Cara Masak Jamur Tepung yang Lezat dan Sehat

0 40

Mom suka ngemil?  Makanan kecil yang digoreng dengan minyak jelantah?  Makanan kecil kemasan yang berpengawet dan mengandung banyak bahan penyedap? Lupakan dulu ya, Mom.  Jika Mom membuat camilan sendiri, pasti lebih enak dan sehat. Salah satu camilan yang enak dan gurih, sekaligus bisa dijadikan lauk, adalah jamur goreng tepung.  Membuatnya pun sebenarnya mudah asalkan tahu cara masak jamur  tepung yang gurih dan renyah.

Lauk dan camilan yang satu ini termasuk salah satu yang cukup populer karena rasanya.  Tetapi saat membuatnya sendiri di rumah tidak sedikit yang mengalami kegagalan. Tampilan jamur crispy tidak keriting sempurna, meskipun kerenyahannya sudah memuaskan. Bahkan penggunaan tepung goreng crispy instan pun tidak menjamin bisa menghasilkan gorengan jamur yang sesuai harapan. Sebenarnya rahasia cara masak jamur tepung goreng yang renyah dan keriting adalah  pada penggunaan baking soda, air es, tepung pencelup, dan tepung pelapis. Selain itu,  pada saat akan menggoreng tepuk-tepuk jamur yang sudah berbalut tepung agar tepung tidak menggumpal sehingga menjadi kering dan keriting saat digoreng.

Berikut ini adalah tips yang bisa Mom lakukan agar bisa menghasilkan jamur goreng tepung yang kering, keriting dan renyah,  baik sebagai camilan maupun lauk makan yang gurih dan nikmat,  apalagi dengan tambahan sambal sebagai cocolannya.

  1. Pilih jamur yang segar dan berukuran besar

Untuk membuat jamur krispi yang enak, maka Mom membutuhkan jamur tiram yang masih segar. Cirinya adalah bentuk jamur utuh dan tidak lembap/berlendir. Usahakan juga memilih jamur dengan ukuran yang besar agar nantinya jamur tidak hancur saat digoreng.

  1. Perhatikan cara mencuci jamur

Ternyata, cara mencuci jamur juga merupakan bagian yang penting dari cara masak jamur  goreng yang krispi. Bila cara mencucinya tidak tepat akan sangat berpengaruh pada teksturnya saat digoreng. Jika jamur tampak bersih, cukup dilap saja dengan lap basah yang bersih agar jamur tidak hancur dan berair. Tapi jika jamur kotor dan berbau, Mom bisa merendamnya di air garam selama kurang lebih sepuluh menit. Sebelum diolah, tiriskan dulu airnya dengan cara mengibas-ngibas jamur dengan kuat atau mengeringkannya dengan lap bersih.  Mom bisa menggoreng jamur dengan ukuran aslinya atau memotongnya tipis-tipis seperti suwiran.

  1. Perhatikan pemilihan tepung

Agar mendapatkan jamur yang krispi setelah digoreng, maka pemilihan tepung harus diperhatikan. Gunakan tepung terigu yang masih baru, lalu tambahkan dua sendok makan tepung beras atau tepung maizena dengan perbandingan 3:1,  jadi untuk setiap 100 gram tepung terigu tambahkan 30 gram tepung beras atau tepung maiena. Penambahan tepung tersebut bertujuan untuk membantu agar tekstur jamur lebih renyah ketika digoreng.

  1. Lapisi jamur beberapa kali

Nah ini salah satu langkah rahasia dalam cara masak jamur  tgoreng tepung yang krispi.  Sebelum dibalur tepung, celupkan jamur terlebih dahulu pada campuran adonan yang terbuat dari tepung terigu, bawang putih halus, garam, lada bubuk, dan air es. Setelah itu, barulah mulai menggulingkannya ke dalam adonan tepung yang kering. Pastikan seluruh permukaan jamur tertutup sempurna oleh tepung.

  1. Goreng jamur dalam minyak panas

Setelah semua adonan jamur jadi, segera goreng dalam minyak panas yang penuh atau deep frying. Selama menggoreng, hindari mengaduk-aduk jamur, karena akan membuat minyak terserap ke dalam jamur sehingga jamur jadi basah dan tidak renyah. Goreng jamur sebentar saja sampai berwarna kuning kecokelatan di kedua sisinya, lalu angkat dan tiriskan minyaknya.

Sekarang, jamur krispi Mom sudah jadi dan siap untuk dinikmati bersama keluarga. Hidangkan dan santap dalam keadaan hangat karena semakin dingin maka tepung pelapis akan kehilangan kerenyahannya.  Bila Mom ingin menyimpannya pastikan menyimpannya dalam wadah kedap udara yang sudah dilapisi dengan tisu atau kertas roti untuk menyerap minyaknya. Bagaimana, cara masak jamur  goreng tepung yang krispi ini mudah bukan?  Selamat mencoba dan menikmatinya.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply