Cara Masak Jamur Enoki Goreng Tepung

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
16

Mom pasti tahu jamur enoki, kan?  Jamur dengan bentuk kecil memanjang ddan sering ddijumpai di restorang-restorang Jepang dan Cina dan biasanya di goreng tepung yang krispy. Selai dimakan dengan nasi hangat juga enak dijadikan camilan sore hari.  Hanya saja cara masak jamur enoki goreng tepungnya harus benar agar hasilnya benar-benar renyah dan gurih.  Tapi sebelumnya,  yuk kita kenalan dengan jamur yang ternyata punya khasiat luar biasa ini.

Jamur enoki atau enokitake merupakan jenis jamur edible atau dapat dikonsumsi. Jamur ini berbentuk menyerupai lidi yang bertopi atau seperti tauge berwarna putih kekuningan.Dalam beberapa dekade terakhir, diketahui bahwa jamur enoki mengandung berbagai nutrisi dan komposisi senyawa aktif yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan, ada penelitian yang menduga bahwa jamur enoki bermanfaat dalam mencegah penyakit jantung dan kanker.

Selain kaya gizi, jamur enoki juga lezat disantap. Dengan rasa yang manis dan gurih, tak heran jika jamur enoki menjadi primadona bahan masakan di Korea, Vietnam, Jepang, dan Tiongkok. Jamur ini sangat serbaguna, dan biasanya diolah sebagai lauk atau hidangan utama bagi para vegetarian. Ada banyak cara masak jamur enoki dan cara untuk mengolahnya dan memadukannya dengan bahan lainnya. Bisa dijadikan bahan untuk salad, diolah dengan cara ditumis dan dipanggang, atau sebagai bahan tambahan membuat sup.  Tetapi yang paling umum adalah digoreng berbalut tepung yang renyah dan krispi.

Sebelum mengolahnya,  yuk, kita cari tahu dulu bagaimana memilih jamur enoki yang baik.  Jamur enoki yang baik harus yang masih segar berwarna putih.  Saat ini jamur enoki dijual terbungkus plastik maka pilihlah dengan cermat bila sudah berubah warna menjadi kekuningan sebaiknya jangann digunakan.  Hinddari juga membeli jamur enoki ddalam kalengan karena ddiragukan kesegarannya dan akan mengganggu cara masak jamur enoki yang akan Mom lakukan.  Jamur enoki hanya tahan untuk jangka waktu penyimpanan 1 minggu.  Jadi bila Mom tidak akan langsung menggunakannya maka sebaiknya simpan di lemari pendingin di dalam kantong atau wadah plastik yang bersih.  Namun sebaiknya segera olah jamur enoki setelah dibeli agar kesegarannya terjamin dan tiddak mengganggu rasanya.

Apabila Mom mau mengolah jamur enoki maka agar cara masak jamur enoki dilakukan dengan tepat maka setelah dikeluarkan dari plastik pembungkusnya maka potonglah bagian akar ddari jamur ini lalu pilah-pilah menjaddi serabut-serabut terpisah dan cuci perlahan dibawah air keran yang mengalir.  Jangan terlalu deras karena nanti akan hancur.  Cuci bersih agar terjamin kesegarannya lalu tiriskan sebentar dan keringkan dengan menggunakan lap bersih yang kering.  Penting lho Mom menjaga kesegaran jamur enoki sebelum diolah agar hasil cara masak jamur enoki goreng tepung bisa renyah dan krispi.

Setelah mengetahui cara mempersiapkan jamur enoki ini sebelum diolah menjadi jamur enoki goreng tepung yang renyah maka berikut ini addalah resep cara masak jamur enoki yang bisa Mom ikuti :

Bahan-bahan yang diperlukan untuk cara masak jamur enoki goreng tepung :

  • 1 bungkus jamur enoki
  • secukupnya minyak goreng
  • 1 butir telur
  • 4 sendok makan tepung terigu
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 1 sendok teh lada
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula
  • 1 sendok teh bumbu penyedap rasa

Langkah-langkah untuk cara masak jamur enoki goreng tepung :

  1. Campurkan telur, gula dan bumbu penyedap rasa lalu kocok sebentar.
  2. Pada wadah yang terpisah, campurkan tepung terigu, tepung maizena, lada dan garam.
  3. Cuci jamur enoki lalu tiriskan, kemudian bagi sesuai selera (boleh tebal atau tipis).
  4. Siapkan wajan dan minyak, tunggu hingga minyak panas.
  5. Masukkan jamur enoki de dalam wadah telur, kemudian masukkan ke dalam wadah tepung, balur jamur hingga merata kemudian masukkan ke dalam wajan.
  6. Goreng jamur enoki hingga bewarna kuning kecoklatan kemudian tiriskan. Jamur enoki goreng siap dihidangkan.

 

Selamat mencoba cara masak jamur enoki goreng tepung ini ya, Mom.  Pasti anak-anak suka dan ketagihan.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply