengkol tua
  • 10 buah cabe merah besar
  • 5 buah rawit merah
  • 1 buah tomat
  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 2 lembar salam
  • Garam
  • Gula jawa
  • Kaldu bubuk
  • 6 lembar daun jambu klutuk
  • 2 sdm kopi hitam
  • Air
  • Minyak

Langkah-langkah cara masak jengkol balado:

  1. Rendam jengkol dalam larutan kopi hitam semalam. Tiriskan, cuci bersih. Rebus jengkol ditambah daun jambu hingga empuk. Tiriskan. Bersihkan lalu belah jengkol.
  2. Haluskan cabe, bawang putih, tomat.
  3. Iris bawang merah, cuci salam.
  4. Tumis bawang merah hingga harum, tambahkan salam dan gula. Tumis hingga layu. Tuang sambal. Aduk-aduk. Bubuhi garam dan bubuk kaldu.
  5. Masukan jengkol, tambahkan air hingga terendam 3/4 bagian. Tunggu sampai surut sembari sesekali diaduk. Cicipi hingga dapat rasa manis pedas yang pas. Angkat. Sajikan.

 

Meskipun sudah tahu cara masak jengkol balado, bukan berarti Mom boleh mengonsumsi masakan ini setiap hari, ya. Secukupnya saja, Mom.

 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply