7 Manfaat Kacang Hijau yang Harus Mom Ketahui

0 16

Kacang hijau merupakan salah satu makanan yang kaya akan nutrisi. Tentu Mom sudah tahu tentang hal ini kan? Kacang hijau pun punya banyak penggemar, dari anak-anak hingga orang tua. Kacang hijau juga baik untuk kesehatan ibu hamil lho Mom. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja manfaat dari kacang hijau, Mom bisa simak penjelasan di bawah ini

manfaat kacang hijau

 

1. Kacang Hijau dapat mencegah kanker

 

Belum banyak yang tahu, bahwa kacang hijau memiliki khasiat untuk mencegah kanker. Dalam kacang hijau ternyata mengandung sebuah senyawa yang mampu memerangi infeksi virus kanker. Terlebih untuk para wanita nih Mom, kacang hijau bagus banget lho dikonsumsi sebab kandungannya dipercaya dapat mencegah terkena kanker payudara. Kandungan klorofil pada kacang hijau mampu memusnahkan efek karsiogenik yang menjadi pemicu kanker.

2. Mengobati Anemia

Mom mengidap penyakit anemia atau kekurangan darah? Ada baiknya Mom mengonsumsi kacang hijau. Kacang-kacangan ini memiliki zat besi yang cukup tinggi sehingga mampu mengobati anemia atau kekurangan darah. Jadi kacang hijau bisa menjadi obat herbal untuk mengatasi anemia.

3. Menurunkan Berat Badan

Jika Mom memiliki masalah pada berat badan, Mom bisa mengonsumsi kacang hijau. Pasalnya kacang hijau memiliki serat yang tinggi dan juga rendah lemak. Mom bisa mengonsumsinya untuk dijadikan camilan sehat saat diet. Kandungan seratnya pun bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan sedikit kalori. Selain itu, pencernaan kita juga bisa lancar kan Mom.

4. Mampu Menurunkan Kolesterol

Kacang hijau sangat baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki kolesterol tinggi, karena kacang hijau mampu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan kalori dalam kacang hijau  juga sangat rendah dengan lemak tak jenuh. Maka akan sangat disarankan Mom untuk mengonsumsi kacang hijau jika mengidap kolesterol tinggi. Kacang hijau juga aman kok untuk dikosumsi setiap hari.

5. Mengatasi Diabetes

Indeks glikemik pada kacang hijau sangatlah rendah sehingga sangat baik jika dikonsumsi bagi penderita diabetes. Dengan kadar indeks glikemik yang rendah, maka mampu membuat kadar gula dalam darah ikut turun. Kacang-kacangan mampu mengatur gejala diabetes pada pasien atau penderita.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ tubuh yang sangat vital, maka harus dijaga dengan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yang bergizi. Kandungan serat pada kacang hijau mampu menyerap lemak dan mencegah plak di pembuluh darah. Plak inilah yang mampu memicu penyakit jantung dan stroke. Kacang hijau mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan polifenol yang bersifat anti inflamasi yang mencegah pembekuan darah di arteri dan vena.

7. Baik untuk Ibu Hamil

Wanita hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kacang hijau. Sebuah penelitian menemukan bahwa kacang hijau sangat baik untuk pertumbuhan sel, sehingga untuk janin yang dikandung bahkan bisa membuat rambut si bayi menjadi lebat. Selain itu, kacang hijau juga mengandung vitamin B1, B2, asam folat, kalsium, fosfor, lemak tak jenuh dan protein yang semua dibutuhkan untuk ibu hamil.

Enggak nyangka ya Mom, si kecil berwana hijau (kacang hijau) memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply