Cara Masak Daging Kambing Agar Tidak Bau Prengus dan Cepat Empuk

0 45

Cara masak daging kambing, gampang-gampang susah. Pada intinya Mom pasti menginginkan daging kambing yang empuk sekaligus tidak bau prengus. Mungkin Mom pernah mengalami masak daging yang satu ini, sudah susah-susah dan prosesnya lama, tapi dagingnya bau prengus, sehingga kurang sedap saat disantap.

Sudah sifatnya daging kambing itu bisa berbau prengus. Apalagi kalau mengolahnya tidak benar, bau prengus akan semakin jelas terasa. Karenanya, Mom harus tahu cara masak daging kambing dengan benar.

cara masak daging

Berikut ini beberapa cara mengolah daging kambing agar tidak batu prengus dan daging empuk sempurna:

Cara  Masak Daging Kambing 1: Jangan Dicuci

Cara masak daging kambing agar tidak bau prengus, di awal, daging jangan dicuci. Mencuci daging kambing dengan air akan semakin membuat aroma prengus menguar. Lalu, bagaimana cara agar daging kambing bersih dari bakteri-bakteri yang menempel? Cukup rebus daging kambing hingga mendidih dan matang. Buang busa dan kotoran yang keluar selama proses merebus. Pastikan daging kambing benar-benar matang. Setelah itu beri bumbu sesuai selera, seperti gulai, sop, atau bumbu olahan lainnya.

Cara Masak Daging Kambing 2: Gunakan Daun Pepaya

Daun pepaya dapat membuat daging menjadi lebih empuk. Daging kambing yang lezat tentunya tidak jadi lezat jika terasa alot saat dimakan. Karenanya, sebelum diolah menjadi santapan yang nikmat, usahakan agar daging kambing empuk agar rasanya sempurna. Caranya, siapkan beberapa lembar daun pepaya. Cuci bersih atau cukup dilap menggunakan lap basah agar debu-debu yang menempel hilang. Lalu, bungkus daging kambing dengan menggunakan daun pepaya. Diamkan sekitar 15 menit, lalu masak daging seperti biasa.

Cara Masak Daging Kambing 3: Buang Lemaknya

Bau prengus pada daging kambing berasal dari lemaknya. Karenanya, buang lemak dari daging tersebut. Agar proses membuang lemaknya lebih mudah, masukkan dahulu daging kambing ke dalam lemari es. Setelah dingin, barulah mudah mengiris bagian lemak dari daging kambing kemudian membuangnya. Setelah itu, daging kambing siap diolah seperti biasa.

Cara Masak Daging Kambing 4: Tambahkan Bumbu-Bumbu Beraroma Kuat

cara masak daging

Cara masak kambing agar tidak bau prengus selanjutnya adalah dengan menambahkan rempah-rempah atau bumbu yang beraneka ragam. Pilih bumbu yang beraroma kuat, seperti cengkeh, kapulaga, daun jeruk, daun kemangi, jahe, atau batang sereh. Bau prengus akan hilang tertutup dengan wangi rempah-rempah ini.

Cara Masak Daging Kambing 5: Lumuri dengan Air Jeruk Nipis

Aroma jeruk nipis dapat membantu menghilangkan bau prengus. Cara masak daging seperti ini belum belum banyak dilakukan karena belum banyak orang yang tahu. Caranya, mudah. Sebelum dimasak, lumuri daging kambing dengan air jeruk nipis. Ratakan pada seluruh daging kambing. Diamkan 30 menit hingga satu jam agar air jeruk nipis meresap ke dalam daging. Setelah itu Mom bisa mengolah daging kambing sesuai selera.

Cara Masak Daging Kambing 6: Lumuri dengan Parutan Buah Pir

Tips yang satu ini mungkin Mom juga belum tahu. Buah pir dapat membantu menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Cara masak daging kambing yang ini dapat Mom lakukan kapan saja, terlebih ketika akan menyajikan daging kambing pada saat Idul Adha seperti sekarang ini. Caranya, parut buah pir, lalu campurkan pada daging kambing. Diamkan selama 30 menit, lalu olah daging kambing seperti biasa. Cara ini banyak dilakukan di negara-negara yang produksi buah pirnya banyak. Sifa buah pir seperti nanas, yaitu dapat menghilangkan bau prengus sekaligus membuat daging kambing menjadi lebih empuk.

Cara masak daging di atas dapat Mom praktikkan di rumah. Pilih cara yang paling mudah agar Mom tidak repot saat memasaknya.

 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply