Cara Masak Genjer Jadi Tumisan Lezat

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
10

Apa kabar Mom?  Masih semangat ya utak-atik resep dan cara masak yang kami sajikan untuk jadi menu pilihan bagi keluarga?  Kali ini, kami akan menyajikan cara masak genjer menjadi masakah tumisan yang lezat.  Genjer atau paku rawan (Limnocharis flava)  sepert juga gulma, banyak ditemui di sawah atau perairan dangkal. Hal inilah yang menyebabkan genjer banyak dikonsumsi masyarakat karena mudah didapat. Saat ini, sayur genjer sudah menjadi favorit dari masyarakat Indonesia, terutama vegetarian.

Genjer biasanya dimasak sebagai tumisan, lalapan, sebagai campuran pada gado-gado atau pecel. Sayur genjer imemiliki kandungan gizi yang tidak kalah tinggi dengan jenis sayuran hijau lainnya.

Sebelum bisa mengolah genjer dengan cara masak genjer  yang tepat, sebaiknya Mom ketahui dahulu cara memilih dan mengolah genjer dengan benar, yaitu:

  1. Pilih genjer yang masih muda. Saat membeli genjer,  pilihlah genjer yang masih muda agar rasanya tidak getir dan pahit. Genjer yang masih muda memiliki daun yang lebar dan bunga yang masih kuncup. Saat ditekan bunganya masih lembut tidak keras. Jika Mom membeli genjer yang bunganya sudah agak mekar dan keras, cukup masak bagian batang dan daunnya saja.
  2. Rendam genjer sebelum dimasak. Setelah membeli genjer dan memotongnya, rendam genjer sebentar di dalam air agar seluruh kotoran yang menempel di daunnya hilang. Kemudian bilas dan tiriskan genjer sebelum dimasak.
  3. Hilangkan rasa pahit di genjer. Ini adalah cara masak genjer yang paling penting. Untuk Mom yang kebetulan mendapatkan genjer yang tidak terlalu muda, jangan khawatir genjer akan pahit dan ketir. Remas-remas sebentar genjer dengan sedikit garam sebelum dimasak lalu siram genjer dengan air panas hingga agak layu.
  4. Tumis genjer sebentar saja. Karena genjer memiliki tekstur berongga yang akan menyusut saat diolah, masaklah genjer sebentar saja di atas api sedang hingga layu sehingga warnanya masih hijau segar. Genjer yang dimasak terlalu lama akan menimbulkan warna yang agak hitam, tekstur yang terlalu empuk dan rasa yang kurang enak. Jadi, masukkan genjer sesaat setelah bawang dan cabe atau bumbu yang Mom tumis sudah harum dan matang.
  5. Beri tambahan bahan lain dalam menu masakan genjer. Agar lebih lezat olahkah sayur genjer dengan cara masak genjer dengan berbagai tambahan bahan seperti oncom, tempe, teri, udang, atau petai. Mom juga dapat memasak genjer menjadi aneka menu makanan seperti tumis oncom genjer, tumis teri genjer, tumis udang petai genjer, bothok genjer, genjer masak cabe garam, genjer saus tiram, bahkan genjer goreng tepung.

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk cara masak genjer tumis :

  • Genjer – 2 ikat
  • Bunga genjer – 1 ikat
  • Gula pasir – 1/2 sdt
  • Cabai merah, iris serong – 1 buah
  • Air panas – 50 ml
  • Minyak untuk menumis – 2 sdm
  • Air, untuk merebus – secukupnya

Bumbu halus untuk cara masak genjer tumis :

  • Bawang merah – 4 butir
  • Bawang putih – 3 siung
  • Cabai merah – 4 buah
  • Cabai rawit – 4 buah
  • Tomat merah – 1/2 buah
  • Terasi – 1/2 sdt
  • Garam – 3/4 sdt

Langkah-langkah cara masak genjer tumis :

  1. Petik daun dan bunga genjer. Cuci bersih lalu tiriskan.
  2. Didihkan air di panci. Rebus genjer selama 1 menit saja untuk membuang getahnya. Angkat lalu peras airnya. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum.
  4. Masukkan gula dan cabai merah. Aduk rata.
  5. Masukkan genjer. Aduk rata.
  6. Tuang air panas. Aduk rata dan masak sebentar saja. Angkat.
  7. Siap disajikan.

Tips untuk cara masak genjer  tumis :

  • Jika suka, bahan-bahan untuk bumbu halus bisa diulek kasar agar terlihat teksturnya.
  • Genjer cukup dimasak sebentar saja agar teksturnya masih renyah dan warnanya hijau cantik.

 

Bila diolah dengan cara masak genjer yang tepat,  sayur genjer bisa jadi menu olahan pilihan yang lezat lho, Mom. Selamat mencoba, ya.

 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply