Begini Cara Mengatasi si Kecil yang Kecanduan Junk Food

0 25

Bagi sebagian anak-anak, makan di luar adalah sesuatu yang menyenangkan. Apalagi jika Mom mengajak mereka makan junk food. Entah kenapa makanan ini terkesan lezat di lidah mereka. Makan junk food memang tidak ada masalah Mom. Yang menjadi masalah adalah kalau mereka hanya mau makan junk food saja?

Sebenarnya, sang anak makan junk food bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Junk food sendiri masih mengandung gizi namun memang sangat rendah dan tidak seimbang. Mom juga harus memberikan menu lain kepada anak, seperti sayuran dan buah. Namun jika anak masih susah makan juga maka Mom harus coba cara berikut ini untuk menyiasati anak untuk mau makan.

junkfood

1. Jangan terlalu sering membeli junk food!

Cara yang mudah untuk tidak membiasakan anak Mom tidak makan junk food adalah jangan terlalu sering membelikan mereka junk food atau dengan tidak membelinya sama sekali. Jika perlu bikin larangan untuk tidak memakan junk food. Hal tersebut bisa menjadi salah satu cara mudah untuk tidak membiasakan anak Mom makan junk food. Jika anak Mom masih tertarik untuk makan junk food, buatkan versi masakan rumah namun dimasak dengan cara dan bahan-bahan yang lebih sehat.

2. Menyiapkan camilan sehat di rumah

Mom bisa mencari ide camilan yang mengandung buah dan sayuran. Setelah itu, Mom bisa menyajikannya dengan bentuk yang mereka sukai agar mereka tertarik. Taruh camilan di tempat yang mudah terjangkau anak-anak sehingga anak Mom langsung dapat menikmatinya.

3. Jangan memberi hadiah junk food

Pernah enggak Mom menjanjikan anak-anak akan membelikan junk food jika anak mendapatkan prestasi. Nah, bagi anak akan berpikir bahwa junk food adalah sesuatu yang layak diraih atau layak diperjuangkan. Sebaiknya hadiahi anak dengan mainan edukatif atau hal bermanfaat lainnya.

4. Memberikan pengertian pada anak

Jangan terlalu drastis juga Mom untuk mengubah sikap mereka untuk tidak makan junk food. Setiap kali anak meminta junk food, jelaskan padanya bahwa makanan junk food tidak memiliki gizi yang baik bagi pertumbuhannya dan berisiko bagi kesehatannya. Beri pengertian dengan baik agar mudah dipahami anak, dengan begitu anak akan mengurangi kebiasaannya makan junk food secara perlahan-lahan.

5. Jadilah contoh untuk anak-anak

Kalau Mom melarang anak-anak untuk tidak makan junk food, maka Mom juga harus demikian. Mom bisa memulai dengan diri Mom sendiri untuk tidak makan junk food. Mom bisa mengonsumsi makanan yang sehat dan menghindari junk food agar anak mencontohnya.

***

Yuk, Mom ubah pola hidup terutama pola makan anak! Jangan sampai si kecil kecanduan makan junk food yang berlebihan.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply