Cara Masak Jantung Pisang untuk Mendapatkan Manfaat Kesehatannya

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
5

Siapa yang tidak kenal buah pisang? Pisang adalah buah yang mempunyai manfaat baik bagi tubuh.  Pisang bisa menjadi pengganti karbohidrat dalam menu diet dan karena kandungan vitaminnya maka pisang menjadi salah satu buah yang pertama-tama dikenalkan pada anak setelah anak mulai bisa mendapatkan makanan padat.  Ya,  buah pisang memang sangat populer.  Tapi tahukah Mom bahwa pada setandan pisang terdapat bagian yang juga kaya vitamin dan mineral serta sangat baik bagi tubuh kita yaitu jantung pisang.  Bila diolah dengan cara masak jantung pisang yang tepat maka jantung pisang bisa menjadi beberapa menu olahan yang cukup enak.

Bagian dari pohon pisang ini sayang untuk dibuang begitu saja karena kandungan nutrisi yang kaya, termasuk untuk kesehatan perempuan. Kaya akan vitamin E dan flavanoid, jantung pisang yang berwarna keunguan menyimpan nilai kesehatan yang baik untuk mengatasi berbagai masalah yang kerap dialami perempuan jadi pas banget ya buat Mom, ternyata cara masak jantung pisang ini pas untuk berbagai keluhan wanita yang barangkali juga pernah Mom alami.  Apa saja sih keluhan wanita yang bisa diatas dengan jantung pisang ?

  1. Mengurangi efek samping berlebihan saat haid. Menstruasi yang berat adalah pengalaman tidak nyaman yang bisa dialami perempuan. Jantung pisang bisa dijadikan pengobatan alami jika dimakan dengan cara direbus dan dicampur yogurt. Resep tersebut akan membantu menstimulasi hormon progesteron di dalam tubuh dan mengurangi pendarahan.
  2. Meningkatkan produksi air susu. Sedikitnya air susu yang keluar di tengah-tengah periode menyusui bisa sangat disesalkan ibu. Dari sekian banyak makanan alami yang disarankan, jantung pisang adalah salah satu di antaranya yang terbaik untuk meningkatkan produksi ASI. Makanya cara masak jantung pisang dengan berbagai cara mengolahnya baik sekali Mom dikonsumsi bila Mom sedang hamil.
  3. Obat antidepresan alami. Perempuan dalam beberapa periode kehidupan mereka pasti pernah merasa depresi. Sementara obat-obatan farmakologi banyak tersedia, jantung pisang hadir sebagai makanan alami untuk membantu melawan depresi dan membuat suasana hati lebih positif.
  4. Memperlancar sistem pencernaan. Jantung pisang kaya akan serat. Tubuh sangat membutuhkan serat yang cukup untuk menjaga kesehatan pencernaan. Mengonsumsi jantung pisang bisa membantu memperlancar sistem pencernaan.
  5. Mengatasi anemia. Jantung pisang dikenal bisa meningkatkan hemoglobin dalam tubuh karena kaya akan zat besi.  Zat besi adalah komponen dari hemoglobin yang merupakan kandungan dari sel-sel darah merah. Hemoglobin digunakan untuk mengalirkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Zat besi merupakan bagian tak terpisahkan dari fungsi-fungsi tubuh kita karena kondisi tubuh bisa memburuk kalau kekurangan zat besi dan hal ini bisa menyebabkan anemia.Dengan mengonsumsi jantung pisang, diharapkan kadar hemoglobin dalam tubuh kembali stabil dan anemia bisa diatasi.  Jadi cara masak jantung pisang dengan berbagai cara pengolahannya baik lho Mom dikonsumsi keluarga agar mencegah dari kemungkinan anemia.
  6. Mencegah masuknya radikal bebas di dalam tubuh. Jantung pisang mengandung metanol yang berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh.Sehingga bisa mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Radikal bebas ini menyerang sel-sel sehat dan bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker, penyakit liver, dan penuaan dini.

 

Setelah mengetahui manfaatnya yang banyak untuk kesehatan,  yuk sekarang kita cari tahu Mom cara masak jantung pisang ceker yang pasti akan langsung menjadi menu kesukaan Mom dan keluarga.  Menu olahan yang praktis,  mudah, murah, serta baik bagi kesehatan.

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk cara masak jantung pisang:

  • 1 buah jantung pisang
  • 5 buah ceker ayam
  • 5 buah cabe merah kriting
  • 5 buah cabe rawit merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 butir kemiri
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt penyedap rasa
  • 1 sdt gula pasir
  • 3 sdm minyak goreng
  • 2 gelas belimbing air putih
  • 1 gelas santan pati(kental)

 

Langkah-langkah cara masak jantung pisang:

  1. Kupas jantung pisang hingga beberapa lembar (sampai terlihat yang putih) kemudian iris kecil-kecil. Masukan ke wadah yang berisi air, untuk mengurangi getah pada jantung.
  2. Rebus jantung pisang ke dalam air mendidih aduk rata. Dan tes tekstur kalau sudah layu bisa di angkat ditiriskan. Lalu bisa di peras. Dilanjut siapkan air bersih dan rebus ceker ayam.
  3. Haluskan bumbu, dan tumis bumbu hingga harum. Masukan jantung pisang dan ceker yang sudah direbus, masukan daun salam, santan, air, garam, gula, penyedap rasa. Tunggu hingga mendidih, tes rasa, kemudian sajikan.

 

Itulah cara masak jantung pisang yang dapat Mom ikuti. Masakan ini pun bisa menjadi variasi hidangan sehari-hari.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply