Cara Masak French Fries yang Renyah

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
7

Siapa yang tidak kenal dengan french fries?  Bila ada yang tidak suka dengan french fries mungkin perlu tahu bahwa french fries adalah nama lain dari kentang goreng.  Nah, bila disebut kentang goreng, pasti Mom juga suka ya.  Apalagi anak-anak.  Kentang goreng yang renyah akan menjadi pilihan yang sangat enak saat disantap bersama dengan sosis goreng nugget goreng dilengkapi dengan cocolan saos tomat dan saos sambal. Yummy.  Tetapi ternyata meski kelihatannya mudah cara masak french fries yang tepat tidak banyak yang tahu,  akibatnya kentang goreng yang dihasilkan tidak terasa renyah.  Keluhannya biasanya terasa berminyak dan kemudian cepat melempem saat mulai dingin. Mom pernah mencoba membuatkan kentang goreng untuk anak-anak?  Menghadapi masalah yang sama?

Jangan putus asa, Mom. Yuk, kita intip tips cara masak french fries yang bisa dilakukan di rumah dengan cukup mudah!

 

  1. Pilih kentang yang berukuran besar. French fries di restoran tidak ada yang ukurannya pendek-pendek, kan? Nah, maka dari itu, untuk membuat french fries ala restoran, sebaiknya Mom menggunakan kentang yang berukuran besar. Tujuannya, supaya kentang dapat dipotong memanjang dengan cantik dan memiliki ketebalan yang pas untuk digoreng nanti.
  2. Kupas dan potong kentang memanjang sama rata. Kupas kentang hingga tidak ada lagi kulit yang tersisa, lalu potong secara memanjang dengan ukuran dan tebal yang sama rata. Untuk memudahkan pemotongan, Mom bisa menggunakan alat potong french fries praktis yang banyak dijual di pasar. Dengan alat ini, anda tinggal menaruh kentang bulat-bulat, kemudian dorong jaring pemotongnya. Kentang pun akan terpotong panjang seperti french fries restoran.Kentang yang sudah dipotong, jangan lupa untuk direndam di dalam semangkuk air dingin supaya tidak berubah warna menjadi gelap.
  3. Cuci kentang hingga air cucian bening. Kentang mentah kalau disentuh terasa memiliki lapisan seperti tepung. Lapisan ini harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum kentang diolah dengan cara masak french fries menjadi kentang goreng yang renyah. Caranya hampir sama seperti mencuci beras. Kentang yang sudah dipotong, dimasukkan ke dalam mangkuk berisi air, lalu diaduk-aduk hingga kotoran mulai luntur ke air. Buang air cucian tersebut, kemudian ulangi pencucian kentang hingga air cucian bening.
  4. Rebus kentang di dalam air mendidih selama 3 menit. Langkah selanjutnya ini mirip-mirip seperti memblansir. Kentang direbus di dalam air mendidih sebentar saja. Kira-kira sekitar 3 menit dan kemudian tiriskan. Saat merebus, Mom juga bisa menambahkan bumbu seperti garam dan bawang putih yang digeprek untuk rasa dan aroma kentang.
  5. Masukkan kentang ke kulkas selama 15 menit. Setelah air tiris, masukkan kentang ke dalam wadah. Usahakan jangan terlalu padat, supaya kentang tidak hancur. Kemudian, masukkan kentang ke dalam kulkas selama kurang lebih 15-20 menit untuk mendapatkan tekstur luar kentang yang padat sehingga saat diolah engan cara masak french fries tidak hancur.
  6. Taburi kentang dengan tepung maizena; bekukan di freezer selama 2 jam. Kalau sudah lewat 20 menit, keluarkan kentang dari kulkas. Taburkan 2 sdm tepung maizena ke atas potongan kentang tersebut, lalu aduk-aduk supaya tepung menyebar dengan rata. Tutup kembali wadah dan bekukan potongan kentang berbalut tepung maizena di dalam freezer selama kurang lebih 2 jam. Tepung maizena ini akan membuat french fries yang dihasilkan menjadi renyah di luar dan lembut di dalam.
  7. Goreng kentang sebanyak 2 kali dengan cara deep fry. Rahasia cara masak french fries yang bisa menghasilkan french fries ala restoran adalah penggorengan yang dilakukan 2 kali. Penggorengan pertama dilakukan sampai kentang setengah matang, kira-kira sekitar 2-3 menit. Ciri-ciri kentang yang sudah setengah matang ini adalah warnanya yang kuning keemasan. Tiriskan kentang setengah matang tersebut hingga dingin, lalu goreng lagi untuk kedua kalinya. Kali ini hingga kentang benar-benar matang dan berwarna kuning kecokelatan.Kedua langkah penggorengan french fries ini harus dilakukan secara deep fry dan dalam minyak yang panas, sekitar 170℃. Menggoreng dengan metode deep fry dalam minyak panas akan membuat french fries matang dengan cepat dan merata, serta memiliki kerenyahan yang sempurna.
  8. Beri taburan sesuai dengan selera. Supaya french fries terasa gurih, tambahkan taburan di atas french fries sudah matang sesuai dengan selera.  Bisa hanya dengan garam atau dengan bumbu bubuk rasa keju, rasa bbq, hingga bubuk oregano untuk mendapatkan citarasa yang berbeda.

 

Wah, ternyata itu ya, Mom, rahasia cara masak french fries renyah ala restoran cepat saji.  Tidak sulit dan bisa dipraktikkan di rumah.  Selamat mencoba.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply