Cara Masak Garang Asem Ikan

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
8

Bagi Mom yang berasal dari daerah Kudus, Solo, atau Semarang, pasti sudah sangat akrab dengan menu khas daerah tersebut, yaitu garang asem.  Masakan ini biasanya menggunakan bahan utama ayam kampung.  Seiring dengan perkembangan zaman, masakan ini semakin dikenal di seluruh nusantara.  Berbagai kreasi masakan ini pun diciptakan. Salah satunya adalah dengan cara masak garang asem menggunakan ikan.

Garang asem bukan hanya lezat, tapi juga sehat. Apalagi bila cara masak garang asem  dipilih yang berbahan dasar ikan laut, ini akan membuat garang asem kaya vitamin dan rendah kolesterol. Jadi penikmat Garang Asem tidak perlu khawatir terhadap resiko yang ditimbulkan karena menyantap Garang Asem.

Tapi kenapa ya menu ini diberi nama garang asem? Nama garang asem hakikatnya merujuk pada rasa makanan dan cara memasaknya. Garang asem adalah lauk yang dimasak dengan cara dibungkus daun pisang dan dikukus (digarang/dipanaskan). Lauknya bisa apa saja, seperti berlaku pada masakan pepes, misalnya ayam, jeroan, ikan, jamur, atau tahu. Rasanya agak asem (asam) karena lauk tadi dicampuri irisan tomat hijau.

Ternyata dibalik berbagai resep cara masak garang asem terdapat juga 4 Fakta Unik garang asem, yaitu  :

  1. Asal usul nama garang asem. Ada dua cerita tentang asal mula nama garang asem. Pertama adalah karena rasanya yang pedas-pedas (garang) dan asam manis segar (asem), sehingga masakan ini disebut dengan garang asem. Kedua adalah asal mula masakan ini yang berasal dari desa di kabupaten kudus yang bernama Desa Garang.
  2. Hanya untuk yang mampu. Jaman dahulu, garang asem adalah makanan kalangan atas yang hanya dapat dimakan oleh orang berada. Pada saat itu harga daging ayam kampung sangatlah mahal. Sehingga daging ayam kampung hampir tidak dapat terbeli oleh masyarakat menegah ke bawah. Sekarang harga garang asem sudah terjangkau oleh kalangan manapun dan merupakan salah satu makanan favorit Indonesia.
  3. Paling mahal di menu. Walaupun harganya sudah terjangkau, garang asem merupakan menu yang paling mahal di rumah makan soto tradisional Jawa Tengah. Garang asem terdiri dari ayam (daging) yang dimasak bersama bumbu rempah-rempah. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung. Namun yang membuatnya mahal adalah proses memasaknya yang membutuhkan waktu berjam-jam selain itu menu garang asem merupakan menu yang rempah-rempahnya paling komplit. Itulah sebabnya garang asem harganya paling mahal di beberapa rumah makan.
  4. Memasaknya yang sulit. Garang asem adalah lauk yang dimasak dengan cara dibungkus daun pisang dan dikukus (digarang/dipanaskan). Lauknya bisa apa saja, seperti pada masakan pepes. Misalnya ayam, jeroan, ikan, jamur, atau tahu. Rasanya agak asem (asam) karena lauk tadi dicampuri irisan tomat hijau. Garang asem dimasak hampir selama dua jam. Walaupun caramua sederhana, namun jika salah dalam proses memasak, garang asem ini malah akan menjadi opor ayam.

Cara masak garang asem ikan tidaklah sulit, karena bumbu-bumbu yang dibutuhkan banyak tersedia di sekitar kita. Kali ini kita akan menyajikan resep garang asem berbahan dasar ikan yang super gurih dan segar.Perpaduan antara bumbu lengkap dan sedapnya aroma ikan dengan rasa gurih, manis, asam membuat menu olahan ini memiliki daya pikat yang kuat di lidah lho Mom. Untuk mendapatkan hasil yang bagus pilihlah ikan yang berdaging lembut seperti tenggiri, kakap atau patin, untuk citarasa yang lebih mantap dan lezat. Kali ini kami pilihkan resep garang asem dari ikan tenggiri.

Bahan-bahan cara masak garang asem ikan:

  • Ikan tenggiri, potong lalu cuci bersih – 500 gram
  • Jeruk nipis – 2 butir
  • Tomat hijau, potong jadi 4 bagian – 4 buah
  • Cabai rawit – 5 buah
  • Serai – 2 batang
  • Garam – 1 sdt
  • Gula – 1/2 sdt
  • Air – 750 ml
  • Minyak, untuk menumis – secukupnya

Bumbu iris untuk cara masak garang asem ikan:

  • Bawang putih – 3 siung
  • Bawang merah – 5 siung
  • Jahe – 1 ruas
  • Lengkuas – 1 ruas

Cara masak garang asem ikan:

  1. Rendam ikan tenggiri dengan air perasan 1 butir jeruk nipis. Diamkan selama 10 menit lalu cuci hingga bersih. Sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak. Tumis bumbu iris dan serai hingga harum dan matang.
  3. Tuangkan air lalu masak hingga mendidih.
  4. Masukkan ikan, potongan tomat hijau, cabai rawit, garam, dan gula. Aduk rata dan masak hingga ikan matang, lalu matikan api.
  5. Beri air perasan dari 1 butir jeruk nipis.
  6. Siap disajikan.

 

Selamat mencoba cara masak garang asem ikan yang menyegarkan ini ya, Mom.

 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply