Buah Hati Denada Terkena Leukima, Kenali Gejala Leukimia Lebih Dini Mom!

0 116

Saat anak mengidap penyakit serius seperti leukimia tentu beragam perasaan berkecamuk dalam hati. Seperti halnya yang dialami penyanyi Denada. Dirinya menuturkan bahwa buah hatinya, Shakira sedang mendapat pengobatan di Singapura karena penyakit leukimia.

Leukimia merupakan salah satu penyakit kanker yang mematikan. Terlebih yang mengidap penyakit tersebut adalah anak-anak di bawah umur. Shakira yang baru berusia 5 tahun pun harus rela mendapatkan suntikan sampai operasi pemasangan selang ke pembuluh darah utama.

Leukimia merupakan salah satu jenis kanker darah yang mempengaruhi produksi dan fungsi sel darah putih dalam melawan infeksi dan dapat menyerang siapa saja termasuk anak-anak.Untuk itu, Mom harus tahu bagaimana gejala leukimia.

Gejala leukimia sulit untuk dikenali Mom, karena tidak memiliki ciri-ciri yang khas. Tapi leukimia memiliki banyak gejala yang dapat membantu Mom untuk mendeteksi penyakit ini.

Gejala leukimia yang harus Mom tahu!

1. Darah sulit membeku

Penderita leukimia sering kali mengalami pendarahan. Pasalnya, leukimia terjadi akibat sel darah putih yang belum matang mengacaukan trombosit darah yang berfungsi untuk proses pembekuan darah. Pada umumnya jika Mom terluka, maka darah yang keluar akan menggumpal dan aliran darah tersebut akan berhenti. Namun hal tersebut tidak terjadi pada penderita leukimia. Sementara, darah yang dikeluarkan oleh penderita leukimia berwarna merah muda.

2. Badan akan nampak lebam

Trombosit merupakan fragmen sel atau sel yang membuat darah membeku. Namun untuk gejala leukimia justru sering terjadi pendarahan dan memar di bagian tubuh akibat kurang trombosit. Rendahnya jumlah trombosit dalam tubuh mengakibatkan keterlambatan pembukaan darah Mom. Jadi, munculah bintik-bintik merah hingga keunguan yang sering disebut petechiae akibat pendarahan minor dalam kulit.

3. Rentan terkena infeksi

Leukimia terjadi akibat sel darah putih yang abnormal, akibatnya banyak kuman yang menyerang tubuh Mom. Pasalnya kuman tidak bisa dilawan oleh sel darah putih. Hal inilah yang menyebabkan tubuh menjadi rentan terkena infeksi dan sering mengalami demam.

Demam pada leukimia sering terjadi dan berlangsung selama beberapa hari dengan kenaikan suhu yang mencapai lebih dari 38 derajat  celsius.

4. Nyeri sendi dan tulang

Penderita leukimia biasanya sering merasakan nyeri pada persendiannya atau di bagian tulang belakang. Bahkan rasa nyeri yang luar biasa ini bisa membuat penderita mengalami demam tinggi. Selain nyeri di bagian sendi dan tulang belakang, penderita leukimia juga sering merasakan nyeri di bagian perut akibat organ hati atau limpa mengalami pembengkakan.

5. Anemia

Anemia merupakan salah satu gejala leukimia. Pasalnya anemia terjadi karena seseorang kekurangan sel darah merah. Oleh sebab itu, penderita leukimia umumnya mengalami anemia yang menyebabkan seseorang mengalami sesak napas, warna kulit pucat, lemah, letih, dan lesu.  

***

Jadi, ada baiknya Mom mengenali beberapa jenis gejala leukimia. Agar nantinya bisa sigap dalam melakukan penanganan. Jangan sampai telat dalam memberikan pertolongan karena bisa berakibat fatal jika sudah memasuki stadium lanjut. Kemungkinan leukimia bisa disembuhkan apabila gejala awal terdeteksi dan segera mendapatkan pertolongan yang tepat. 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: