Cara Masak Empal Gentong Sesuai Resep Asli

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
9

Empal gentong adalah makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai hanya saja cara masak empal gentong memang sangat khas yaitu dimasak menggunakan kayu bakar di dalam gentong atau periuk dari tanah liat.  Oleh karena itu sebutannya menjadi empal gentong.  Meskipun disebut empal gentong,  tetapi yang diolah tidak hanya daging saja tetapi juga termasuk usus, babat dan jeroan sapi lainnya. Empal gentong berasal dari, Kabupaten Cirebon yang cukup terkenal, selain tahu gejrot dan docang.  Mom pernah mencicipinya?

cara masak empal gentong

Selain menggunakan kayu bakar dan gentong, makanan ini disajikan menggunakan kucai dan sambal berupa cabai kering giling.  Biasanya empal gentong dapat disajikan dengan nasi atau juga lontong. Lontong menurut orang Cirebon hanyalah beras yang dimasukan kedalam daun pisang yang sudah dibentuk silinder, tidak ada campuran lainnya, kemudian direbus selama 4 jam. Mau dinikmati dengan nasi atau pun lontong,  bila cara masak empal gentong dilakukan dengan tepat maka rasanya tetap nikmat.

Tapi masa sih harus jauh-jauh ke Cirebon ya Mom untuk bisa menikmati empal gentong yang nikmat ini?

Tentu saja tidak karena Mom bisa kok membuatnya sendiri di rumah  meski tanpa kayu bakar dan gentong kuali,  tapi hasilnya dijamin tetap enak dan menambah selera makan.  Ternyata untuk bisa cara masak empal gentong dengan rasa yang tidak kalah dengan yang aslinya maka berikut ini tips yang harus diperhatikan ya Mom :

  1. Pemilihan daging. Sebelum membuat empal gentong, sebaiknya pilihlah daging yang bagus. Sandung lamur atau sengkel bisa dipilih karena dagingnya tidak terlalu kering. Lalu bila suka dan tak ada pantangan dengan jeroan bisa ditambahkan karena akan memberi rasa yang khas. Untuk menghasilkan tekstur daging yang lebih empuk, disarankan agar dagingnya direbus dengan bantuan pressure cooker sekitar 20-25 menit tergantung berapa banyak dagingnya.
  2. Empal gentong biasanya dibuat dengan bumbu dasar kuning halus dengan ditambahkan lengkuas, kapulaga, star anise, sedikit kayu manis dan serai sehingga aromanya benar-benar wangi. Kemudian ditumis hingga harum dan masukkan potongan daging yang sudah empuk dan masukkan kuah kaldu dari sisa merebus daging tersebut hingga muncul bubling atau gelembung kecil.
  3. Untuk penggunaan santan pada cara masak empal gentong khas Cirebon ini, sebaiknya hindari menggunakan santan instan karena aroma gurihnya berbeda, pakailah santan asli. Saat air rebusan kaldunya sudah mulai muncul gelembung kecil, barulah masukkan santan.Agar tidak pecah, campur terlebih dahulu santan dengan sedikit air hangat dan masukkan pelan-pelan dan kecilkan apinya. Aduk perlahan supaya tidak pecah dan kalau sudah mendidih barulah dikecilkan apinya hingga kuah berbumbu meresap ke dalam daging.
  4. Beri pelengkap. Setelah matang, empal gentong bisa dihidangkan dengan potongan ketupat dan irisan kucai. Bisa juga dengan cabai bubuk, bila Mom suka.

 

Nah ternyata tidak terlalu sulit ya Mom,  memang mirip saja dengan membuat gulai pada umumnya. Yuk, dicoba cara masak empal gentong khas Cirebon ini di rumah! Disajikan sore hari saat hangat pasti nikmat ya Mom.  Bisa juga menjai pengganti opor saat Hari Raya Idul Fitri.  Selamat mencoba.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply