Cara Masak Gurita Bakar Favorit Keluarga

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
14

Gurita dimasak?  Jangan kaget, Mom.  Bila Mom pernah dengar jajanan takoyaki, itu jajanan yang terbuat dari gurita. Tepatnya tentakel atau kaki-kaki gurita. Pernah mencoba? Memang sih, bila belum pernah mencoba, akan sulit membayangkan menyantap gurita. Namun, gurita bisa jadi menu favorit keluarga. Bila tahu cara masak gurita  yang tepat,  bisa menjadi menu pilihan yang menyehatkan.

Bila Mom suka masakan-masakan Jepang dan Korea maka menu gurita seringkali ada pada menu pilihan mereka,  bahkan terkadang gurita tak banyak diolah sehingga disantap mentah-mentah atau setengah matang saja. Hal ini karena gurita mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Gurita memang belum sepopuler cumi-cumi atau jenis seafood lainnya. Namun sebenarnya konsumsi gurita bukanlah hal yang asing. Coba tengok saja aneka menu makanan Jepang yang menggunakan gurita sebagai bahan dasar. Tako sashimi yang terdiri dari potongan gurita segar pun menjadi salah satu menu favorit di restoran khas Jepang.  Nah sebelum kita berbagi cara masak gurita, yuk Mom kita intip dahulu beberapa manfaat gurita bagi kesehatan :

  1. Gurita adalah makanan rendah kalori dan minim lemak. Menyantap gurita sangat cocok bagi yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Karena seporsi sajian gurita memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah. Dalam setiap 85 gram sajian gurita, hanya terdapat 140 kalori dan 1,8 gram lemak. Maka tubuh pun tidak akan menimbun kalori dan lemak secara berlebihan kalau menyantap gurita dengan porsi seimbang.
  2. Kaya Zat Besi yang Baik untuk Peredaran Darah. Zat besi yang terkandung dalam gurita memang tergolong tinggi bila dibandingkan dengan bahan makanan lain. Asupan zat besi yang cukup bagi tubuh akan membuat sistem peredaran darah menjadi lancar. Karena zat besi akan membantu darah mengikat oksigen secara maksimal. Hasilnya, seluruh organ tubuh pun akan mendapatkan asupan oksigen yang dibutuhkan. Sehingga metabolisme tubuh pun akan berlangsung maksimal.
  3. Makan Gurita Bakal Bikin Makin Pintar. Kalau mau pintar dan mudah berkonsentrasi, sudah pasti asupan gizi untuk otak harus terpenuhi. Itulah sebabnya cara masak gurita yang kaya kandungan vitamin B12 sangat penting bagi otak.
  4. Temukan Zat Taurin Dalam Sajian Gurita. Tentu belum banyak yang paham mengenai fungsi zat taurin. Taurin merupakan salah satu jenis anti oksidan yang mampu menangkal stres dan menjaga kesehatan jantung. Orang yang mendapat asupan taurin dalam jumlah seimbang memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mendapat asupan taurin. Jantung akan senantiasa sehat dan leluasa melakukan aktivitas fisik yang memacu kinerja jantung dalam batas normal.
  5. Sumber Vitamin dan Mineral yang Super Lengkap. Tak perlu repot-repot mencari bahan makanan yang menjadi sumber vitamin dan mineral super lengkap. Mom bisa mengandalkan gurita untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Ada vitamin A, B, C, selenium, kalsium, fosfor, omega 3, serta jenis vitamin dan mineral lainnya pada sajian gurita. Bila kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi dengan baik, metabolisme tubuh pun akan berlangsung lancar.

Bagaimana Mom, setelah tahu manfaatnya yang luar biasa apakah tertarik untuk mencoba cara masak gurita  ini sebagai menu alternatif untuk diperkenalkan pada keluarga?  Agar tidak bingung si gurita harus diapakan, yuk kita intip tipsnya.

Bagian awal yang biasanya membuat bingung adalah bagaimana membersihkan gurita. Dengan bentuknya yang bulat utuh, gurita seakan tidak memiliki akses untuk dibersihkan. Ya, memang Mom.  Untuk bisa membersihkan dan mengolahnya maka Mom harus memotongnya dulu. Ini dia caranya : Balikkan gurita dan potong membentuk lubang di tengah-tengah tempat tentakelnya bertemu. Lalu apa yang harus dilakukan selanjutnya?  Berikut ini adalah langkah-langkah membersihkan gurita sebelum diolah dengan cara masak gurita.

  1. Keluarkan kantung tinta dan organ-organ dalam gurita. Tidak perlu takut repot, karena organ dalam gurita ini bentuknya berkantong dan sudah terpisah-pisah sehingga mudah dibersihkan.
  2. Bilas gurita dengan air mengalir. Jangan mengulitinya dulu karena tidak seperti cumi-cumi, lapisan luar gurita lebih mudah dibersihkan saat sudah matang.
  3. Didihkan air dan masukkan gurita saat air sudah mendidih. Pastikan air merendam gurita seluruhnya, jika air berkurang tambahkan lagi air sampai menutupi gurita. Tambahkan bumbu-bumbu dalam air rebusan untuk membuat gurita lebih sedap. Rebus gurita hingga lunak adalah rahasia penting cara masak gurita agar gurita empuk dan halus. Mom bisa mengujinya dengan menusuk bagian tebal tentakel menggunakan garpu. Daging gurita yang matang akan mudah ditusuk. Tidak seperti seafood lain yang semakin lama direbus akan semakin keras, gurita membutuhkan waktu sekitar 20 menit hingga 1 jam untuk membuatnya empuk. Merebus selama lima menit justru akan menghasilkan daging yang agak liat.
  4. Begitu matang, bilas gurita dengan air dingin yang mengalir. Kemudian Mom bisa mengelupas kulit luarnya dengan mudah. Setelah dikelupas, Mom bebas memasaknya sesuai resep gurita pilihan Mom.

Setelah tahu cara membersihkannya yuk Mom kita coba cara masak gurita bakar yang enak berikut ini :

Bahan-bahan cara masak gurita bakar:

  • 1 kg Gurita
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sdm saos tiram Saori
  • secukupnya kecap
  • secukupnya saos sambal
  • Air
  • secukupnya garam
  • secukupnya gula
  • Jeruk nipis

Langkah-langkah cara masak gurita:

  1. Potong gurita sesuai selera. Lumuri dengan jeruk nipis. Diamkan 15 menit.
  2. Masukkan gurita pada wajan teflon. Tambahkan air, didihkan.
  3. Masukkan bawang putih yg telah digeprek. Masukkan kecap, saos tiram, saos sambal, garam dan gula secukupnya.
  4. Didihkan hingga mengental dan berwarna agak kecokelatan.
  5. Gurita bakar siap jadi rebutan.

 

Cara masak gurita yang kami sajikan, mudah dibuat kan, Mom?  Selamat mencoba, ya.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply