Cara Masak Fillet Kakap

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
8

Cara masak fillet kakap, mudah saja. Bagi masyarakat Indonesia, mengonsumsi ikan merupakan hal yang biasa dilakukan karena ikan banyak dijual di pasaran dan saat ini juga sedang sangat digalakkan pemerintah untuk menjadi pilihan sumber protein utama. Sebagian besar wilayah Indonesia adalah lautan, itulah sebabnya tidak sulit mencari hewan laut yang dapat dikonsumsi di pasaran. Salah satu ikan laut yang banyak dikonsumsi adalah ikan kakap. Ikan kakap biasanya hidup di dasar karang atau terumbu karang dan hidup secara berkelompok. Mom pasti sudah akrab ya dengan ikan kakap dan kali ini kami akan berikan resep cara masak fillet kakap.

Ikan kakap sendiri memiliki berbagai jenis, seperti ikan kakap merah atau L. Campechanus, kakap kuning, kakap hitam dan kakap putih atau dengan nama latin Lates calcarifer bloch. Meskipun memiliki jenis yang berbeda, ikan kakap memiliki manfaat yang sama. Seperti mengonsumsi ikan laut pada umumnya, mengonsumsi ikan kakap juga memiliki banyak manfaat. Kandungan gizi dalam ikan kakap dipercaya sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Kandungan Gizi Ikan Kakap

Mengonsumsi ikan laut seperti ikan kakap, sangat baik untuk menjaga nutrisi tubuh. Hal ini disebabkan karena banyak gizi yang terkandung di dalam ikan kakap apalagi bila diolah dengan cara masak ikan kakap. Kandungan gizi yang terdapat dalam 100 gram ikan kakap terdiri dari:

  • Energi 92 kilokalori
  • Protein 20 gram
  • Lemak 0,7 gram
  • Kalsium 20 mg
  • Fosfor 200 mg
  • Zat besi 1 mg
  • Vitamin A 30 IU
  • Vitamin B1 0,05 mg

Selain zat gizi yang terdapat di dalamnya, ikan kakap juga memiliki berbagai zat yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencukupi nutrisi tubuh. Beberapa zat yang terkandung di dalam ikan kakap seperti selenium, kalium, dan omega 3 diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

 

 

Persiapan untuk Memfillet Ikan Kakap

  1. Gunakan pisau khusus untuk mem-fillet. Anda dapat membeli pisau yang dirancang khusus untuk mem-fillet ikan; pisau ini cukup handal untuk mengerjakan tugasnya. Namun jika Anda tidak dapat memperolehnya, pilihlah pisau yang panjang, tipis, dan cukup tajam. Pisau jenis ini dapat membantu Anda memotong daging ikan dari tulangnya dengan rapi. Jangan menggunakan pisau bergerigi untuk mem-fillet ikan; pisau jenis ini akan merusak daging yang halus.Asah pisau Anda sebelum mulai bekerja.
  2. Siapkan area untuk bekerja. Mem-fillet ikan akan banyak menyisakan kotoran, jadi ada baiknya menyiapkan area terlebih dahulu. Anda membutuhkan talenan yang cukup besar. Anda dapat melapisi talenan dengan koran atau kertas roti supaya mudah dibersihkan. Sediakan piring bersih untuk fillet.
  3. Siapkan ikan yang ingin di-fillet. Bilas dengan bersih menggunakan air dingin. Keringkan ikan dengan tepukan lembut menggunakan tisu dapur jika Anda ingin. Letakkan ikan secara horizontal di atas talenan dengan bagian ekor ikan menghadap ke arah Anda.

 

Memfillet Ikan

  1. Memotong kepala ikan. Tempelkan pisau di belakang insang dan potong ke arah bawah dengan sudut yang sedikit diagonal (ke arah kepala) menembus tulang. Balikkan ikan dan buatlah potongan diagonal lain. Ambil dan buang kepala ikan.
  2. Membuang ekornya. Tempelkan pisau di titik pertemuan antara ekor dan badan ikan kemudian potong lurus ke bawah menembus kulit dan tulang ikan. Ambil dan buang ekornya.
  3. Arahkan pisau ke belakang penutup insang. Angkat sedikit penutup insang menjauh dari badan ikan dan masukkan pisau kemudian potong ke bawah sampai pisau menyentuh tulang punggung. Gerakkan pisau sehingga sejajar dengan tulang rusuk lalu dorong ke bawah supaya ujungnya memotong hingga kira-kira ke bagian tengah bawah badan ikan. Selanjutnya jalankan pisau ke sepanjang tulang rusuk untuk memisahkan daging ikan dari tulang rusuk.
  4. Tempelkan pisau pada bagian ventilasi , yaitu lubang kecil yang terletak di sisi bagian bawah ikan. Lanjutkan memotong di sepanjang tulang sampai ke ekor.
  5. Menarik fillet. Tarik fillet dari tulang rusuk, dan gunakan pisau untuk melepaskannya jika masih menempel. Angkat fillet lalu letakkan di atas piring yang sudah disiapkan.
  6. Balikkan ikan dan sisipkan pisau di balik penutup insang. Dengan menggunakan metode yang sama, iris ikan sampai pisau mengenai tulang punggung. Putar pisau sehingga sejajar dengan tulang rusuk, dorong ke bawah sampai ujungnya memotong bagian tengah terus ke bawah badan ikan lalu gerakkan pisau di sepanjang tulang rusuk untuk memisahkan daging dari tulang rusuk.
  7. Tekan pisau melalui ventilasi. Teruskan memotong daging di sepanjang tulang sampai ke ekor.
  8. Menarik fillet. Dengan hati-hati, tarik fillet dari tulang rusuk dan gunakan pisau untuk melepaskan bagian yang masih menempel. Pisahkan fillet dari tulang dan letakkan di atas piring.

Cara masak fillet kakap

Ikan kakap adalah masakan ikan yang disuka siapa saja. Mudah dibuat dan akan jadi kesenangan semua usia. Pada artikel kali ini yuk kita buat fillet kakap asam manis yuk Mom. Rasa kombinasi asam manis akan memberikan rasa yang menantang untuk memanjakan lidah.

  1. Membuat Kakap Goreng Tepung
  • Bersihkan ikan. Pisahkan daging dari tulangnya (fillet). Potong sesuai selera.
  • Lumuri dengan air jeruk nipis. Diamkan selama 5 menit, bilas dengan air. Sisihkan.
  • Siapkan wadah. Masukkan tepung sagu. Lumuri potongan kakap hingga rata. Angkat.
  • Siapkan wajan. Panaskan minyak. Goreng potongan kakap yang telah dilumuri dengan sagu hingga matang berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  1. Membuat Saus Asam Manis
  • Siapkan wajan. Panaskan minyak. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  • Masukkan air lalu rebus hingga mendidih.
  • Masukkan bahan saus kecuali irisan daun bawang dan sagu. Aduk rata. Masak hingga bahan sayuran layu. Masukkan irisan daun bawang dan cabe merah.
  • Kentalkan kuahnya dengan cairan sagu. Aduk rata. Angkat.
  1. Penyajian
  • Siapkan piring hidang. Letakkan kakap goreng tepung lalu siram dengan saus asam manis.
  • Sajikan saat masih panas.

 

Selamat mencoba cara masak fillet kakap asam manis ini untuk dihidangkan bagi keluarga.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply