Cara Diet Cepat dan Sehat Setelah Melahirkan

0 13

Memiliki anak sebagai buah cinta dari sebuah pernikahan,  tentu saja menjadi keinginan setiap pasangan yang menikah. Perempuan yang sudah menjadi istri,  merasa belum lengkap bila belum menjadi ibu.  Maka kehamilan selalu menjadi suatu hal yang diinginkan. Sayangnya, setelah melahirkan anak, muncul masalah yang selalu menghantui para ibu, yaitu berat badan yang melonjak. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa setiap ibu yang baru melahirkan selalu ingin mengetahui cara diet cepat dan sehat untuk bisa segera menurunkan berat badan.

menyusui

Sebenarnya,  kenaikan berat badan saat kehamilan adalah sesuatu yang menjadi penyebab awal melonjaknya kenaikan berat badan.  Seperti mitos yang tidak terbantahkan,  banyak ibu hamil yang merasa bahwa selama kehamilan mereka bebas makan dalam jumlah banyak karena yang harus diberi makan bukan hanya dirinya tetapi juga bayi yang sedang dikandung.  Pendapat itu memang benar,  tetapi para ibu hamil cenderung menjadi berlebihan. Untuk menghindari melonjaknya kenaikan berat badan, sebenarnya para ibu hamil sudah harus menjaga makannya sejak masa kehamilan.  Ibu hamil sebaiknya tidak banyak mengonsumsi karbohidrat tetapi memperbanyak protein dan vitamin dari ikan, ayam, telur, buah-buahan, dan susu.

Bila kenaikan berat badan selama kehamilan dijaga dengan baik, maka setelah melahirkan tentunya tidaklah sulit menerapkan cara diet cepat dan sehat.  Hal pertama yang harus dilakukan adalah, Mom yang baru melahirkan jangan terbebani dengan keharusan menurunkan berat badan secara cepat. Semakin terbebani,  justru akan semakin sulit berat badan turun.   Setelah melahirkan,  Mom harus tenang dan nyaman agar produksi ASI lancar dan banyak.  Bila Mom terbebani dengan keharusan menjadi kurus kembali maka bisa-bisa berdampak pada produksi ASI.

Bukan berarti setelah melahirkan Mom tidak boleh menjalani diet, lho.  Tentu saja boleh, tetapi tidak bisah sembarangan.  Diet harus dilakukan dengan cara yang aman.

Berikut ini adalah cara diet cepat dan sehat yang dengan mudah diikuti setelah Mom melahirkan:

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Ibu menyusui membutuhkan banyak cairan selama proses menyusui untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Selain itu, banyak minum air putih juga diyakini dapat membantu menurunkan berat badan.  Mom harus mengonsumsi air putih biasa ya, jangan yang dingin.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Kandungan nutrisi yang lengkap dan seimbang adalah hal yang harus diperhatikan dalam cara diet cepat dan sehat bagi ibu setelah melahirkan.  Oleh karena itu,  Mom sebaiknya banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin, karbohidrat kompleks dan sumber protein rendah lemak. Misalnya, sayuran, buah-buahan, susu low fat, daging ayam tanpa kulit, ikan, telur, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

  1. Hindari Makanan Cepat Saji

Yang tidak kalah penting yaitu menghindari makanan cepat saji, seperti junk food karena mengandung lemak jahat yang akan membuat berat badan naik terus. Selain itu, sebaiknya Mom juga menghindari kafein, alkohol dan nikotin, karena akan memengaruhi kualitas ASI.

  1. Olahraga

Diet sehat belum lengkap rasanya jika tidak melakukan olahraga.  Setelah melahirkan dan sedang masa menyusui bukan alasan untuk malas bergerak.  Berolahraga justru menjadi bagian dari cara diet cepat dan sehat karena membantu metabolisme dalam membakar lemak menjadi energi. Selain dapat membantu menurunkan berat badan, olahraga saat menyusui juga dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada payudara.  Tetapi harus tetap diingat ya bahwa sebelum melakukan olahraga setelah melahirkan ini,  sebaiknya Mom berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter,  terutama apabila Momu melahirkan dengan cara operasi. Pastikan dokter mengizinkan Mom melakukannya.

Cara diet cepat dan sehat untuk Mom setelah melahirkan ini aman bagi siapa saja,  asal tentu saja diterapkan secara perlahan dan sabar.  Jangan memaksakan mengurangi porsi makan secara drastis,  karena hanya akan memicu penyakit.

Tertarik untuk mencoba?

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply