Cara Masak Egg Roll yang Lembut

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
10

Hai Mom, suka egg roll?  Suka membuatkan egg roll untuk bekal anak ke sekolah atau untuk sarapan? Atau Mom belum akrab dengan makanan khas ala Jepang dan Korea ini?  Sebenarnya sih, egg roll tidak berbeda jauh dengan telur dadar yang mungkin sudah menjadi menu favorite keluarga.  Hanya saja cara masak egg roll yang berbeda dengan telur dadar membuat penampilannya menjadi lebih menarik dan lebih menggugah selera.

cara masak egg roll

Egg roll mulai dikenal dan mulai disukai di masyarakat kita,  sejak mulai menjamurnya restauran cepat saji ala-ala Jepang dan Korea.  Ya, dikedua negara ini, egg roll memang menjadi salah satu menu favorite masyarakat dan hampir selalu disajikan di meja makan keluarga.  Bila Mom penggemar drama Korea,  pasti melihat ya bahwa kebiasaan masyarakat di negara ginseng itu adalah menyajikan cukup banyak macam lauk meskipun dalam porsi kecil dan cara masak egg roll menjadi salah satu menu favorit di sana.

Egg roll menjadi favorit karena terbuat dari bahan dasar telur ayam.  Sudah bukan rahasia lagi bahwa telur ayam memang banyak peminatnya. Selain mudah didapat,  harganya cukup terjangkau serta 99% telur bisa dikonsumsi,  hanya cangkangnya saja yang tidak bisa dikonsumsi.  Selain itu,  telur memang enak dan gurih rasanya. Hanya cukup dengan taburan sedikit garam dan merica saja rasanya sudah menggugah selera makan.  Selain itu semua,  telur ayam sendiri mengandung berbagai kandungan vitamin, mineral seperti vitamin A, ribovlafin, asam folat, vitamin B6, vitamin B12, zat besi, kalium, kalsium, fosfor dan sumber protein yang sangat tinggi. Selain itu kandungan yang terdapat dalam kuning telur itu sendiri yaitu mengandung vitamin A, D, dan vitamin E yang sangat bermanfaat bagi kulit.  Jadi tiddak salah lho Mom bila Mom menyajikan cara masak egg roll  chicken sebagai menu pilihan untuk bekal anak atau sarapan keluarga.

Ada sih perbedaan egg roll dan telur dadar?  Perbedaannya hanya pada cara memasaknya saja.  Bila telur dadar biasanya justru dibuat lebar dan tipis lalu dilipat memanjang atau justru sengaja dibuat tebal seperti telur dadar Padang,  maka cara masak egg roll biasanya dilakukan tidak di wajan yang bulat tetapi menggunakan wajan yang segi empat panjang lalu kocokan telur yang sudah ditambahkan dengan berbagai irisan sayuran (wortel, tomat, buncis dan lainnya) dan daging (daging ayam atau sosis), yang diiris dadau kecil dan tipis, ditambahkan perlahan-lahan ke dalam wajan sambil digulung memanjang kemuddian di potong agak tipis.  Nah, ada juga yang kemudian membalut potongan egg roll dengan tepung lalu di goreng kembali.

Mudah bukan?  Yuk Mom kita coba membuat menu telur yang sederhana ini,  dijamin rasanya enak dan juga menyehatkan.  Bila anak-anak sulit makan sayur, Mom bisa menambahkan bervariasi sayuran kedalam egg roll, pasti dilahap habis.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk cara masak egg roll  lembut ala restauran Korea :

  • Telur – 4 butir
  • Wortel, potong kotak-kotak kecil – 1 buah
  • Daun bayam, iris – 1 genggam
  • Tomat, buang bijinya dan potong kotak-kotak kecil – 1/2 buah
  • Daun bawang, iris halus – 1 batang
  • Garam – 1 sdt
  • Lada bubuk – 1/2 sdt
  • Mentega – secukupnya

Langkah – langkah cara masak egg roll lembut ala restauran Korea :

  • Kocok lepas telur.
  • Masukkan wortel, bayam, tomat, dan daun bawang. Beri garam dan lada. Kocok kembali hingga rata.
  • Panaskan mentega di atas wajan datar anti lengket, dengan api sedang.
  • Tuangkan ¼ bagian kocokan telur dan ratakan hingga seluruh permukaan wajan datar. Masak hingga setengah matang. Saat setengah matang dan bagian atas telur masih basah, gulung telur ke salah satu sisi wajan (menyisakan sebagian sisi lainnya kosong).
  • Tuangkan kembali ¼ bagian telur ke bagian kosong wajan datar. Gulung kembali ke salah satu sisinya saat adonan setengah matang.
  • Ulangi langkah di atas hingga semua adonannya habis.
  • Saat sudah selesai, padatkan gulungan telur dengan sedikit menekannya disetiap sisi. Angkat.
  • Potong-potong sesuai selera dan siap disajikan.

 

Bagaimana Mom, siap mencoba?  Sedikit tips tambahan agar cara masak egg roll berhasil baik ya Mom,  pada saat membuat gulungan telurnya maka jangan terlalu banyak memasukkan isian telur agar  matang sempurna serta lakukan proses menggulung dengan cepat agar hasil akhir telur tetap lembut, tidak kering. Selamat mencoba ya Mom.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply