Cara Masak Gurame Asam Manis Favorit Keluarga

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
10

Dari berbagai ikan laut,  Mom pasti sudah akrab dengan ikan gurame. Oleh karena itu,  kali ini kami menyajikan cara masak gurame asam manis yang pastinya akan menjadi menu olahan ikan favorit Mom dan keluarga. Ikan gurame memang punya rasa yang enak ya Mom.  Digoreng biasa saja sudah cukup nikmat rasanya apalagi bila ditambah bumbu asam manis, pasti menggugah selera keluarga.

Memang variasi resep ikan ini cukup mudah didapat di sekitar kita, mulai dari warung pinggir jalan sampai restoran seafood ternama pun menyediakan masakan ini. Mom mungkin beranggapan bahwa lebih enak dan praktis untuk membelinya daripada repot repot membuat resep cara masak gurame asam manis. Sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya salah, cuma kalau Mom punya sedikit waktu luang, terutama di saat libur kegiatan masak Gurame Asam Manis ini bisa menjadi salah satu pengisi waktu yang cukup mengasyikkan. Selain itu, Mom juga bisa berkreasi dengan menambahkan beberapa bahan untuk meningkatkan cita rasa resepnya,  bahkan Mom juga bisa menambahkan sosis, nanas atau yang lain.

Pada dasarnya, resep ikan gurame pada umumnya dibagi menjadi tiga macam, yaitu bakar, rebus dan goreng. Kali ini, cara masak gurame asam manis akan menggunakan dua macam variasi tersebut, yaitu digoreng kemudian direbus supaya bumbu bumbu nya lebih masuk ke dalam dagingnya dan rasanya lebih nikmat. Kadang bila tidak tahu bisa gagal Mom dalam proses pembuatannya dan hasilnya jadi keras dan kurang nikmat. Untuk membuat gurame asam manis, ikan yang digoreng jangan terlalu lama. Cukup beberapa menit saja supaya cita rasa kuahnya nanti bisa meresap ke dalam dagingnya. Selain itu, pembersihan kulit ikan juga harus benar benar bersih.

Sebelum kita mengolah ikan gurame dengan cara masak gurame asam manis maka ini ddia beberapa tips yang perlu Mom perhatikan ya.  Ke-4 tips ini dijamin akan membuat Anda berhasil membuat gurame asam manis seenak restoran.

  1. Pilihan Ikan. Sebenarnya membuat ikan asam manis tak melulu harus menggunakan gurame. Yang penting, ikan yang cocok untuk dibuat asam manis adalah ikan yang daging tebal. Contohnya adalah gurame, dori, dan kakap. Ikan yang dagingnya tebal seperti ini tidak akan hancur saat digoreng serta bertekstur empuk, pas disandingkan dengan saus kental penuh rasa seperti saus asam manis ini.
  2. Persiapan Ikan. Bersihkan ikan seperti biasa, lalu lumuri dengan air jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan bau amisnya.Setelah itu, lumurilah dengan bumbu perendam agar bumbunya meresap hingga ke dalam ikan.Ikan yang telah disiapkan seperti ini bisa langsung digoreng atau dilumuri tepung terlebih dahulu. Ikan yang langsung digoreng kurang crispy, tetapi kulitnya lembut dan tidak tebal.Sementara itu, ikan yang dilumuri lebih crispy.Akan tetapi, kulit ikan jadi agak tebal karena terlalu lama digoreng.

Tips membuat saus cara masak gurame asam manis:

  • Rasa utama saus ini tentu haruslah perpaduan seimbang antara manis dan asam.
  • Untuk rasa manis, saus bisa ditambahkan kecap manis, gula pasir, atau madu.
  • Kecap manis, enak rasanya, tetapi warna saus menjadi gelap.
  • Gula pasir, rasanya hanya manis, tidak seperti kecap manis yang punya rasa lainnya.
  • Madu, selain manis, memberi aroma yang khas.Pilihan bergantung pada selera kita.
  • Sementara itu, rasa asam bisa diperoleh dari tomat, belimbing wuluh, air jeruk lemon/nipis, atau cuka.

Isi saus cara masak gurame asam manis:

  • Saus asam manis yang enak biasanya disertai isi.
  • Untuk isinya bisa berupa bahan yang banyak teksturnya seperti wortel, ketimun, nanas, kapri, buncis, dan tahu.
  • Saus harus disiramkan menjelang disajikan agar ikan tetap renyah.

 

Nah, itulah tips yang harus diperhatikan saat membuat cara masak gurame asam manis.

 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply