Beginilah Cara Diet yang Benar dengan hasil Maksimal

0 10

Banyak sekali program diet yang ditawarkan tetapi untuk mendapatkan berat badan ideal dan menetap jangka panjang maka Mom harus melakuakan upaya menurunkan berat badan dengan cara diet yang benar. Kebanyakan orang menginginkan penurunan berat badan dengan cepat sehingga mereka memilih diet yang dianggap bisa cepat memberikan efek seperti diet rendah karbohidrat, detox dan lainnya. Pertanyaannya adalah, apakah hasilnya benar-benar teruji? Memang terkadang bisa memberikan hasil dengan penurunan berat badan yang cepat tetapi setelah diet berat badan bisa kembali naik seperti semula, bahkan bisa lebih.

Menurunkan berat badan sebenarnya sama dengan mengatur asupan dan buangan kalori. Apabila kalori yang Mom makan melebihi kalori yang dibakar melalui aktivitas normal sehari-hari dan olahraga, tentu menghasilkan kenaikan berat badan. Cara diet yang benar dengan hasil yang maksimal dan bertahan lama adalah dengan menjaga agar kalori yang Mom makan seimbang dengan aktivitas normal yang Mom lakukan. Cara menurunkan berat badan dengan sehat dan mempertahankannya adalah dengan membuat perubahan pola makan dan olahraga yang permanen.

Apabila Mom termasuk kategori overweight, maka Mom perlu mengurangi 5-10% berat badan Mom dengan mengurangi 0,5-1 kg setiap minggunya. Mom pasti bisa mengurangi berat badan sejumlah tersebut apabila Mom makan dengan 500-600 kalori yang lebih rendah daripada yang Mom makan biasanya setiap hari. Perlu Mom ketahui bahwa rata-rata lelaki dewasa membutuhkan 2500 kalori per hari dan rata-rata wanita membutuhkan 200 kalori per hari untuk mempertahankan berat badan yang sama. Maka mudah saja kan melakukan cara diet yang benar yaitu dengan menghitung kalori yang masuk dan sesuaikan dengan aktivitas rutin Mom.

Untuk memabntu Mom menjalankan cara diet yang benar dengan hasil yang maksimal,  maka Mom harus mulai membuat jurnal makan dan olah raga Mom.  Mom harus mencatat dengan cukup detil apa saja makanan yang masuk kedalam perut Mom dan berapa jumlah kalorinya.  Tidak terlalu memusingkan kok sebab di internet cukup banyak tabel hitungan kalori dari setiap makanan. Catat dan evaluasi setiap minggunya. Selain mencatat jumlah kalori yang masuk maka Mom juga harus mencatat aktivitas yang Mom lakukan.  Penting sekali untuk menjaga dan membuat diri Mom tetap aktif.  Mom juga harus mencatat berapa jumlah kalori yang dibakar untuk setiap aktivitas yang Mom lakukan. Mudah dan Mom akan terkejut dengan hasilnya.  Yang penting Mom harus konsisten dan disiplin melakukan pencatatan,  serta jujur pada diri sendiri dalam mencatat.

Selain dengan membuat jurnal makanan dan olahraga,  hal lain yang membantu berhasilnya cara diet yang benar  dengan hasil yang menetap ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna, contohnya seperti gandum, beras cokelat dan pasta. Makanan tersebut dicerna lebih lambat daripada makanan yang berbahan gandum putih, sehingga akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Banyak pakar yang berpendapat bahwa Mom bisa merasakan manfaat dari wholegrain kira-kira setelah dua minggu mengonsumsinya. Salah satunya adalah terhindar dari konstipasi karena wholegrain memiliki serat yang tinggi.

Hal sangat penting pada cara diet yang benar  adalah jangan pernah melupakan atau sengaja menghilangkan sarapan. Sarapan yang sehat akan memberikan Mom energi yang dibutuhkan untuk memulai hari Mom dan ada beberapa penelitian yang membuktikan orang yang membiasakan sarapan setiap hari jarang mengalami kenaikan berat badan. Mengapa? Salah satu teori mengatakan bahwa makan makanan bergizi saat sarapan bisa mengurangi rasa lapar dalam sehari dan membantu Mom memilih makanan yang lebih baik saat makan nanti. Mungkin Mom mengira dengan melewati sarapan bisa mengurangi asupan kalori, namun ini tidak begitu efektif. Biasanya, rasa lapar didapat karena melewatkan sarapan sehingga nantinya orang akan makan lebih banyak saat makan siang dan selanjutnya. Manfaat lain dari sarapan adalah menurunkan resiko obesitas dan resistensi insulin yang keduanya merupakan tMom awal dari gejala diabetes.

Untuk membantu hasil dari cara diet yang benar  ini adalah banyak minum air putih. Apabila Mom ingin mengemil, cobalah untuk minum terlebih dahulu seperti minum segelas air putih atau secangkir teh. Seringkali kita mengira bahwa kita lapar padahal sebenarnya kita haus.Apabila Mom hanya minum air putih hanya pada saat Mom haus tentu tubuh Mom akan mengalami lemas yang disebabkan kurangnya cairan tubuh. Aturan yang dipakai untuk mengukur kebutuhan cairan tubuh adalah dengan melihat warna urine Mom. Apabila urine berwarna kuning gelap itu merupakan tMom tubuh kekurangan cairan. Agar urine berwarna kuning cerah atau jernih yang merupakan indikator baik, penting untuk minum segelas air putih saat bangun tidur dan tiap dua jam. Saat setelah Mom buang air kecil, sebaiknya minum segelas air untuk mengganti cairan tubuh.

Yuk perbaiki upaya Mom menurunkan berat badan dengan cara diet yang benar! Tujuannya tentu saja agar Mom mendapatkan hasil yang maksimal.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply