Cara Masak Fried Chicken Tepung Krispi

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
10

Fried chicken adalah nama umum untuk ayam goreng tepung yang krispi dan renyah.  Siapa sich yang tidak suka ayam goreng tepung yang krispi? Hampir semua kalangan menyukainya, itu sebabnya makanan yang satu ini banyak ditemukan dimana-mana, mulai dari restoran cepat saji ternama hingga juga banyak ditemukan dipenjual biasa di lapak pinggir jalan. Sangkin enaknya, resep cara masak fried chicken paling banyak dicari. Banyak yang ingin bisa membuat fried chicken yang krispi dan keriting. Mom juga, kan?

Kenikmatan dan daya tarik dari ayam goreng tepung terletak pada kerenyahan kulit luarnya dan kelembutan dagingnya. Sekilas terlihat mudah untuk membuat ayam goreng seperti ini. Hanya tinggal celup dalam cairan tepung kemudian balur dengan tepung kering lalu goreng di minyak panas,  apalagi saat ini banyak tersaji tepung balur instan. Namun, pasti Mom pernah mengalami hasil gorengan ayam tepung yang mengecewakan. Lapisan renyah ayamnya tak seperti yang ada di restoran. Tak cuma soal kulit, ayamnya pun termasuk cepat ‘lembek’ dan basah. Jauh berbeda dengan ayam goreng restoran cepat saji. Terlihat mudah Mom, tetapi bila tidak mengetahui cara masak fried chicken yang tepat maka hasilnya akan mengecewakan seperti itu.

Nah, ternyata untuk membuat ayam goreng tepung keriting, tahan lama dan renyah, Mom perlu mengetahui tips rahasianya yang kami bagikan di bawah ini.  Intip yuk Mom.

Adonan Tepung

Ayam goreng tepung punya 2 adonan pencelup  yaitu adonan kering dan adonan basah.  Untuk menddapatkan cara masak fried chicken yang tepat maka kedua adonan itu harus diramu dengan tepat.

Adonan Basah

Adonan basah untuk ayam goreng tepung terdiri dari tepung terigu yang dicampurkan dengan tepung maziena secukupnya serta ditambahkan air es (air yang sangat dingin) hingga adonan kental tetapi masih bisa menetes bukan menggumpal seperti aonan rotin.  Lalu tambahkan sedikit saja baking powder pada adonan basah yang sudah jadi.

Adonan Kering

Selain adonan basah, Mom juga harus menyediakan adonan keringnya ya.   Adonan kering cara masak fried chicken adalah campuran dari tepung terigu dan maizena dengan perbandingan 4:1.  Hati-hati mengukurnya ya Mom.  Pergunakan sendok takar yang sama, di mana untuk setiap 4 sendok takar tepung terigu tambahkan hanya 1 sendok takar maizena.

Teknik Pembaluran Ayam Dengan Tepung

Sebelum Mom menyiapkan kedua adonan di atas,  Mom sebaiknya membumbui ayam dengan garam dan merica, kemudian diamkan 30 menit.  Setelah itu lalu mulailan membalurkan potongan ayam ke dalam adonan kering. Jika Mom inginkan hasil cara masak fried chicken yang keriting pada tepungnya maka saat pertama membalurkan dengan adonan kering ini, remas-remas ayam dengan ujung jari supaya keriting sempurna.Kemudian celupkan pada adonan basah. Balur ayam satu per satu. Jangan terlalu banyak sekaligus.  Ayam yang sudah dibalur sebaiknya langsung digoreng. Jangan didiamkan dulu karena tepung yang keritingnya akan jadi hancur.

Teknik Menggoreng

Perhatikan juga cara menggorengnya ya Mom.  Goreng ayam dalam minyak yang banyak. Semua ayam harus terendam. Bila Mom tidak mempunyai alat penggorengan deep fry maka Mom sebaiknya menggunakan wajah yang agak datar lalu isikan dengan minyak banyak. Hindari penggunaan wajan yang terlalu melengkung sebab nanti ayam akan berkumpul didasar wajan yang melekuk dan menempel satu sama lain. Pada saat ayam digoreng, jangan sering dibolak balik. Membolak balik ayam akan menghancurkan tepung keritingnya.  Goreng dalam minyak panas tapi api kecil supaya matang sempurna, inilah rahasia cara masak friend chicken yang krispi.

Bagaimana Mom sekarang sudah tahu ya rahasianya.  Ayam goreng tepung yang renyah di dapat dari penggunaan baking powder dan air es. Lalu tepung yang keriting di dapat dari teknik peremasan menggunakan ujung jari saat awal membalur di adonan kering dan untuk kerenyahan yang tahan lama, penggorengan yang agak lama dan penggunaan baking powder menjadi kuncinya.

Selamat mencoba cara masak fried chicken ini , Mom. Dijamin olahan Mom tak kalah renyah dan krispinya dari atam goreng di restoran cepat saji.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply