Cara Diet Ibu Menyusui yang Aman Bagi ASI

0 13

Cara diet ibu menyusui adalah hal yang paling ingin diketahui oleh para perempuan setelah melahirkan,  terutama setelah melahirkan anak pertama.  Bagi sebagian perempuan,  masa kehamilan berjalan mudah atau sangat dinikmati sehingga tidak menjaga asupan makanan.  Akibatnya, setelah melahirkan, berat badan yang berlebih menjadi masalah tersendiri. Dilemanya,  di satu sisi Mom ingin menurunkan kelebihan bobot yang ada, tetapi di sisi lain Mom harus menyusui buah hati yang baru dilahirkan. Menyusui adalah tahap yang sangat penting bagi bayi, sehingga Ibu harus makan makanan sehat dan bergizi. Sebenarnya, berdiet pada saat menyusui sangat bisa dilakukan tanpa harus mengganggu kualitas ASI,  asalkan dilakukan secara alami.

diet ibu menyusui

Bila Mom penasaran cara diet ibu menyusui  yang baik dan alami,  maka berikut ini adalah hal-hal yang harus Mom perhatikan dan lakukan.  Lakukan secara alami tanpa memaksakan diri.

Hal Penting pada Cara Diet Ibu Menyusui adalah:

  • Ibu menyusui sebaiknya mengonsumsi buah dan sayuran yang beragam

Saat menyusui, jangan lupa memasukkan berbagai variasi buah-buahan dan sayuran dalam diet Mom. Konsumsilah sayur-sayuran dan buah-buahan yang Mom sukai,  sehingga Mom tidak “terpaksa” mengonsumsinya. Sayuran dan buah akan memberikan vitamin dan mineral yang paling dibutuhkan tubuh dan secara tidak langsung akan bermanfaat untuk bayi Mom.Buah dan sayuran juga memberikan t cairan yang juga sangat penting dalam pembentukan ASI.

  • Ibu menyusui harus cukup asupan protein

Cara diet ibu menyusui secara alami membuat Mom bisa tetap memenuhi tanggung jawab Mom pada buah hati Mom dengan mengkonsumsi asupan yang harus kaya protein.  Konsumsilah berbagai variasi protein nabati dan hewani secara bergantian.  Protein akan memastikan penguatan otot bayi dan juga memberikan Mom energi serta kekuatan yang diperlukan. Bila Mom kurang asupan protein, Mom akan mudah merasa lelah dan pasokan susu Mom bisa terpengaruh.  Karena Mom juga ingin menurunkan bobot yang masih berlebih maka pilihlah protein hewani yang rendah kandungan minyaknya seperti ikan dan dada ayam serta perhatikan pengolahannya.  Sebaiknya kurangi pengolahan secara digoreng apalagi dengan deep fry karena akan meningkatkan kolesterol pada olahan protein.

  • Ibu menyusui juga butuh konsumsi lemak baik

Sekali pun Mom sedang melakukan cara diet ibu menyusui tetapi sebenarnya dalam masa menyusui, tubuh Mom juga membutuhkan lemak, tetapi lemak baik yaitu lemak mono dan tak jenuh ganda.

  • Ibu menyusui harus menjaga cairan tubuh.

Air sangat penting untuk ibu menyusui dan merupakan minuman paling baik. Tak heran air menjadi hal penting dalam cara diet ibu menyusui agar Mom tetap segar. Rata-rata, ibu menyusui harus mengkonsumsi setidaknya 12-16 gelas air setiap hari, atau sekitar minimal  2 liter.  Air membantu menjaga tubuh Mom bebas racun dan selalu terhidrasi, serta membantu produksi ASI.

  • Olahraga ringan

Untuk melengkapi keberhasilan dari cara diet ibu menyusui secara alami yang Mom lakukan maka Mom tetap harus melakukan olahraga.  Lakukanlah olahraga ringan seperti berjalan selama 30 – 45 menit setiap harinya divariasikan dengan latihan beban.  Pada tahap awal menyusui Mom tidak harus melakukan latihan yang ketat tetapi sejumlah kecil aktivitas fisik bisa membuat Mom aktif. Jangan memaksakan diri. Lakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui olahraga terbaik yang cocok untuk Mom.

 

Bagaimana?  tidak sulit bukan?  Cara diet ibu menyusui yang alami seperti dijelaskan di atas,  akan memberikan penurunan bobot yang bertahan lama.  Lakukan dengan nyaman tanpa membebani diri.  Mom tidak boleh stres karena akan berpengaruh pada produksi ASI Mom.  Bagaimana?  Siap mencoba?  Lakukan dengan sabar, ya.

 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply