Cara Masak Empal Goreng yang Empuk

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
8

Daging sapi adalah sumber protein yang bagus untuk tubuh kita dan rasanya juga enak.  Daging sapi bisa diolah menjadi berbagai menu yang enak,  dari yang sederhana dengan cara masak empal goreng sampai yang rumit seperti rendang atau balado.  Meskipun rasanya enak dan mudah menyiapkannya, terkadang ada bagian-bagian daging yang alot dan tidak empuk. Sehingga setelah diolah hasilnya alot dan keras sehingga sulit digigit dan dikunyah.

cara masak empal goreng

Agar daging bisa diolah dengan cara masak empal goreng yang lembut maka sebelum membumbui dan menggorengnya berikut ini ada beberapa tips yang bisa Mom ikuti  agar tekstrur daging sapi menjadi lebih empuk dan siap dibumbui. Yuk Mom kita simak tipsnya :

  1. Dengan menggunakan nanas muda yang masih berwarna hijau, lalu parut nanas sampai halus. Sembari memarut nanas, jangan lupa untuk memotong daging sesuai dengan ukuran yang diinginkan sambil menyiram air panas di atasnya lalu tiriskan. Setelah itu, lumuri daging dengan parutan nanas dan diamkan selama beberapa jam sebelum diolahdengan cara lain.
  2. Rahasia lain agar cara masak empal goreng menghasilkan empal yang empuk adalah dengan menggunakan kopi. Iya Mom,  ternyata kopi bisa dipakai untuk membumbui daging sekaligus membuat teksturnya jadi lebih empuk? Ya, Mom dapat memperkuat rasa daging dengan menggunakan kopi. Caranya pun cukup mudah, tinggal menyeduh kopi kental lalu diamkan sampai dingin. Selanjutnya rendam daging di dalam air kopi tersebut selama 24 jam. Apabila sudah direndam selama 24 jam penuh, Mom dapat langsung mengolah daging tersebut. Selain menjadi lebih empuk, daging yang direndam dengan kopi akan memiliki aroma yang lebih sedap ketika dimasak.
  3. Soda kue. Trik lain untuk membuat daging jadi lebih empuk gunakan soda kue untuk membuat daging yang alot jadi lebih lunak. Taburkan soda kue di seluruh bagian daging dan diamkan selama 1 jam. Soda kue bekerja dengan memecah kolagen sehingga menghasilkan tekstur daging yang lebih lunak. Setelah 1 jam, lanjutkan dengan merendam daging di dalam air dingin selama 15 menit, kemudian Mom bisa melanjutkan untuk mengolah daging tersebut.
  4. Tidak kalah dengan kopi, teh juga mampu membuat daging jadi lebih empuk dan memiliki aroma yang lebih harum. Bagaimana bisa teh membuat tekstur daging menjadi empuk? Kandungan tanin di dalam teh berfungsi sebagai pelunak daging alami. Untuk memanfaatkan teh sebagai pengemuk daging, Mom harus menyeduh teh hitam yang sangat kental dan pekat. Kemudian, rendam daging di dalam teh sambil ditekan-tekan agar air tehnya meresap ke dalam pori-pori daging. Diamkan daging di dalam air teh selama beberapa menit, angkat dan tiriskan daging, lalu Mom dapat langsung mengolah dengan cara masak empal goreng yang enak.

Setelah Mom tahu cara mengempukkan daging,  maka sekarang tinggal mengolahnya menjaddi empal goreng yang enak.

Bahan-bahan cara masak empal goreng:

  • 300 gr daging sapi tanpa lemak (pilih bagian paha)
  • 700 ml santan
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 sdm gula merah, sisir
  • 2 sdm air asam jawa
  • garam dan gula secukupnya

Bumbu halus pelengkap cara masak empal goreng:

  • 4 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 3 butir kemiri
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 sdm ketumbar
  • 1/2 sdt merica

Cara masak empal goreng :

  1. Iris daging setebal 1 cm. Campur santan bersama santan, bumbu halus dan bumbu kasar ke dalam panci.
  2. Masak daging hingga mendidih, kecilkan api. Masak terus daging sambil sesekali diaduk. Cicipi, tambahkan garam dan gula secukupnya jika masih dirasa kurang, hingga kuahnya setengah menyusut.
  3. Angkat daging, dan pukul-pukul dengan ulekan hingga pipih dan agak hancur.
  4. Masukkan kembali daging ke panci dan masak kembali daging ke dalam kuah hingga meresap dan kuah habis.
  5. Jika sudah matang, goreng empal sebentar, dan siap sajikan dengan nasi dan sambal favorit.

Selamat mencoba cara masak empal goreng yang empuk ini ya, Mom.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply