Anak Melek Teknologi Itu Bagus Mom, Tapi Awas Dampak Buruk Pun Mengintai!

0 43

Gadget ibarat pisau tajam. Jika Mom menggunakannya dengan benar dan tepat, dia bisa bermanfaat, namun jika salah penggunaan maka bisa jadi malapetaka buat kita semua. Terutama jika gadget jatuh pada tangan anak-anak Mom. Kemajuan teknologi saat saat ini memang bisa berdampak baik, sisanya bisa berdampak buruk.

“Raising Children in Digital Era” merupakan topik yang paling penting untuk para Mom di era digital ini. Tema ini disampaikan oleh Elizabeth T Santosa, psikolog dan penulis buku. Pada sebuah acara talk show di SIS Bona Vista (Singapore Intercultural School) pada (31/08). Terlebih jika Mom merupakan salah satu millenials yang mengerti tentang segala bentuk perkembangan teknologi.

sis bona vista

Perkembangan Teknologi dapat membuat anak menjadi adiktif

Maraknya perilaku penggunaan gadget di kalangan anak-anak didukung oleh perubahan karakteristik pada anak lho Mom. Mereka cenderung memiliki ambisi besar untuk sukses, mencintai kepraktisan, berperilaku instan, cinta kebebasan, percaya diri, dan keinginan besar untuk mendapatkan pengakuan.

Untuk mengatasi anak-anak yang kecanduan gadget ini memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi jika sang anak sudah berada di tahap “adiktif” terhadap gadget. Butuh proses yang cukup panjang, pada tahap awal anak akan mulai mengamuk dan menangis, hal ini wajar dikarenakan anak merasa ada sesuatu yang hilang dari kebiasaan bermainnya.  

Awalnya mungkin akan terasa sulit, tapi orang tua harus tegas, pikirkan kembali dampak yang nantinya akan terjadi apabila anak tetap kecanduan gadget. Lebih baik tegas sekarang ya Mom daripada menyesal di kemudian hari.

Bagaimana Mom bisa mengatasi anak-anak agar tidak kecanduan gadget?

Kecanduan gadget sepertinya sudah menjadi masalah pada setiap Mom. Serba salah memang, jika Mom berusaha memisahkan anak-anak dengan gadget maka dampaknya mereka akan marah. Bahkan terkadang Mom merasa kewalahan terhadap tingkahnya. Namun, jika dibiarkan pun akan berdampak buruk dengan perkembangannya. Lalu harus bagaimana Mom?

“Gadget hanyalah sebuah media yang tidak bisa disalahkan begitu saja. Gadget bisa memberikan banyak keuntungan dan banyak kerugian bagi anak, tergantung bagaimana cara penggunaan dan kontrol dan dari orang tua.” Kata Elizabeth.

Sebagai orang tua yang bijak seharusnya kita bisa memanfaatkan gadget dengan maksimal dan menjadikan gadget sebagai sarana bonding dengan anak-anak. Untuk mencegah anak kita dari kecanduan gadget, maka Mom harus bersikap tegas dalam peraturan untuk anak agar tidak terus menerus bermain gadget.

Jangan ragu memberikan konsekuensi kepada anak jika melanggar peraturan

Tentu merasa berat bagi Mom untuk memberikan sebuah konsekuensi kepada anak. Namun jika Mom terlalu lemah dan memanjakan mereka maka anak akan kebal dengan segala macam teguran dan perintah Mom.

Mom bisa memberikan sebuah konsekuensi berupa tambahan beban pekerjaan rumah. Hal ini bukanlah siksaan, tapi sebuah pelajaran buat si anak. Namun di luar sana justru banyak orang tua yang merasa tidak tega untuk melakukannya. Apakah Mom salah satunya?

Mom harus pandai menempatkan diri di hadapan anak. Jangan menjadi orang tua yang berada di belakang anak dan menuruti segala kehendak anak. Harapannya adalah para orang tua bisa menjadi pengajar, sahabat, dan pengarah anak ketika salah. Jangan sampai kasih sayang mereka yang terlalu mendalam malah membuat anak tidak bisa menolong dirinya sendiri di dunia luar.

Mom berperan penting dalam proses perubahan perilaku anak. Untuk itu Mom diharapkan mampu menjadi contoh teladan yang baik karena children see, children do. Jangan sampai orang tua hanya menasihati dan menyuruh anak tetapi orang tua tetap memainkan gadget dengan durasi di atas batas wajar.

Untuk menyiasati pengurangan waktu menggunakan gadget, orang tua bisa menjadwalkan aktivitas bersama dengan anak. Lewat acara ini, Elizabet mengajak para Mom untuk menjadi ibu yang baper (bawa perubahan).

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply