Cara Masak Entok yang Empuk dan Tidak Amis

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
10

Kali ini kita akan berbagi cara masak entok yang empuk dan tidak amis,  tapi sebelum kita membahas cara memasaknya,  tahukah Mom perbedaan entok dan bebek?

Secara fisik,  ternyata bebek dan entok serupa tapi tidak sama. Istilah ini cocok untuk menggambarkan bebek dan entok. Karena masih dalam satu keluarga, kedua hewan ini memang terlihat mirip. Tetapi, ternyata keduanya berbedda secara fisik. Bebek biasanya memiliki postur yang lebih kurus dan tegak ketika berdiri. Sementara itu, entok memiliki postur yang lebih gemuk dan pendek. Selain postur tubuh, bebek dan entok juga memiliki perbedaan pada warna bulu. Bebek memiliki warna bulu kecokelatan, sedangkan bulu entok memiliki perpaduan warna, yakni hitam pada bagian tubuh dan putih pada bagian leher.

cara masak entok

Meskipun kedua hewan ini,  juga menghasilkan telur seperti ayam, tetapi bebek dan entok lebih merupakan unggas pedaging. Jadi, daging kedua hewan ini lebih sering dimanfaatkan daripada telurya. Jika membandingkan keduanya, daging entok ternyata lebih tebal dan empuk daripada daging bebek, sehingga cara masak entok sedikit lebih mudah dibandingkan mengolah bebek. Sementara itu daging bebek akan terasa lebih berserat dan alot ketika kita makan. Tetapi meskipun harga keduanya hampir sama, namun karena bebek yang lebih banyak dibudidayakan, maka Mom akan lebih menemukan bebek di pasaran dibandingkan entok.

Masalah yang seringkali muncul Mom saat mengolah entok ini addalah membuat agar ddaging entoknya lembut dan empuk.  Sama seperti daging bebek, mengolah daing entok juga harus dengan cara masak entok  yang tepat karena bila tidak tepat maka dagingnya akan menjadi kering,  berserat dan agak alot.  Tapi tidak perlu khawatir Mom karena ini dia cara membuat olahan entok agar tidak bau amis dan dagingnya empuk.

Tips agar daging entok empuk dan tidak amis yang bisa Mom diikuti ya :

  1. Belilah entok dengan umur yang tidak terlalu tua , kurang lebih berumur 3 bulan.
  2. Cuci Bersih Daging. Hal pertama yang harus Mom lakukan adalah membersihkan daging entok yang akan diolah. Pastikan untuk membersihkannya hingga menyeluruh tanpa meninggalkan sisa bulu, karena bulu yang tersisa akan meninggalkan bau amis. Jangan lupa juga untuk membersihkan jeroan dan kemudian buang bagian ekor atau brutunya.
  3. Rendam dengan Daun Pepaya. Setelah selesai dibersihkan, potong daging entok sesuai selera. Lalu, cuci kembali daging entok dengan menggunakan daun pepaya yang sudah dihaluskan. Tiriskan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih. Nah, cara masak entok sudah hampir siap Mom.
  4. Gunakan Jeruk Nipis. Agar bau amisnya benar-benar hilang dan tidak tercium, Mom juga bisa melumuri potongan entok dengan air jeruk nipis dan mendiamkannya selama 30 menit.
  5. Rebus dengan Rempah. Kemudian, rebus daging entok yang sudah dibersihkan dengan menggunakan rempah-rempah seperti daun jeruk, daun salam, serai dan lengkuas. Rebus daging entok selama kurang lebih satu jam untuk menghilangkan aroma amis.
  6. Rebus Bersama Potongan Nanas. Mengingat tekstur daging entok yang lebih keras dibandingkan dengan daging ayam, maka rebuslah daging entok dengan potongan buah nanas untuk membuat teksturnya menjadi empuk.

Sekarang ini dia resep cara masak entok rica-rica yang siap mengugah selera Mom dan keluarga.

Bahan-bahan rica-rica Entok :

  • Entok atau itik 1 ekor ( di potong-potong sesuai selera )
  • Minyak goreng secukupnya ( digunakan untuk menumis )
  • Air matang 150 mili liter
  • Daun jeruk nipis 5 buah
  • Air jeruk nipis 1 sendok makan

Bahan Tumisan Rica-rica Entok :

  • Serai 2 batang
  • Bawang merah 8 butir ( dirajang tipis )
  • Daun salam 1 buah

Bumbu Halus Rica-rica Entok :

  • Cabai merah 10 buah ( bisa di tambah atau dikurangi sesuai selera )
  • Cabai rawit merah 10 buah ( bisa di tambah atau dikurangi sesuai selera )
  • Bawang putih 6 siung
  • Jahe 3 centi meter

Cara masak entok rica-rica :

  1. Langkah awal tumis semua bahan tumisan hingga bawang merah matang dan terlihat agar kecoklatan .
  2. Selanjutnya tuang bumbu halus dan daun jeruk ke dalam tumisan , tumis hingga tercium aroma harum .
  3. Setelah itu masukkan potongan daging entok , aduk-aduk hingga rata sekitar 3 menit .
  4. Tuang air , aduk sebentar , lalu tutup wajan. Biarkan hingga air agat asat atau menyusut dan bumbu meresap ke daging .
  5. Terakhir tuangkan air jeruk nipis , aduk hingga rata. Biarkan hingga air benar-benar menyusut atau berair sedikit (sesuai selera).

Selamat mencoba cara masak entok rica-rica ini ya Mom!

 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply