Ajarkan Ini Kepada Anak-Anak Agar Terhindar dari Penculikan Anak

0 24

Mendengar berita tentang penculikan anak, memang membuat resah para orang tua ya Mom. Terutama bagi orang tua yang mempunyai anak-anak yang sudah bersekolah di Sekolah Dasar. Pada umumnya, anak-anak tersebut mudah sekali menjadi sasaran kejahatan. Untuk itu, tidak ada salahnya Mom memberinya bekal untuk mencegah tindak kejahatan, seperti sebagai berikut ini.

Penculikan Anak

Ajari anak untuk berani menolak

Banyak sekali modus kejahatan terutama modus penculikan anak. Salah satunya ketika anak diberikan iming-iming sesuatu yang dia suka. Dalam kasus ini maka Mom harus mengajari anak untuk berani menolak pemberian orang lain yang tidak dikenal.

Selain menolak pemberian seseorang yang tidak dikenal, Mom juga bisa mengajarkan mereka untuk menolak ketika ada orang asing yang mencoba untuk menyentuh bagian-bagian tubuhnya yang vital. Pasalnya hal tersebut pun bisa dikategorikan sebagai tindak asusila terhadap anak di bawah umur.

Ajarkan mereka untuk membedakan mana orang asing dan mana orang yang sudah dikenal baik

Orang yang memiliki niat jahat belum tentu mempunyai penampilan yang buruk. Mom harus bisa menjelaskan kepada si kecil untuk mengenali mana orang asing dan mana orang yang sudah dikenal sebelumnya. Mom juga bisa mengatakan kepadanya bahwa orang jahat belum tentu berpenampilan yang menakutkan. Dengan hal ini, maka anak akan terlatih dan membantunya memiliki insting saat berhadapan dengan bahaya.

Beritahu siapa orang yang bisa dimintai pertolongan

Ajarkan anak-anak bagaimana caranya meminta pertolongan dan kepada siapa mereka harus meminta tolong jika sedang dalam bahaya. Seperti halnya meminta pertolongan kepada satpam, polisi, seorang perempuan, atau orang-orang yang membawa anak. Jika mereka sudah Mom bekali dengan telepon genggam maka Mom ajarkan mereka ke mana mereka harus menghubungi saat terjadi bahaya.

Ajarkan dan biasakan anak untuk bercerita

Bangun sebuah komunikasi dengan si kecil Mom. Biasakan menanyakan tentang kondisi di sekolahnya, hingga dengan siapa dia berinteraksi. Biasakan untuk terbuka dalam hal komunikasi agar anak mau bercerita dan tidak menyimpan rahasia. Mom juga harus menjelaskan kepadanya mengenai hal apa saja yang harus dia ceritakan kepada Mom.

Jalin kedekatan dengan guru dan orang tua murid yang lain

Komunikasi dan menjalin hubungan baik kepada guru dan wali murid lainnya itu penting Mom. Tujuannya, jika Mom atau pengasuh anak Mom tidak bisa datang menjemput, guru pun ikut memantau. Ajarkan kepada anak untuk melaporkan hal tersebut kepada guru mereka. Mom juga bisa memberikan informasi kepada guru mereka kalau Mom tidak bisa menjemput.

Membuat kata kunci yang hanya dipahami oleh anak dan anggota keluarga saja

Salah satu modus lama kasus penculikan anak adalah pencuri berpura-pura menjadi utusan orang rumah untuk menjemput anak di sekolah. Jika hal tersebut terjadi, anak bisa melontarkan beberapa pertanyaan yang jawabannya hanya kalian saja yang mengetahuinya. Kalau jawaban yang dilontarkan tidak sama maka anak berhak untuk menolak ajakannya.

Teriak minta tolong adalah salah satu hal yang harus dilakukan dalam kondisi terpepet

Penculikan bisa saja terjadi dalam kondisi sekitar sedang ramai, seperti di pusat perbelanjaan. Jika percobaan penculikan terjadi di tempat keramaian, anak harus berteriak atau menangis memanggil ibunya.

Sepakati juga kepada anak bahwa jika berada di keramaian maka anak tak boleh jauh-jauh dari Mom. Selalu melihat di mana Mom berada, dan berteriak jika ada orang asing yang mengganggunya. Hal ini bertujuan untuk mencari perhatian orang sekitar agar membantunya dan agar Mom sadar anak tengah menghadapi bahaya.

***

Beberapa hal tersebut setidaknya bisa mencegah kejadian-kejadian yang tidak diinginkan perihal penculikan anak. Selalu tetap waspada ya Mom!

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply