Cara Masak Gudeg Nangka Gurih

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
8

Hai Mom, apakah Mom termasuk penggemar gudeg?  Gudeg adalah makanan tradisional yang terbuat dari Nangka muda (nangka) yang direbus dan diolah dengan cara masak gudeg selama beberapa jam dengan gula kelapa serta santan. Dengan dilengkapi dengan berbagai bumbu tambahan membuat Gudeg menjadi terasa manis dilidah dan memiliki rasa yang khas dan enak sesuai dengan selera masyarakat Jawa pada umumnya.  Tetapi saat ini gudeg telah dikenal oleh masyarakat Indonesia secara luas, khususnya sebagai makanan khas dari kotaYogyakarta. Popularitas tersebut juga yang membuat Yogyakarta dikenal dengan nama “Kota Gudeg”, sebagai kota asalnya masakan gurih ini.  Saat ini sih Mom tidak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta untuk menikmati sepiring gudeg,  sudah banyak tempat yang menjual menu khas ini dimana-mana.

cara masak gudeg

Pada penyajiannya, gudeg biasa di lengkapi dengan nasi putih, ayam, telur rebus, tahu atau tempe, dan rebusan terbuat dari kulit sapi segar atau lebih dikenal dengan nama sambal goreng krecek. Ada beberapa jenis gudeg yang dikenal saat ini yang dibedakan dari cara masak gudeg -nya yaitu jenis gudeg kering dan gudeg basah. Gudeg kering hanya memiliki sedikit santan sementara gudeg basah mencakup lebih banyak susu kelapa atau santan. Jenis-jenis Gudeg tersebut juga mempengaruhi rasa yang dimiliki oleh gudeg. Tetapi baik guddeg basah maupun gudeg kering tetap mempunyai citarasa ddasar yang sama yaitu rasa manis dan gurih.

Awalnya gudeg yang dikenal oleh masyarakat Indonesia khususnya Yogyakarta jaman dahulu adalah gudeg basah. Seiring perkembangan jaman, kebutuhan gudeg untuk oleh-oleh yang semakin berkembang juga seirama dengan munculnya gudeg kering. Sifatnya yang kering membuat gudeg tersebut tahan lama dan sering dimanfaatkan sebagai oleh-oleh yang tentu saja berdampak dengan munculnya industri rumahan yang menyajikan oleh-oleh Gudeg khas Yogyakarta.

Keunikan lainnya dari masakan gudeg adalah kemasannya. Apabila Mom berbelanja Gudeg sebagai makanan khas Yogyakarta, tidak jarang udeg tersebut dikemas dengan menggunakan besek. Besek adalah bungkus dari anyaman bambu yang dibentuk sedemikian rupa berbentuk segi empat dan dapat digunakan sebagai tempat makanan. Selain itu gudeg juga sering dikemas menggunakan kendil yaitu berupa wadah yang terbuat dari tanah liat. Kemasan tersebut biasanya banyak ditemukan pada para penjual gudeg yang telah terkenal di Yogyakarta seperti Gudeg Wijilan. Wijilan memang merupakan sebuah areal yang terkenal dengan cara masak gudeg -nya yang khas.

Gudeg haruslah dimasak dalam waktu yang cukup lama, sulitkah membuatnya sendiri di rumah untuk menjadi santapan keluarga?  Rasa gudeg yang gurih dan manis serta sambal goreng krecek yang pedas benar-benar pas untuk santapan keluarga bersama dengan nasi hangat.  Wah jadddi tertarik ya Mom untuk mengetahui cara masak gudeg nangka ini sendiri dirumah.  Ternyata tidak terlalu sulit kok Mom,  yuk kita intip resepnya.

Bahan-bahanyang dibutuhkan untuk cara masak gudeg nangka :

  • 1/2 kg nangka muda yang telah dipotong-potong menjadi kecil-kecil
  • 1500 ml air kelapa
  • 3 butir telur rebus
  • 100 gr gula merah diiris halus
  • 4 lembar daun salam
  • 4 iris lengkuas dengan ukuran kecil sesuai selera
  • 5 siung bawang putih
  • 7 buah bawang merah
  • 2 sdt ketumbar
  • Garam secukupnya

Langkah – langkah cara masak gudeg nangka :

  1. Gunakan panci besar dan berbahan tebal untuk memasak gudeg nangka.
  2. Pada dasar panci, beri daun salam dan diatasnya diberi pula irisan lengkuas pada seluruh bagian.
  3. Haluskan beberapa bahan seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan garam hingga merata.
  4. Campurkan bumbu halus dengan air kelapa sebanyak 500 ml, aduk hingga rata.
  5. Masukkan berturut-turut nangka muda, gula merah dan telur rebus. Kemudian tambahkan air kelapa bersama dengan bumbu halus hingga telur terendam. Lalu tutup panci dengan rapat lalu masak di atas api sedang selama 2 jam.
  6. Setelah 2 jam, angkat telur dan sisihkan sementara. Lalu masukkan santan dan aduk perlahan untuk menghancurkan nangka.
  7. Masukkan kembali telur ke dalam panci hingga terkubur ke dalam nangka.
  8. Masak kembali masakan gudeg diatas api sedang minimal selama 3 ½ jam dan aduk sesekali agar santan habis dan nangka berwarna coklat kemerahan.

Cara masak gudeg  sudah selesai. Gudeg nangka telah matang dan siap disajikan dengan nasi hangat yang gurih agar cita rasa semakin nikmat. Mom juga bisa menambahkan ayam selain telur.  Yuk Mom silakan dicoba.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply