Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi? Temukan Jawabannya!

0 29

Bagi sebagian Mom tentu akan bertanya-tanya dalam hati, apakah minum kopi saat hamil itu boleh? Jawabnya adalah boleh, hanya saja harus dibatasi. Mom harus tau dan memperhatikan jumlah kopi yang Mom minum setiap harinya. Tidak hanya kopi sih, semua yang berlebihan pun tidak baik.

Kopi untuk ibu hamil pun dapat menyebabkan dampak buruk untuk ibu hamil dan janin, jika diminum berlebihan Mom. Tidak hanya kopi saja yang dibatasi Mom, tapi juga makanan dan minuman yang mengandung kafein, misalkan coklat, soft drink, dan teh.

Terkadang, kafein juga ditambahkan pada obat flu dan minuman pembangkit tenaga.  Jadi, Mom harus teliti sebelum makan dan minum ya.

 

Ada beberapa risiko jika ibu hamil minum kopi

Banyak sekali dampak yang terjadi jika Mom meminum kopi, seperti gejala kecemasan, kecanduan, insomnia, jantung berdetak kencang, gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi, migrain, tremor, dan sering buang air kecil. Jika Mom sedang hamil, kafein di dalam kopi dapat menembus plasenta dan bisa berdampak pada janin yang sedang dikandung.

Risiko lainnya yang bisa terjadi adalah ibu hamil bisa mengalami refleks asam lambung, anemia, keguguran, dan bayi lahir dengan berat badan rendah.

Takaran kopi untuk ibu hamil

Jika Mom ingin minum kopi saat hamil sebaiknya menggunakan takaran yang baik dengan batas maksimal 200 mg dalam sehari atau sekitar 2 cangkir kopi instan. Jadi Mom harus tahu nih kandungan kafein dalam teh dan kopi atau makanan sejenisnya.

Jangan sampai mengonsumsinya melebihi batas kewajaran. Oh ya, Mom bisa gunakan patokan di bawah ini sebelum mengkonsumsi

  • 60-200 mg kafein dalam satu cangkir kopi seduh.
  • 140 mg kafein dalam satu cangkir kopi saring.
  • 100 mg kafein dalam satu cangkir kopi instan.
  • 40 mg kafein dalam satu teh botol soda.
  • 75 mg kafein dalam satu cangkir teh.
  • 25-50 mg kafein dalam 50 g cokelat.

Jadi jangan sampai berlebihan ya, Mom. Sebaiknya juga kebiasaan ngopi Mom kurangi jangan sampai lebih dari dua cangkir ya, dalam sehari. Ada baiknya juga sebelum hamil Mom sudah mengurangi kebiasaan ngopi tersebut.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply