Begini Cara Masak Bakso Agar Tidak Cepat Basi

0 10

Bakso adalah makanan yang cukup populer di negara kita.  Berbagai macam kreasi bakso tersebar di berbagai daerah.  Bulatan daging ini digemari karena rasanya yang gurih dan kenyal serta bisa dikreasikan dengan berbagai isian. Bakso juga bisa disantap begitu saja dengan kuah kaldu yang nikmat,  atau bersama dengan bihun dan mi kuning. Sebenarnya,  untuk menyantap semangkuk bakso yang nikmat, tidak sulit.  Mom bisa menyantapnya di rumah bersama keluarga asalkan Mom tahu cara masak bakso yang tepat agar bakso tahan lama dan enak rasanya.

Berikut ini adalah cara masak bakso agar tekstur bakso pas dan tidak lembek serta cara penyimpanannya agar bakso bisa bertahan lama :

  1. Perhatikan perbandingan bahan

Untuk menghasilkan tekstur bakso yang pas, perhatikan dengan tepat perbandingan bahannya. Sebagai panduan, Mom bisa mencoba membuat perbandingan antara daging sapi giling dan tepung tapioka atau tepung khusus bakso sebanyak 4:1.  Jadi bila Mom menggunakan 250 gram daging sapi giling maka gunakan tepung tapioka atau tepung khusus bakso sebanyak 62.5 gram. Lalu campurkan dan aduk hingga tercampur merata.

  1. Tambahkan es batu ke dalam adonan

Cara masak bakso  selanjutnya adalah menambahkan es batu beserta bumbu ke dalam adonan bakso tercampur rata. Mengapa ditambahkan es batu? Penambahan es batu ini bertujuan agar tekstur bakso lebih bagus. Tapi jangan dimasukkan bulat2 ya,  sebaiknya sudah Mom serut.  Bila sulit untuk menyerut maka bisa menggunakan air es yang benar-benar dingin untuk mencampur bahan bakso.

  1. Gunakan bahan pengenyal

Terkadang, sekalipun perbandingan bahannya sudah sesuai namun hasilnya masih tetap lembek. Untuk memastikan hasil yang bagus maka Mom bisa menggunakan bahan pengenyal seperti baking soda atau baking powder, putih telur, atau agar-agar bubuk tanpa rasa. Bila Mom mau pengenyal yang alami, gunakan yang terbuat dari rumput laut, yaitu karagenan. Gunakan dengan takaran secukupnya, lalu campur pada adonan bakso secara merata.  Takaran yang pas ini memang harus Mom lakukan beberapa kali untuk mendapatkan kekenyalan yang pas.  Mulailah dengan satu sendok teh peres saja.

  1. Rendam bakso ke dalam air hangat terlebih dahulu

Tahapan cara membuat bakso  selanjutnya adalah membulat-bulatkan adonan seukuran yang Mom kehendaki. Setelah bakso dibulat-bulatkan,  jangan langsung merebus adonan bakso, sebaiknya rendam dahulu adonan bakso ke dalam air hangat (sekitar 70°C) terlebih dahulu. Setelah air dalam panci sudah panas, baru masukkan bakso dan masak dalam api kecil selama kurang lebih lima menit saja atau sampai bakso sudah terapung. Hindari memasak bakso dalam api yang mendidih karena akan menyebabkan teksturnya menjadi lembek.

  1. Celupkan bakso ke dalam air es

Jika bakso Mom sudah matang, segera celupkan ke dalam air es. Hal tersebut bertujuan untuk menghentikkan proses memasak pada bakso, sehingga bakso tidak akan terlalu matang dan lembek. Jika suhu bakso sudah stabil, angkat dan tiriskan.

Bakso sudah jadi dan agar awet serta tahan lama maka simpanlah bakso yang sudah jadi didalam freezer agar membeku. Pada suhu tersebut bakteri dan mikroorganisme perusak bahan pangan sulit untuk tumbuh. Hal ini membuat bakso jadi lebih awet.

Itulah tahapan cara masak bakso yang tepat agar hasil bakso kenyal,  tidak lembek dan tidak cepat basi.  Sebagai saran tambahan,  simpan bakso yang sudah jadi di dalam beberapa wadah penyimpan di dalam freeer sesuai dengan penggunaan setiap akan Mom masak.  Mengapa?  Agar bakso tetap dalam keadaan beku dan mencegah terkontaminasi bakteri dan mikroorganisme perusak.

Ternyata cara masak bakso sendiri itu mudah, kan?  Mom bisa membuat variasi rasa dan isian bakso sesuai Mom.  Mom bisa menyantap bakso yang nikmat kapan saja bersama keluarga dan yang terpenting, lebih sehat karena bisa dipastikan tanpa borax atau bahan berbahaya lainnya.  Selamat mencoba.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply