Cara Masak Ikan Asap Paling Mudah

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
7

Apa kabar, Mom? Senang sekali lho, Mom masih rajin membaca artikel-artikel kami. Kali ini kami akan membagikan artikel tentang cara masak ikan asap. Ikan asap bukan nama ikan melainkan nama sebutan untuk beberapa jenis ikan yang sudah diawetkan dengan cara diasap. Kabarnya nih, Mom,  ikan yang diawetkan dengan cara diasap,  selain lebih tahan lama, juga mempunyai cita rasa yang berbeda. Ikan asap semakin enak saat diolah menjadi menu masakan.  Pernah mencobanya?

Berikut ini adalah ikan-ikan yang biasa diolah dengan cara masak ikan asap yang bisa Mom temukan dengan mudah dipasaran :

  1. Ikan pari. Ikan pari atau sering juga disebut sebagai ikan peh merupakan jenis ikan bertulang rawan. Berbeda dari jenis ikan lainnya, ikan pari memiliki bentuk pipih bersayap seperti layang-layang, dan memiliki satu ekor panjang. Ikan asap yang terbuat dari ikan pari ini termasuk ke dalam ikan asap yang paling diminati.
  2. Ikan cakalang. Selain ikan pari, ikan cakalang juga termasuk ikan yang biasa diasap. Ikan yang memiliki bentuk memanjang dan agak bulat tersebut memiliki rasa yang enak, sehingga cocok untuk diasap. Cara pengasapannya yaitu ikan dibersihkan dari kotoran dan tulang, lalu dagingnya dibelah menjadi dua dan dijepit mengunakan bambu, baru kemudian ikan tersebut diasap dan siap diolah menjadi aneka hidangan lezat.
  3. Ikan manyung. Ikan manyung merupakan ikan laut yang hidup di wilayah tropis. Ikan manyung memiliki ukuran yang memanjang dengan kepala yang gepeng, dan tiga pasang sungut. Ikan manyung yang diasap ini merupakan cara masak ikan asap khas Pantura, bila diasinkan dikenal masyarakat dengan nama jambal roti. Rasa ikan manyung asap ini sangat gurih sehingga lezat diolah jadi sajian apapun.
  4. Ikan marlin. Sama seperti namanya yang cantik, bentuk dari ikan marlin ini juga tak kalah cantiknya. Ikan yang termasuk ke dalam ikan laut ini memiliki ciri khas yaitu moncong yang panjang seperti pedang dengan sirip punggung yang panjang dan lebar. Rasa ikan marlin ini tak kalah dari ikan lainnya, jadi jika Mom bosan dengan ikan asap yang biasa, Mom bisa mencoba ikan marlin asap.
  5. Ikan cucut. Ikan cucut merupakan jenis ikan bertulang rawan yang bentuknya pipih dan panjang. Ketika sudah diasap, ikan cucut akan menghasilkan citarasa gurih dan aroma pembakaran yang khas. Sehingga Mom patut untuk mencoba ikan asap jenis ini.
  6. Ikan patin. Siapa bilang ikan patin cuma nikmat diolah menjadi sup atau digoreng garing? Mom juga bisa lho mencoba ikan patin yang diasap. Di masyarakat daerah Riau, ikan asap patin ini lebih dikenal dengan nama salai ikan patin. Sensasi rasa ikan patin yang gurih serta aroma khas asap dijamin memberikan sensasi tersendiri di lidah.

Setelah tahu macam-macam ikan asap yang mudah didapat di pasar tradisional,  sekarang waktunya mencoba cara masak ikan asap berikut:

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk cara masak ikan asap patin tomat hijau :

  • 6 ekor ikan patin asap
  • 5 buah tahu putih
  • 5 tomat ijo
  • 2 daun salam
  • 1 ruas lengkuas geprek
  • 3 Batang daun bawang rajang
  • 5 buah cabe hijau iris serong
  • 300 ml santan
  • Secukupnya garam, gula, lada bubuk

Bumbu halus untuk cara masak ikan asap patin tomat hijau :

  • 6 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 100 g cabai rawit / sesuai selera
  • 6 cabai merah besar

Langkah-langkah untuk cara masak ikan asap:

  1. Bersihkan kotoran ikan. Potong ikan jadi dua lalu goreng sebentar. Hilangkan durinya, ambil dagingngnya saja. Sisihkan.
  2. Potong tahu kotak-kotak lalu goreng. Sisihkan.
  3. Belah tomat jadi enam bagian. Rajang daun bawang, iris serong cabe hijau besar. Sisihkan
  4. Tumis bumbu halus hingga matang, masukkan daun salam dan lengkuas. Masukan tomat, cabe hijau besar dan daun bawang. Aduk2 hingga layu.
  5. Masukkan santan kecilkan api. Aduk-aduk. Masak hingga bumbu mengeluarkan minyak. Bumbui dengan garam, gula dan kaldu bubuk. Koreksi rasa.
  6. Masukkan ikan patin dan tahu. Aduk-aduk lalu diamkan agar bumbu meresap. Matikan api. Siap disajikan.

 

Selamat mencoba.

 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply