Cara Masak Flaxseed, Makanan Sehat untuk Sehari-Hari

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
15

Mom punya masalah dengan kelebihan berat badan?  Jika iya dan ingin mengatasi masalah berat badan dengan cara yang aman dan sehat, Mom bisa memulainya dengan mengkonsumsi makanan sehat yang berasal dari dari biji bunga ini.  Biji bunga ini, ternyata tak hanya bisa membantu program diet tetapi juga mengatasi banyak masalah kesehatan yang lain asalkan Mom tahu cara masak flaxseed yang tepat.  Bagaimana caranya?  Baca terus artikel ini ya. Tapi sebelumnya mungkin masih banyak yang belum mengenal jenis bijian yang satu ini. Flaxseed , merupakan salah satu jenis makanan sehat yang berupa biji-bijian. Sepintas, flaxseed mirip sekali dengan biji bunga matahari dengan warna merah kecokelatan hanya saja ukurannya lebih kecil.

Flaxseed banyak dijumpai di Amerika dan juga Kanada. Hal ini dikarenakan iklimnya sangat sesuai sehingga memudahkan flaxseed tumbuh dengan subur. Kandungan omega 3 nabatinya cukup tinggi, sekitar 3,160 mg per 15gr. Selain kandungan omega 3 nabati, flaxseed juga sangat baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

  1. Meningkatkan kesehatan jantung. Asam lemak omega 3 yang terdapat dalam flaxseed mencegah pembekuan darah di dalam jantung dan menurunkan kolesterol jahat dalam darah.
  2. Mengendalikan gula darah. Flaxseed mengandung 3 komponen yang dapat mencegah diabetes yakni serat yang dibutuhkan sehari-hari, lignan dan asam lemak Omega-3.
  3. Menurunkan tekanan darah. Kandungan asam lemak Omega-3 yang tinggi dalam Flaxseed melenturkan sistem pembuluh darah sehingga tekanan darah yang tinggi akan turun secara alami, namun tidak drastis.
  4. Membantu meringankan gejala menopause. Dari hasil riset flaxseed dapat merupakan sebuah terapi untuk meringankan gejala menopause.
  5. Meningkatkan kesehatan ginjal. Dari hasil percobaan klinis, Flaxseed dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi ginjal bagi pasien yang mengalami penyakit SLE (Systematic Lupus Erythematosus).
  6. Meningkatkan kekebalan tubuh terhadap bakteri dan virus. Kandungan Lignan dan Omega-3 dalam Flaxseed berguna untuk meningkatkan kesehatan sel-sel tubuh termasuk zat-zat penting eicosanoids dan cytokines yang notabene berperan dalam mengendalikan kekebalan tubuh.
  7. Membantu mencegah perkembangan sel-sel kanker. Flaxseed mengandung tiga unsus pokok yang berperan dalam pencegahan perkembangan sel-sel kanker. Tiga unsur pokok tersebut adalah lignan, asam lemak Omega-3 dan serat.

 

Setelah mengetahui manfaatnya yang luar biasa, yuk kita cari tahu bagaimana cara masak flaxseed menjadi makanan yang sehat dan penuh gizi.

 

Buat Mom yang masih bingung cara mengolah flaxseed menjai makanan sehat, maka berikut ini ada beberapa cara enak makan flaxseeds :

  1. Campurkan susu rendah lemak dan cereal, lalu taburi flaxseed untuk menddapatkan tambahan protein. Bila Mom menginginkan tambahan proteindalam jumlah besar maka Mom bisa menambahkan lebih banyak lagi flaxseed.
  2. Aduk flaxseed ke dalam semangkuk oatmeal hangat. Tinggal dimakan, selagi hangat.
  3. Masukan 1 sendok makan flaxseed ke dalam segelas jus buah atau smoothies. Bisa juga diblender sebelumnya atau bersamaan.
  4. Cara masak flaxseed lainnya adalah dengan mengkombinasikan yoghurt, buah potong dan flaxseed. Jadi deh Mom salad buah enak dengan kandungan omega 3 tinggi.
  5. Flaxseed bisa ditabukan pada cream soup sebagai penambah rasa.
  6. Tambahkan pada adonan kue bolu, muffin atau cookies sebelum dipanggang.

Intinya,  Mom bisa menambahkan flaxseed pada makanan apa pun baik untuk mendapatkan tekstur yang garing dan vitamin serta protein yang lebih banyak.

 

Flaxseed bisa disimpan dalam wadah kedap udara atau plastik dengan zip ya Mom.  Letakan di tempat yang sejuk dan tidak terkena cahaya matahari langsung. Flaxseed dapat bertahan selam 4 bulan. Menyimpannya di kulkas  bisa menambah daya tahan flaxseeds sehingga bisa dengan mudah digunakan untuk cara masak flexseed apa pun yang Mom inginkan.  Praktis bukan?  Yuk, Mom dicoba!

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply