Biaya Kuliah Mahal! 3 Hal Ini Bisa Jadi Solusi

0 56

Biaya pendidikan merupakan salah satu pengeluaran yang sering kali membuat galau para orang tua di luar sana. Orang tua tentu akan mengusahakan yang terbaik untuk pendidikan anak-anaknya. Ya, kan Mom?

Termasuk ketika anak memasuki jenjang pendidikan tertingginya. Jenjang pendidikan tertinggi di Indonesia adalah perguruan tinggi. Di tahapan inilah orang tua mulai merasa mengeluh dengan mahalnya biaya kuliah anak.

biaya kuliah

Meskipun sebelumnya Mom sudah mempersiapkan dana pendidikan bagi anak-anaknya. Kali ini kita coba mengintip seberapa mahal sih biaya pendidikan sekarang. Terutama biaya kuliah yang kerap kali dikeluhkan para orang tua.

Biaya tiap semester di beberapa perguruan tinggi swasta di Indonesia memang dinilai cukup tinggi. Bahkan hal ini pun terjadi pada beberapa perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia.

Biaya perguruan tinggi swasta di Indonesia

biaya kuliah

Biaya pendidikan di beberapa kampus swasta ternama di Indonesia memang tergolong cukup mahal. Hal ini dikarenakan biaya pendidikan diatur sendiri oleh pimpinan perguruan tinggi masing-masing dengan beberapa alasan, seperti adanya biaya pendaftaran, biaya registrasi ulang, biaya SPP per semester, uang sumbangan institusi, biaya SKS setiap mata kuliah, biaya UTS dan UAS, dan biaya-biaya lainnya.

Biasanya biaya tersebut akan membengkak ketika anak sudah menginjak semester akhir. Beberapa kebutuhan tak terduga tentu akan sangat dirasa. Jadi tak heran jika biaya tiap semester angkanya bisa mencapai 10 juta lebih. Tergantung dengan perguruan tinggi dan jurusan yang diambil setiap siswa. Jika biaya kuliah pada tahun ini saja sudah mencapai 10 juta lebih, lalu, apa kabar biaya pendidikan perguruan tinggi di masa akan datang?

Biaya kuliah pada 5 dan 10 tahun lagi

Bagi para orang tua yang anaknya ingin melanjutkan pendidikan pada 5 atau 10 tahun mendatang tentu akan sedikit tercengang melihat angka rupiah pada daftar biaya kuliah. Hal ini terlihat nyata pada beberapa perguruan tinggi negri dan swasta favorit. Setiap tahun biaya pendidikan akan naik secara signifikan sebesar 15%.

Sedangkan kenaikan gaji hanyalah 7% pertahunnya. Angka yang tidak seimbang ini membuat beberapa para orang tua memutar otak untuk biaya kuliah anak. Banyak sekali upaya yang bisa dilakukan untuk  bisa membayai anak hingga ke jenjang yang paling tinggi.

Tips untuk menyiasati tingginya biaya kuliah

Tak perlu resah ketika mendengar maraknya informasi mengenai mahalnya biaya pendidikan. Mom bisa melakukan beberapa cara untuk menyiasati masalah tersebut.

1. Merencanakan investasi untuk biaya pendidikan

Cara paling mudah adalah membuat sebuah rencana investasi biaya kuliah. Hal ini tentu sudah difikirkan oleh para orang tua. Membuat tabungan biaya pendidikan bukanlah hal yang sulit. Banyak sekali perbankan yang menyediakan jasa tersebut. Mom bisa memilih salah satu program yang ditawarkan oleh masing-masing penyedia jasa.

2. Mencari beasiswa unggulan

Mendapatkan beasiswa pendidikan adalah idaman setiap orang. Hal ini bisa menjadi solusi untuk menyiasati tingginya biaya kuliah. Banyak sekali lho instansi yang membuka peluang beasiswa bagi sejumlah siswa yang berprestasi. Contoh beasiswa yang bisa didapatkan para siswa, seperti LPDP, Djarum, Kemenkeu, Kemendigbud, dan masih banyak lagi.

Jika putra-putri Mom bisa mendapatkan salah satu beasiswa tersebut maka seluruh biaya pendidikan selama 4 tahun akan ditanggung. Namun sebelumnya mereka harus melalui beberapa tahapan seleksi dan ujian.

3. Mencari perguruan tinggi yang memiliki program ikatan dinas

Setelah selesai kuliah tentu tujuannya adalah mencari pekerjaan. Mom dapat menyarankan kepada putra putri Mom untuk memilih perguruan tinggi yang mendapatkan ikatan dinas. Biasanya biaya kuliah di sana tidak terlalu mahal. Keuntungan lainnya, anak bisa mendapatkan prioritas untuk langsung bekerja pada instansi tersebut.

***

Jadi, untuk para orang tua, tidak perlu cemas dan resah saat mendengarkan beberapa celotehan tentang mahalnya biaya pendidikan. Hal yang terpenting adalah memberikan dukungan kepada anak dalam melanjutkan pendidikannya. Tak lupa, mempersiapkan pendidikannya dengan sebaik-baiknya.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply