Cara Diet Mudah dan Cepat Setelah Melahirkan

0 10

Mendapatkan buah hati tentu membahagiakan setiap perempuan. Hanya, setelah melahirkan, banyak perempuan yang mempunyai masalah dengan kelebihan berat badan yang masih tersisa. Mau melakukan diet ketat,  tentu saja belum bisa, karena masih harus menyusui. Lalu, bagaimana cara diet mudah dan cepat bagi para ibu setelah melahirkan agar tetap sehat dan bisa tetap menyusui sang buah hati?  Ternyata Mom tidak perlu pusing.   Sebab, sebenarnya para ibu bisa mengikuti cara yang alami untuk menurunkan berat badan secara cepat dan mudah.  Mom ingin tahu rahasianya?

Di luar perkiraan, untuk mendapatkan berat badan idealnya kembali setelah melahirkan,  para ibu tidak harus repot-repot mengurangi asupan kalori pada makanan sehari-hari. Bahkan beberapa dokter justru menyarankan para ibu menambah sekitar 600 kalori dari minimal kalori sebesar 1.500, sehingga setelah melahirkan Mom tetap bisa mengonsumsi sekitar 2.100 kalori.  Jumlah kalori ini cukup banyak untuk membuat  Mom kenyang sepanjang hari.

Hal terpenting pada cara diet mudah dan cepat setelah melahirkan adalah dengan menempatkan lebih banyak protein dalam komposisi asupan makanannya.  Mengapa protein?  Karena protein akan terserap habis dan bermanfaat untuk pembentukan air susu ibu.  Namun, tentu saja Mom harus memilih protein yang berasal dari makanan sehat seperti protein nabati.  Protein hewani bisa diperbanyak dari ikan laut, sesekali boleh diselingi dengan protein dari daging ayam atau sapi.  Dalam memilih daging sapi, hindari daging sapi yang berlemak. Ddemikian juga untuk daging ayam. Mom bisa memilih bagian dada yang lebih banyak seratnya.

Selain memperbanyak protein dalam komposisi makanan, mengurangi lemak, serta menambah asupan serat,  beberapa tips ini bisa membantu mempercepat penurunan berat badan:

  1. Melatih otot perut

Apabila Mom melahirkan secara normal, latihan otot perut adalah salah satu aktivitas yang dapat Mom lakukan secara rutin untuk cara diet mudah dan cepat setelah melahirkan. Latihan otot perut ini bisa dilakukan dengan posisi duduk, berdiri, atau berbaring. Hal ini dilakukan dengan cara mengontraksikan otot-otot perut dan menahan posisi tersebut dalam waktu beberapa menit. Ulangilah sampai Mom merasa cukup. Lakukan dengan teratur selama beberapa hari untuk hasil yang maksimal.

  1. Lakukan olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan juga merupakan cara efektif sebagai cara diet mudah dan cepat setelah melahirkan. Berolahraga secara teratur dapat membuat otot-otot yang kendur akan kembali kencang. Lakukan gerakan ringan saja. Tidak usah memaksakan diri misalnya berjalan kaki bersama bayi Mom sambil mendorong kereta bayi. Dari kegiatan sederhana tersebut Mom sudah bisa membakar lemak dan kalori dalam tubuh.

  1. Memperbanyak konsumsi air putih

Air putih memiliki banyak fungsi bagi tubuh. Salah satunya adalah sebagai pembersih semua organ di dalam tubuh, terutama saluran pencernaan dan peredaran darah. Mengonsumsi banyak air putih juga dapat membantu menahan rasa lapar yang muncul. Mudah dan murah sebagai sarana diet setelah melahirkan, bukan?

  1. Jangan biasakan tidur setelah makan

Tidur setelah makan adalah salah satu penyebab buncitnya perut. Hindarilah kebiasaan ini apabila Mom ingin mengecilkan perut setelah melahirkan. Langsung tidur setelah makan juga tidak menyehatkan bagi tubuh. Hal ini disebabkan karena bahan-bahan makanan yang harusnya langsung dicerna oleh tubuh akan tertunda di saat sedang tidur. Lalu, akan terjadi penumpukan seperti lemak dan kalori yang membentuk lipatan-lipatan di tubuh serta membuat perut menjadi buncit.

  1. Tetap melakukan aktivitas seperti biasa

Cara diet mudah dan cepat setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan tetap melakukan aktivitas ibu rumah tangga seperti biasanya. Setelah pulih pasca melahirkan Mom memang butuh istirahat untuk mengembalikan kesegaran tubuh, tetapi bukan berarti Mom tidak melakukan apa-apa. Tetaplah melakukan aktivitas rutin yang disesuaikan dengan kondisi. Hindari menjadikan melahirkan sebagai alasan untuk beristirahat secara berlebihan dalam waktu yang lama.

Cara diet mudah dan cepat setelah melahirkan ini sangat mudah dan pasti bisa Mom lakukan segera setelah melahirkan.  Program diet ini tidak rumit, apalagi menyiksa.  Mom cukup menjaga komposisi asupan makan tanpa perlu menguranginya dan tetap menjalankan kegiatan rutin.  Secara alami,  Mom akan mendapatkan kembali berat badan sebelum Mom melahirkan.  Nikmati saja waktu Mom merawat buah hati. Jangan membebani diri berlebihan untuk segera kurus kembali setelah melahirkan.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply