Cara Diet Aman Bagi Penderita Gangguan Maag

0 36

Bagi Mom yang memiliki kelebihan berat badan, diet menjadi pilihan yang tepat. Sayangnya banyak yang melakukan diet secara sembarangan sehingga hasilnya hanya kelaparan tanpa penurunan berat badan seperti yang diinginkan.  Kebanyakan diet yang dilakukan hanya mengurangi porsi makan secara berlebihan atau bahkan menghilangkan salah satu waktu makan.  Hal ini berbahaya bagi kesehatan. Lalu, bagaimana cara diet aman bagi para penderita gangguan maag?

Sebenarnya, para penderita gangguan maag pun bisa melakukan program diet. Hanya, harus lebih berhati-hati.  Diet yang mereka lakukan harus dengan cara yang sehat dan aman, sehingga tidak memperparah gangguan maagnya. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah cara diet aman bagi penderita gangguan maag :

  1. Atur pola makan

Hal utama yang harus diingat oleh mereka yang menderita gangguan maag dalam menjalankan diet adalah bukan sekedar mengurangi porsi makan melainkan mengatur pola makan yang benar. Meskipun Mom sedang menjalankan diet, tetapi Mom jangan sampai membiarkan perut Mom kosong karena hal ini akan memicu produksi asam lambung yang berlebih serta akan mengakibatkan lambung menjadi sakit.

Untuk porsi makan yang hendak dikonsumsi, buatlah porsi yang sedikit tetapi lengkap dengan asupan gizi yang diperlukan tubuh. Makanlah selama 3 jam sekali dengan porsi yang kecil dan sehat untuk menghindari kekosongan perut Mom.  Bagi Mom penderita gangguan maag, cara diet aman adalah dengan makan makanan sehat dalam porsi kecil tetapi makan lebih sering.

Perlu juga Mom ingat untuk menghindari makanan yang sulit dicerna seperti coklat dan keju karena makanan yang sulit dicerna akan memperlama pengosongan lambung Mom. Selain makanan yang sulit dicerna, makanan yang mengandung gas seperti sawi, kol, buah nangka juga merupakan makanan yang perlu dihindari.

  1. Hindari minuman tertentu

Untuk penderita gangguan maag, minuman seperti kopi, sirup manis, minuman beralkohol dan sari buah sitrus merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Pasalnya minuman tersebut justru akan lebih memperparah gangguan maag Mom karena cenderung memicu pengeluaran asam lambung.

Sebagai gantinya, untuk melakukan cara diet aman maka Mom sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi minuman yang menyehatkan yaitu air putih (air matang biasa) Memperbanyak minum air putih dapat memperlancar proses metabolisme di dalam tubuh dan akan mengeluarkan beragam racun yang mengendap dalam tubuh Mom.

  1. Mengonsumsi camilan sehat

Hal yang paling sulit dari diet adalah menghindari camilan.  Apalagi bagi penderita gangguan maag,  biasanya mempunyai kebiasaan mengonsumsi camilan untuk menjaga produksi asam lambung.  Lalu, bagaimana camilan yang sehat untuk melengkapi cara diet aman bagi penderita gangguan maag? Mom bisa mengonsumsi buah-buahan seperti melon, semangka, atau pisang sebagai pengganti camilan.

  1. Olahraga secara teratur

Berolahraga sangat efektif dalam menurunkan berat badan, karena pada saat berolahraga lemak dan kalori yang tertimbuh dalam tubuh akan terbakar. Namun, untuk penderita gangguan maag lakukan saja olahraga ringan, asalkan dilakukan secara rutin. Mom bisa melakukan jogging atau jalan kaki cepat, karena olahraga tersebut tidak berat untuk dilakukan.

Itulah cara diet aman bagi penderita gangguan maag. Dengan adanya tips di atas Mom masih bisa menjalankan diet tanpa harus merasa khawatir lagi.

Semoga bermanfaat.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply