Cara Masak Empek-Empek Empuk dan Garing

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
8

Empek-empek, wah siapa ya yang tidak suka masakan khas Sumatera Selatan ini? Hampir semua menyukai rasanya yang khas,  bahkan bukan hanya kita lho Mom, kabarnya empek-empek suah mulai dikenal di mancanegara.  Empek-empek yang asli terbuat dari olahan daging ikan tengiri yang dicampurkan dengan tepung tapioka hanya saja bila tidak benar-benar paham cara masak empek-empek yang benar,  maka empek-empek yang dihasilkan bsa menjadi alot dan sulit dikunyah.  Bila itu yang terjadi pasti tidak sedap lagi ya rasanya.  Selain pada empek-empek yang seharusnya kenyal dan gurih,  rahasia nikmatnya empek-empek juga ada pada kuah cuka yang selalu menyertainya.  Cuko kata orang Palembang.  Tanpa cuko yang pas rasanya maka empek-empek juga akan kehilangan kenikmatannya.

cara masak empek-empek

Empek-empek sendiri ada beberapa macam dan bentuknya :

  1. Pempek Kapal Selam. Pempek Kapal Selam ini pempek paling besar dan didalamnya diisi telur.
  2. Pempek Telor. Sama seperti pempek kapal selam, tetapi lebih kecil ukurannya.
  3. Pempek Lenjer. Pempeknya dibentuk memanjang dengan 2 ukuran : lenjer besar dan lenjer kecil.
  4. Pempek Adaan. Dibentuk seperti bola, sehingga kadang disebut pempek bulat.
  5. Pempek Keriting. Pembuatannya pakai cetakan. makanya bentuknya keriting seperti kerupuk.
  6. Pempek Pistel. Pempek ini biasanya pakai isi, dari pepaya muda yang sudah dimasak sebelumnya. Ukuran dan bentuknya mirip dengan pempek telor namun bagian tepinya di bentuk gelombang kipas.  Pempek ini kurang tahan lama sehingga kurang banyak peminatnya.
  7. Pempek Kulit. Pempek ini dari kulit ikan. Garing rasanya. Biasanya disajikan setelah digoreng.
  8. Pempek Panggang. Pempek ini biasanya dipanggang lalu diisi pakai udang kering dan ddicocolkan dengan cuko yang kental.
  9. Pempek Lenggang. Pempek ini biasanya digoreng dengan dilapisi telur yang sudah dikocok sebelumnya.

 

Setelah tahu berbagai jenis empek-empek, yuk Mom kita cari tahu rahasia cara masak empek-empek  yang legit dan kenyal serta gurih. Nah, ini dia Mom beberapa tips rahasianya :

  1. Gunakan ikan segar. Pempek bisa dibuat dari ikan tenggiri atau ikan belida yang diambil dagingnya.Ikan harus segar dan dingin agar pempek bisa kenyal dengan sendirinya.
  2. Perbandingan Ikan : tepung kanji maksimal 1:1. Perbandingan jumlah ikan dan tepung sagu akan mempengaruhi rasa pempek.Kalau tepung kanji kebanyakan, pempek akan menjadi keras dan liat.Sebaliknya kalau sedikit, pempek lebih empuk, namun kadang keriput hasilnya.   Tetapi semuanya tergantung selera juga sih Mom, kalau Mom suka yang kenyal, tentu tepung kanji harus agak banyak.Sebaliknya jika suka yang empuk, gunakan sedikit saja tepung sagu.Tapi maksimalnya, jumlah ikan dan tepung sagu harus setara, 1:1. Kalau mau lebih enak lagi, perbandingan ikan dan tepung sagu adalah 1 : 1/2.
  3. Gunakan tepung sagu yang berkwalitas baik agar hasilnya enak dan legit.
  4. Daging ikan harus dingin. Penggunaan daging ikan yang dingin pada cara masak empek-empek akan menghasilkan pempek yang kenyal. Karena itulah banyak orang yang menggunakan es batu saat mencampur ikan dengan sagu. Tujuannya supaya daging ikan menjadi kenyal.
  5. Jangan pernah menguleni adonan pempek. Pencampuran ikan dan sagu sebaiknya tidak diuleni agar hasil pempek tidak liat.Adonan cukup dicampur dengan cara diaduk cukup sampai rata.Jadi jangan pernah menguleni adonan.
  6. Selain itu, kita juga perlu menambahkan minyak dalam air rebusan.Cara ini akan membuat pempek tidak lengket di dasar panci.Pempek juga akan tampil mengkilap setelah matang persis seperti yang dijual di pasaran.Kalau pempek kenyal dan cantik sudah dipiring, tinggal membuat cuko asam dan pedas untuk teman makannya.

 

Nah, berikut ini akan diberikan tips cara masak empek-empek  khususnya cara membuat cuka pempek yang enak, gurih dan kental yang dapat mengimbangi rasa pempek enak. Berikut langkah-langkahnya ya Mom.

Langkah pertama, giling bawang putih dan cabai rawit merah atau hijau.Tak dapat dipungkiri bahwa bawang putih adalah perasa alami yang membuat sebuah masakan menjadi lebih enak dan gurih, tak terkecuali cuka pempek. Salah satu rahasia kenikmatan kuah pempek terdapat pada banyaknya bawang putih. Jika ingin rasa cuka maksimal perbanyaklah jumlah bawang putih, tapi juga jangan terlalu banyak.Untuk satu mangkuk ukuran sedang bisa memakai 5 sampai 6 biji bawang putih. Sedangkan cabai bisa digunakan sesuai selera, jika ingin pedas masukkan 10-15 biji cabai rawit merah atau hijau. Bawang Putih dan cabai kemudian digiling sampai halus. Untuk menambah rasa gurih pada cuka, masukkan udang kering atau ebi pada gilingan bawang dan cabai.

Langkah kedua, rebus gula merah dan asam jawa.Langkah kedua dari membuat cuka adalah merebus gula merah sesuai kebutuhan. Untuk satu mangkuk bisa dipakai 2 buah gula merah ukuran  sedang karena untuk menentukan kental atau tidaknya tergantung pada jumlah gula merah yang dipakai.Supaya rasa asin lebih terasa masukkan garam secukupnya pada air rebusan di awal sebelum gula merah dimasukkan. Setelah air mendidih dan gula merah mulai meleleh baru masukkan gilingan bawang putih, cabai, dan ebi ke air rebusan gula merah.Setelah gilingan bawang dan cabai tercampur, masukkan asam jawa sebanyak 50 gram dan jika ingin lebih ingin mendapat rasa masam, tambahkan lagi asam jawa atau cuka botol 1-2 sendok teh.Rebus semua bahan tadi hingga mendidih. Jika ingin lebih nikmat tambahkan tongcai (sayuran kering yang terbuat dari lobak yang direndam kecap asin sebelum dikeringkan) ke cuko pempek yang masih panas.

 

Bagaimana Mom, yuk dicoba cara masak empek-empek yang kenyal ddan legit ini.  Memang agak ribet ya,  tapi hasilnya pasti dapat dibanggakan.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply