Cara Diet Ideal Agar Tidak Mudah Gagal Menurunkan Berat Badan

0 62

Apabila Mom menginginkan berat badan ideal, harus mengetahui cara diet ideal sejak awal mulai diet. Diet ideal adalah mencapai berat badan ideal dengan tubuh yang tetap sehat dan tidak mudah gagal. Dengan kata lain, saat dalam perjalanan atau sudah mencapai berat badan ideal, Mom tidak mengalami efek samping seperti sakit atau kekurangan nutrisi. Juga, tidak mudah gagal di tengah jalan.

Ada beberapa tips dalam mencapai berat badan ideal. Bagaimana sih, caranya? Simak di bawah ini ya, Mom!

Menentukan Target

Cara diet ideal yang tidak mudah gagal, langkah pertamanya adalah menentukan target. Tentu saja targetnya yang realistis ya, Mom. Misalnya, ingin menurunkan berat badan sebanyak 4 kg dalam 1-2 bulan. Target penurunan berat badan jangan terlalu banyak karena sesuatu yang tidak realistis cenderung sulit diwujudkan.

Rencana Menuju Target

Setelah menentukan target, lanjutkan dengan rencana menuju tercapainya target. Beda orang, beda juga keinginan mementukan rencana ini. Ada orang yang merasa terlalu banyak makan, maka rencana menuju targetnya adalah mengurangi porsi makan. Ada juga yang mengurangi makanan manis. Pilih rencana yang menurut Mom paling mudah dahulu. Dengan demikian, target pun akan mudah dicapai.

Disiplin dengan Rencana dan Target

Cara diet ideal tidak akan pernah berhasil sampai kapan pun, jika Mom tidak disiplin dengan rencana dan target yang sudah dibuat. Karenanya, lakukan semua yang sudah ditentukan, dengan penuh disiplin. Kalau Mom sudah membuat rencana akan mengurangi makanan manis atau malah tidak mengonsumsi sama sekali, terapkan hal itu seterusnya. Sampai kapan? Ya, sampai target tercapai.

Perhatikan Nutrisi

Menurunkan berat badan bukan berarti Mom boleh tidak makan sama sekali. Tubuh tetap perlu nutrisi sebagai bekal untuk melakukan aktivitas. Jadi, Mom harus memerhatikan asupan makanan agar tetap terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Pilih makanan dengan gizi seimbang. Misalnya, mengonsumsi sumber karbohidrat seperti nasi, kentang, pasta, atau roti, dengan takaran sepertiga dari porsi makan. Lalu, mengonsumsi sumber protein rendah lemak. Contohnya adalah ikan. Dua hingga tiga kali seminggu, sudah cukup. Mom juga boleh mengonsumsi sumber protein lain seperti telur, daging tanpa lemak, atau daging unggas. Jangan lupa, konsumsi juga buah dan sayur setiap hari.

Batasi Makanan Tertentu

Saat menjalankan cara diet ideal, Mom harus membantu juga dengan membatasi makanan tertentu. Makanan apa saja? Makanan yang digoreng, daging berlemak, keju, susu, makanan yang diasinkan, makanan manis, dan makanan siap saji. Makanan-makanan tersebut mengandung kalori tinggi, yang sangat mungkin menghambat penurunan berat badan.

Melakukan Aktivitas Fisik

Mungkin terdengar klise, tetapi rutin melakukan aktivitas fisik adalah salah satu cara diet ideal yang harus masuk ke dalam agenda Mom. Dengan melakukan aktivitas fisik, kelebihan kalori dapat keluar lagi dari tubuh melalui pembakaran. Berenang, berjalan kaki di medan yang menanjak, bermain dengan anak-anak, serta aerobik, adalah sekian banyak contoh aktivitas fisik yang bisa Mom lakukan, demi menurunkan berat badan.

Cara diet ideal di atas sebenarnya mudah diucapkan tetapi sulit dilaksanakan. Sayangnya, jika tidak dilaksanakan, berat badan ideal pun sulit didapat. Jadi, jangan malas untuk menerapkannya agar diet tidak gagal ya, Mom!

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply