Cara Masak Jamur Kuping Tumis Pedas

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
5

Jamur adalah salah satu sayuran yang cukup banyak jenisnya. Salah satunya adalah jamur kuping. Jamur kuping ini paling banyak digunakan pada cara masak jamur kuping sebagai campuran pada tekwan atau sop.  Bentuknya memang sedikit mirip dengan kuping namun agak lebar dan bertumpuk-tumpuk serta berwarna cokelat agak tua. Selain untuk tambahan tekwan atau sop maka jamur kuping juga sering kali dijadikan tumisan. Memang dibandingkan dengan jenis-jenis jamur lainnya maka jamur kuping termasuk yang bisa diolah menjadi  berbagai variasi menu olahan.

Selain enak dan mudah diolah, jamur ini memiliki nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah macam-macam manfaat jamur kuping bagi kesehatan:

  1. Mencegah penyakit Alzheimer. Mengonsumsi jamur kuping, jamur shitake, jamur kancing, dan jamur enoki telah dikaitkan dengan perlindungan terhadap demensia, termasuk penyakit Alzheimer. Nutrisi dari jamur mampu menghambat enzim beta site yang bertanggung jawab untuk melepaskan beta-amyloid peptida, senyawa yang dapat berdampak buruk bagi otak.
  2. Berpotensi merawat sel-sel tubuh. Jamur kuping memiliki sedikit kalori dan lemak, tapi tinggi protein. Kandungan protein pada cara masak jamur kuping juga bisa membantu tubuh untuk membangun sel-sel tubuh yang telah rusak.
  3. Menjaga berat badan. Jamur termasuk dalam deretan makanan yang tinggi serat. Satu cangkir jamur kuping bisa memenuhi setengah kebutuhan serat orang dewasa per harinya.Serat pada makanan sangat baik untuk kesehatan pencernaan, yaitu dengan membantu gerakan usus sehingga bisa menghindari Anda dari sembelit. Selain itu, makanan yang tinggi serat bisa membuat Anda kenyang lebih lama sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani diet.
  4. Mencegah anemia. Jamur kuping mengandung zat besi yang sangat penting untuk memproduksi sel darah merah. Selain itu, zat besi juga menghasilkan protein seperti hemoglobin dan mioglobin yang berperan untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan. Kekurangan zat besi pada tubuh bisa menyebabkan penyakit anemia. Gejalanya meliputi tubuh cepat lelah, lemah, dan pusing.Wanita yang memiliki anemia kemungkinan besar akan mengalami kesulitan saat hamil karena sel darah dalam tubuh dibutuhkan lebih banyak untuk pembentukan janin. Itulah sebabnya zat besi termasuk dalam nutrisi yang harus dipenuhi untuk persiapan hamil. Zat besi juga diketahui bisa mengurangi risiko terjadinya PMS pada wanita yang mengalami menstruasi. Nah,  karenanya cara masak jamur kuping sangat bermanfaat bagi Mom dan keluarga.

Ternyata memang sangat banyak ya Mom,  manfaat dari jamur kuping ini.  Maka tidak heran bila cara masak jamur kuping mulai Mom pertmbangkan untuk menjai menu pilihan olahan untuk keluarga Mom.  Praktis dan muah mengolahnya,  harganya terjangkau dan muah didapatkan dimana pun serta yang terpenting adalah sangat baik bagi kesehatan.  Yuk Mom kita coba resep jamur kuping berikut ini :

Bahan-bahan untuk cara masak jamur kuping tumis pedas:

  • 100 gram Jamur kuping hitam kering, direndam semalaman.

Bumbu halus cara masak jamur kuping tumis pedas:

  • 7 siung Bawang merah
  • 5 siung Bawang putih
  • 1/2 sdt Ketumbar
  • 10 buah Cabe rawit hijau/merah

Bumbu pelengkap cara masak jamur kuping tumis pedas:

  • 20 buah Cabe rawit hijau/merah
  • Daun bawang
  • 2 sdt Kecap manis
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Langkah-langkah cara masak jamur kuping tumis pedas: 

  1. Cuci bersih jamur lalu rajang kasar
  2. Haluskan bumbu halus. Rajang kasar daun bawang.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukan cabe rawit bulat.
  4. Masukan jamur lalu tambahkan 2 gelas air. Aduk dan masak hingga air agak kering. Tambahkan kecap manis, daun bawang, garam, gula secukupnya, aduk lalu cicipi
  5. Angkat dan sajikan

 

Selamat mencoba cara masak jamur kuping tumis pedas ini ya, Mom.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply