Bingung Pilih Melahirkan Normal atau Caesar? 3 Hal Ini Bisa Mom Pertimbangkan

0 51

Kebanyakan wanita memang menginginkan melahirkan bayi secara normal. Namun karena alasan tertentu, seperti alasan kesehatan, tak jarang wanita hamil memutuskan untuk melahirkan secara caesar. Keputusan untuk melahirkan normal atau caesar memang ada di tangan Mom. Akan tetapi, ada baiknya Mom mengetahui kelebihan dan kekurangan dari melahirkan secara normal atau caesar dengan baik sejak masa kehamilan. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangannya? Simak di sini ya Mom.

melahirkan normal

Mom yang melahirkan normal biasanya lebih cepat bisa kembali ke rumah. Akan tetapi, melahirkan normal juga berpeluang mengalami perineum.

Kabar bahagia bagi Mom yang melahirkan secara normal adalah mereka bisa meninggalkan rumah sakit lebih cepat dibandingkan wanita yang melahirkan secara caesar.  Hal ini dikarenakan, proses pemulihan pasca melahirkan secara normal akan lebih cepat jika dibandingkan dengan caesar. Nah, apabila kondisi Mom cukup sehat pasca melahirkan secara normal, dalam kurun waktu 23- 48 jam, Mom sudah bisa diperbolehkan meninggalkan rumah sakit.  Namun demikian melahirkan secara normal kemungkinan juga bisa membuat Mom mengalami sakit di antara vagina dan anus (perineum).

Risiko mengalami komplikasi akibat pembedahan pada Mom yang melahirkan normal terhindarkan, tetapi melahirkan normal berisiko mengalami kerusakan pada kulit dan jaringan sekitar vagina.

Untuk pemulihan bagi Mom yang melahirkan normal biasanya lebih cepat. Risiko untuk mengalami komplikasi akibat operasi, seperti perdarahan, infeksi, reaksi terhadap anestesi juga terhindarkan jika dibandingkan dengan wanita yang melahirkan secara caesar. Keuntungan lainnya yang dapat dirasakan adalah Mom tidak merasakan rasa sakit yang berkepanjangan setelah melahirkan jika dibandingkan dengan wanita yang melahirkan secara caesar. Namun, tetap ada risiko yang harus diterima. Wanita yang melahirkan secara normal dapat mengalami kerusakan pada kulit dan jaringan sekitar vagina. Sebab saat proses melahirkan, bayi melewati vagina sehingga mungkin untuk menyebabkan kulit atau jaringan sekitar vagina untuk robek ataupun melar.

Dengan melahirkan secara normal, peluang bertemu si Kecil biasanya lebih cepat.

Pasca melahirkan, tentu Mom ingin segera berinteraksi langsung dengan si Kecil bukan. Jika Mom memiliki keinginan yang besar untuk bertemu dengan sesegera mungkin dengan si Kecil pasca melahirkan, ada baiknya untuk mempertimbangkan dan  menyiapkan diri untuk melahirkan secara normal. Sebab, kemungkinan untuk dapat berinteraksi langsung dengan si Kecil pasca melahirkan cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan melahirkan secara caesar. Oleh karena lebih cepat berinteraksi dengan buah hati maka  keinginan Mom sesegera mungkin memberikan ASI pun menjadi lebih besar.

Nah, selain hal tersebut, Mom juga harus tahu bahwa melahirkan secara caesar juga cenderung dapat memengaruhi kesehatan buah hati. Kemungkinan untuk bayi mengidap masalah pernapasan selama proses melahirkan atau selama masa kanak-kanak, seperti asma mungkin akan lebih besar jika melahirkan secara caesar. Bahkan beberapa studi mengindikasikan bahwa ada hubungannya antara kelahiran secara caesar dengan obesitas pada anak. Namun, belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan hal ini.

Bagi Mom yang kesehatannya kurang mendukung untuk melahirkan secara normal, tak perlu khawatir. Dokter tentu akan melakukan hal yang terbaik untuk Mom dan  buah hati Mom. Tentunya operasi caesar ini juga upaya menolong kelahiran untuk Ibu dan bayi yang berisiko tinggi.

Jika Mom mendengar hal-hal yang menyeramkan terkait melahirkan secar caesar atau normal, jangan didengarkan. Dengarkan hal-hal yang baik agar Mom siap melahirkan bayi secara normal ataupun caesar dengan baik.  

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply