Cara Masak Garang Asem Ayam

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
9

Mom pernah berwisata bersama keluarga ke Jawa Tengah, khususnya ke daerah Solo atau Semarang?  Jika Mom berkesempatan berkunjung ke Solo atau Semarang, Jawa Tengah, jangan pernah lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner yang menjadi makanan khas daerah tersebut yaitu cara masak garang asem ayam. Garang asem ini bisa dikatakan juga sebagai sop ayam ala asli daerah Indonesia dan menu ini pun selain lezat juga dipercaya mampu menghangatkan dan menyegarkan badan.  Oleh karena itu  menu ini semakin populer bahkan sekarang ini menu garang asem ini suddah bisa juga ditemukan di luar kota Solo atau Semarang yang merupakan kota asli menu lezat ini.

cara masak garang asem ayam

Bila Mom pernah membaca buku 100 Mak Nyus Jakarta karya seorang pakar kuliner almarhum Bapak Bondan Winarno,  sebenarnya menu olahan ayam yang dikenal dengan nama garag asem ini mempunyai dua versi Garang Asem, yaitu versi Kudus yang tanpa santan, dan versi Solo atau Semarang yang menggunakan santan.  Nah jadi mana resep cara masak garang asem ayam  yang Mom pilih bisa disesuaikan dengan selera Mom.  Namun demikian, baik pada garang asem yang bening maupun yang bersantan ada satu elemen yang sama di antara keduanya, yaitu dimasak dalam bungkus daun pisang. Nama Garang Asem sendiri diambil dari cara mengolahnya yang dikukus atau digarang.

Untuk membuat satu hidangan cara masak garang asem ayam diperlukan satu ekor ayam yang dipotong menjadi 16 bagian sebagai bahan utamanya. Sementara itu bahan-bahan lainnya adalah bawang merah dan putih, cabe rawit hijau, daun salam, lengkuas, serai, belimbing sayur, tomat hijau, dan jahe. Semua bahan tersebut diiris tipis, kecuali cabe rawit hijau.Setelah dibungkus daun pisang, Garang Asem dikukus selama 15 menit.

Cara masak garang asem ayam sangat sederhana, awalnya tumis bumbu yang telah diiris hingga halus. Setelah itu masukkan ayam, garam, gula, daun salam, lengkuas, jahe, dan serai. Masak hingga ayam menjadi sedikit empuk. Sediakan daun pisang yang tebal, jika dirasa perlu tambahkan daun pisang secara berlapis agar tidak bocor. Setelah itu masukkan ayam bersama kuahnya, lalu tambahkan irisan belimbing sayur, tomat ijo, dan cabe rawit. Kukus selama sekitar 15 menit saja.

Cita rasa segar dari kuah Garang Asem berasal dari belimbing sayur yang menjadi bahan pelengkapnya. Sementara itu, kuahnya yang berasal dari kaldu asli rebusan ayam menjadikan cara masak garang asem ayam memiliki kuah yang cenderung bening, namun hangat dan segar di badan.  Bila Mom ingin yang bersantan tinggal menambahkan santan saja pada kuahnya.

Ada satu tips untuk menghasilkan cita rasa cara masak garang asem ayam  yang super lezat, dan gurih, serta pas bersanding dengan asamnya belimbing sayur, yaitu dengan memilih ayam kampung sebagai bahan utamanya. Pilihan itu bukan tanpa sebab, selain diyakini mampu menghasilkan kuah kaldu yang lebih gurih, daging ayam kampung tidak mudah hancur karena proses pengukusan yang lama.

Bahan-bahan cara masak garang asem ayam:

  • 1 kg ayam (saya pakai ayam kampung muda)
  • 1 liter santan, bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera (dari 1/2 butir kelapa)
  • 10 buah belimbing wuluh (potong 1 cm)
  • 3 buah buah tomat hijau (potong2)
  • 2 tomat merah (potong2)
  • 6 lembar daun salam (robek2 kasar)
  • 6 lembar daun jeruk (robek kasar)
  • 20 biji cabe rawit utuh
  • 2 batang serai (memarkan)
  • Secukupnya garam, gula & lada bubuk
  • 1 ruas lengkuas (memarkan/iris tipis)
  • 1 ruas jahe (memarkan)
  • 8 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih

Langkah-langkah cara masak garang asem ayam :

Waktu memasak :  +/- 40 menit

  1. Siapkan semua bahan & cuci bersih.
  2. Potong ayam sesuai selera, sebaiknya dipotong agak kecil supaya mudah dibungkus.
  3. Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bawang merah & bawang putih sampai wangi, masukkan serai, jahe & lengkuas, aduk rata, masukkan ayam aduk2 sampai berubah warna, matikan api. Tuangi santan, aduk rata,bumbui garam, gula & lada bubuk, tes rasa.
  4. Tumpuk 2 lembar daun pisang yg agak lebar. Bila kuatir bocor bisa lapiskan plastik diantara 2 tumpuk sauh pisang lalu tata irisan belimbing wuluh, tomat hijau, cabe rawit utuh, daun salam &daun jeruk yang sudah dirobek2, tata beberapa potong ayam & tuangi kuahnya, bungkus bentuk tum, semat dengan lidi/tusuk gigi, lakukan sampai habis.
  5. Kukus ayam dalam dandang yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, kukus ya Mom selama kurang lebih 20-30 menit, angkat, sajikan segera.

Selamat mencoba resep cara masak garang asem ayam pilihan kami ya Mom.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply