Bumil Sebaiknya Tahu, Cara Mangatasi Maag dan Asam Lambung Saat Hamil

0 44

Nyeri pada lambung dan usus jika tidak diberikan penanganan yang tepat akan menyebabkan luka pada lambung bahkan akan menjadi semakin parah. Begitu pula dengan kenaikan asam lambung. Parahnya penderita maag dan asam lambung bisa mendapatkan penanganan hingga operasi lho Mom. Terlebih Mom sedang hamil. Untuk mengurangi sakit maag dan asam lambung saat hamil Mom bisa melakukan beberapa cara seperti berikut ini.

 

1. Hindari stres ketika sedang hamil

Stres dapat terjadi pada siapa saja Mom. Terlebih saat Mom mengalami tekanan psikis maupun fisik selama kehamilan. Hal tersebut dapat memicu produksi asam lambung. Ada baiknya Mom menikmati masa kehamilan. Kehamilan di trimester pertama seringkali dikeluhkan oleh ibu hamil muda karena rasa mual dan muntah yang tidak tertahankan.

2. Hindari perut yang kosong

Agar Mom terhindar dari sakit maag, usahakan sarapan di pagi hari. Terutama bagi Mom yang sering mengeluhkan morning sickness. Cobalah meneguk air hangat di pagi hari. Carilah suasana yang berbeda dengan menu yang variatif agar sarapan di pagi hari menyenangkan.

Kehamilan memang akan mempengaruhi nafsu makan Mom. Tak heran jika nafsu makan menjadi menurun sehingga Mom harus menyiasati agar nafsu makan meningkat. Atur jadwal makan dengan porsi kecil dan frekuensi yang lebih sering sehingga Mom tidak akan merasakan rasa kenyang yang membuat tidak nyaman.

3. Kunyah makanan dengan benar dan perlahan

Dengan mengunyah makanan dengan benar dan perlahan akan  bermanfaat bagi ibu hamil. Biasanya perut menjadi lebih kenyang. Selain itu juga bisa menjaga kebersihan mulut. Hal ini berkaitan dengan hidrogen karbonat dalam air liur yang dapat menetralkan pembentukan plak dan dapat membantu pencernaan. Oleh karena, air liur dapat memecah partikel makanan ketika sedang dikunyah. Mengunyah makanan dengan benar dan perlahan juga bermanfaat dalam meningkatkan produksi air liur dan membantu Mom untuk menyerap nutrisi, vitamin, partikel yang diserap, dan menaikan energi di dalam tubuh.

4. Hindari berbaring setelah mengonsumsi makanan

Berbaring setelah makan bukanlah solusi Mom. Bagi Mom yang setelah makan merasakan ketidaknyamanan pada perut, hindari berbaring setelah makan dikarenakan asam lambung akan mudah berbalik kembali ke kerongkongan ketika Mom berbaring setelah makan. Ambilah jeda waktu 30-45 menit sebelum berbaring.

5. Perhatikan juga posisi berbaring

Apabila Mom akan berbaring sebaiknya posisikan kepala lebih tinggi dari kaki, hal ini dapat membantu Mom mencegah asam lambung naik ke kerongkongan dan mencegah terjadinya heartburn pada ibu hamil.

6. Menggunakan pakaian longgar bisa membuat Mom sedikit lebih nyaman

Mom dapat menggunakan pakaian khusus ibu hamil, karena dengan pakaian yang longgar akan memberikan kenyamanan pada ibu hamil. Hal ini akan membantu Mom menghindari tekanan pada bagian perut sehingga akan tetap nyaman beraktivitas.

7. Konsultasikan dengan dokter ketika akan mengonsumsi obat maag

Saat hamil,  Mom tidak dapat mengonsumsi sembarang obat. Hal ini  dikhawatirkan akan menganggu kesehatan ibu dan perkembangan janin. Maka dari itu, konsultasilah dengan dokter kandungan Mom agar penggunaan obat maag tidak berlebihan dan tepat.

Dengan demikian, ibu hamil dalam menjaga kesehatan selama kehamilan sebaiknya dapat menghindari makanan yang dapat merangsang lambung. Misalnya makan dan minum yang memiliki rasa asam berlebih, minum kopi, atau minuman bersoda. Jaga selalu pola makan yang seimbang dan gaya hidup sehat selama kehamilan berlangsung.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply