Cara Masak Ikan Tongkol Tanpa Bau Amis

0 11

Apakah Mom termasuk penggemar ikan? Ikan yang masih segar atau yang baru dipanen atau ditangkap cenderung tidak berbau amis tapi setelah beberapa lama lambat alun akan berbau amis. Bau amis pada ikan memang sangat mengganggu termasuk bagi mereka penggemar ikan. Dari berbagai jenis ikan maka ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan favorit yang bisa diolah menjadi berbagai menu yang super lezat tetapi tentu saja Mom harus tahu bagaimana cara masak ikan tongkol tanpa amis agar menjadi masakan yang sangat lezat.

Berikut ini adalah cara umum yang biasa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan:

Cara masak ikan tongkol  agar tidak amis, sama dengan cara menghilangkan amis pada olahan ikan secara umum, yaitu menggunakan jeruk nipis/lemon dan garam. Pada ikan yang masih utuh bersihkan dulu sisik dan insangnya, setelah itu cuci ikan pada air yang mengalir, kemudian olesi ikan dengan garam perasan air jeruk nipis atau lemon secara merata dan keseluruh tubuh ikan, diamkan selama 10-20 menit, setelah itu cuci dengan air agar garam dan perasan air jeruk nipis/lemon menghilang

Cara lainnya adalah dengan menggunakan air cuka. Namun perhatikan dalam menggunakan air cuka, karena air cuka bersifat asam jadi gunakanlah dosis atau takaran sebanyak 2 sendok teh untuk 1 kilogram ikan. Selain itu Mom juga bisa menggunakan parutan jahe. Selain jeruk dan lemon jahe juga memiliki amnfaat dapat menghilangkan bau amis pada ikan. Bagaimana caranya pertama parut jahe hingga halus setelah itu, bersihkan ikan kemudian lumuri atau baluri dengan parutan jahe tersebut, tunggu 10-15 menit setelah itu bersihkan ikan dan olah ikan sesuai dengan keinginan.

Selain mencoba cara menghilangkan amis ikan secara umum seperti diatas,  Mom juga bisa mencoba cara masak ikan tongkol berikut ini agar bisa benar-benar menghilangkan aroma dan rasa amis pada ikan tongkol sehingga nikmat untuk disantap.

    • Jika Mom akan mengukus atau membuat pepes dari ikan tongkol maka Mom bisa mencoba menggunakan cuka makan. Cuci bersih ikan yang sudah dipotong dan buang jeroannya, setelah itu cuci dengan cuka makan dan kukus ikan.
    • Jika Mom memasak ikan tongkol berkuah degan cara masak ikan tongkol  yang benar agar tidak amis, maka sebelum dimasak Mom bisa mencuci bersih ikan tongkol dengan cuka dan perasan jeruk nipis. Jika amisnya masih terasa Mom bisa mencoba merendam ikan dengan air yang ditambah dengan sari jahe.
    • Jika memasak ikan tongkol dengan digoreng maka cuci bersih ikan dengan cuka makan dan bilas dengan air bersih. Setelah itu lumuri ikan dengan tepung terigu. Diamkan sebentar.  Setelah itu ikan siap digoreng.

 

Sekarang Mom bisa mencoba cara masak ikan tongkol dengan cara ini. Sajian ikan tongkol baik dimasak dengan cara dikukus, berkuah, maupun digoreng, sama-sama sedap.

 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply