Agar Mom Lebih Percaya Diri Saat Melahirkan, Lakukan Ini!

0 23

Bukan hal yang mengherankan jika pada ibu hamil biasanya jelang detik-detik persalinan akan mengalami kecemasan yang luar biasa. Apalagi kalau Mom yang akan melakukan persalinan ini baru pertama kali hamil, rasa tidak percaya diri saat melahirkan tentu akan muncul. Terlebih Mom melahirkan bayi pertama, tentu merupakan pengalaman yang sangat luar biasa. Bahkan ada  juga yang dipenuhi berbagai pemikiran, nanti bagaimana bayiku ya, apakah sehat, apakah normal, dan lain sebagainya.

Berbagai kecemasan tadi sangat wajar. Namun Mom juga harus segera menyadari kalau  rasa cemas yang berlebihan bisa menghambat proses persalinan . Agar Mom menjalai persalinan dengan lancar, maka Mom harus berusaha untuk tenang dan relaks.

percaya diri saat melahirkan

Persiapan Aktivitas Fisik

Saat menghadapi masa-masa persalinan, saat ini sudah banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Ibu hamil bisa melakukan aktivitas fisik secara sendiri, ditemani suami, keluarga, atau bahkan bersama-sama dengan sesama ibu hamil lainnya. Mom bisa melakukan berbagai aktivitas jelang persalinan sebagai berikut :

Ikut Kelas Ibu Hamil

Bagi Mom yang jauh dari sanak saudara, sangat wajar jika mengalami rasa cemas yang hebat. Nanti akan bagaimana ya melahirkannya, siapa yang akan menemani saat persalinan, siapa yang akan membantu Mom merawat bayi merah yang baru lahir? Belum lagi bila Mom sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang bagaimana proses persalinan. Sudah saatnya Mom bergabung dengan kelas hamil untuk mempelajari tanda-tanda persalinan, cara mengontrol pernafasan saat persalinan, bagaimana mengurangi nyeri saat persalinan dan berbagai urutan persalinan.

Jalan-jalan

Alangkah senangnya jika Mom bisa ditemani oleh suami atau orang tercinta lainnya jalan-jalan di saat jelang kelahiran. Dengan sering berjalan-jalan dan bercakap-cakap secara intensif dengan orang terkasih, diharapkan akan tercipta kondisi yang relaks dan tenang. Melakukan aktivitas yang satu ini dapat mengalihkan perhatian dari kecemasan jelang persalinan.

Melatih Teknik Pernafasan

Melakukan latihan teknik pernafasan dapat membantu Mom lebih fokus dan relaks. Bisa dibayangkan ya Mom betapa lelahnya nanti selepas persalinan, harus mengeluarkan tenaga untuk mengejan saat akan melahirkan. Agar kuat dan tidak mengalami sesak nafas, latihan teknik pernafasan ini sangat bagus untuk dilakukan oleh ibu hamil agar bisa tetap fit.

Menjauhkan Diri dari Hal-hal Negatif

percaya diri saat melahirkan

Selain kegiatan fisik yang mendukung persiapan persalinan, Mom sebaiknya juga membatasi diri dari berbagai hal negatif yang sekiranya menurunkan semangat atau justru malah menambah kecemasan. Berikut ini hal-hal yang patut Mom hindari :

Mendengarkan Pengalaman Buruk

Saat menghadapi hari-hari yang menegangkan ketika persalinan, Mom butuh dikuatkan dalam hal fisik maupun psikis. Mendengarkan pengalaman buruk menjelang proses persalinan bisa menurunkan kondisi psikis. Ketika Mom mendengarkan pengalaman buruk dari ibu hamil lain yang sudah pernah melahirkan, bisa jadi akan timbul berbagai kekhawatiran dalam benak Mom. Apalagi nih ya bagi Mom yang baru pertama kali hamil, mendengarkan pengalaman buruk ini bisa kian mempertinggi ketegangan jelang persalinan.  

Gampang Berprasangka Buruk

Keletihan yang sering dihadapi saat masa kehamilan terkadang membuat ibu hamil menjadi lebih sensitif. Sedikit saja melihat kejanggalan dari orang lain langsung berprasangka buruk. Kondisi seperti ini akan mengakibatkan ketidakseimbangan psikis jelang persalinan. Ibu hamil disarankan untuk mengendurkan syaraf saat melihat berbagai situasi tidak mengenakkan yang timbul di sekeliling. Tidak ada yang sempurna di dunia kan Mom?

Mudah Putus Asa

Beraneka ragam saran seputar tahapan persalinan akan Mom dapatkan dari orang-orang di sekeliling. Bisa saja ada informasi buruk yang terpaksa Mom dengar tanpa dapat terelakkan. Jangan putus asa Mom, tidak semua orang akan mengalami hal buruk seperti itu. Yakin saja dengan dorongan semangat dari orang-orang terkasih dan doa dari banyak orang, proses persalinan yang Mom alami akan berjalan baik-baik saja.

Dalam menghadapi saat-saat ibu hamil melahirkan yang penuh perjuangan, Mom juga sebaiknya makin mendekatkan diri dengan keluarga apabila masih banyak yang tinggal di sekitar Mom. Kedekatan dengan keluarga, terlebih dengan suami, akan makin membuat Mom percaya diri saat menghadapi detik-detik sang buah hati hadir ke dunia. Pelukan hangat, tatapan penuh kasih dan kata-kata menghibur dari orang-orang tercinta akan menambah rasa percaya diri berkali-kali lipat.

Selamat berbahagia saat melahirkan ya Mom…

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: